TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Perkedel Daging Giling, Lauk Enak yang Bikin Boros Nasi

Lauk sederhana yang sudah pasti lezat

ilustrasi perkedel daging (YouTube.com/Willgoz Kitchen)

Perkedel menjadi makanan khas Indonesia ini selalu jadi primadona di lidah banyak orang. Rasanya yang gurih dan renyah, ditambah tekstur lembut, bikin perkedel selalu menggoda selera.

Buat kamu yang lagi cari pelengkap lauk praktis dan lezat, perkedel daging giling adalah jawabannya. Gak perlu ribet masak lama-lama, perkedel ini bisa kamu buat dalam waktu singkat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Yuk, langsung praktikkan resep perkedel daging giling yang lembut di dalam dan renyah di luar ini. Jadikan lauk makan sehari-harimu dan keluarga, ya!

Baca Juga: Resep Perkedel Salmon untuk Menu Sehari-hari  

Bahan Perkedel Daging Giling

ilustrasi kentang (freepik.com/wirestock)

Bahan-bahan:

  1. 500 gram kentang
  2. 100 gram daging sapi giling
  3. 5 siung bawang putih, haluskan
  4. 5 siung bawang merah, haluskan
  5. 1 sdt pala bubuk
  6. 2 sdt merica
  7. 1 sdt kaldu jamur
  8. 1 sdt garam
  9. 2 batang seledri cincang
  10. 2 batang daun bawang cincang
  11. 2 butir telur ayam

Cara Membuat

ilustrasi menghaluskan kentang (YouTube.com/Willgoz Kitchen)
  1. Cuci bersih kentang, kupas, dan potong dadu. Masukkan ke dalam panci berisi air dan rebus hingga matang dan lunak. Pastikan air cukup menutupi seluruh kentang.
  2. Setelah matang, angkat kentang rebus dan tiriskan. Selagi panas, hancurkan kentan menggunakan ulekan atau alat penghalus kentang. Pastikan teksturnya halus dan tidak bergerindil.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah halus hingga harum dan berwarna cokelat keemasan.
  4. Masukkan daging sapi giling ke dalam tumisan bumbu dan aduk rata. Masak daging sapi giling hingga berubah warna dan matang.
  5. Tambahkan pala bubuk, merica, kaldu jamur, dan garam ke dalam tumisan daging sapi. Aduk rata dan masak kembali selama beberapa menit hingga bumbu meresap sempurna ke dalam daging sapi.
  6. Setelah daging sapi matang dan bumbu meresap, angkat tumisan daging sapi dan sisihkan. Biarkan dingin sejenak sebelum dicampurkan dengan kentang yang telah dihaluskan.
  7. Tuangkan daging sapi yang telah dimasak dan didinginkan ke dalam wadah berisi kentang yang telah dihaluskan. Aduk rata dengan spatula atau tangan hingga tercampur sempurna. Pastikan adonan perkedel merata dan tidak ada gumpalan.
  8. Masukkan seledri dan daun bawang cincang ke dalam adonan perkedel. Aduk kembali hingga tercampur rata.
  9. Ambil adonan perkedel secukupnya dan bentuk menjadi bulat pipih atau sesuai selera. Pastikan bentuk perkedel rapi agar tidak mudah hancur saat digoreng.
  10. Celupkan perkedel yang telah dibentuk ke dalam kocokan telur ayam. Pastikan seluruh permukaan perkedel terlapisi telur.
  11. Panaskan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan dengan menggunakan api sedang. Goreng perkedel hingga berwarna kuning keemasan dan matang sempurna.
  12. Sajikan perkedel daging giling untuk lauk.

Baca Juga: 6 Cocolan Pendamping Perkedel, Rasanya Jadi Tambah Mantul!

Verified Writer

Aditya

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya