TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Dimsum Kuah Tomyam, Gurih dan Segarnya Bikin Ketagihan

Cocok untuk hangatkan badan

ilustrasi dimsum kuah tomyam (YouTube/Wais Alqorni)

Pernahkah kamu membayangkan kelezatan dimsum berpadu dengan sensasi pedas asam khas tomyam? Kalau belum, kamu wajib coba resep dimsum kuah tomyam yang satu ini. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan asamnya dijamin bikin kamu ketagihan dan gak mau berhenti makan.

Dimsum kuah tomyam ini bukan hanya lezat, tapi juga mudah dibuat lho. Kamu gak perlu keahlian memasak yang rumit untuk menyajikan hidangan istimewa ini di rumah.

Yuk, simak resep lengkapnya di bawah ini dan siap-siap dimanjakan lidahmu dengan kelezatan dimsum kuah tomyam yang bikin nagih!

Bahan Dimsum Kuah Tomyam

ilustrasi dada ayam (pixabay.com/kakyusei)

Bahan-bahan:

  1. kulit dimsum
  2. 4 buah dada ayam
  3. 2 buah tahu putih
  4. 5 buah cabai rawit
  5. 3 buah cabai merah
  6. 1 butir putih telur
  7. 8 sdm tepung tapioka
  8. 3 siung bawang putih
  9. daun bawang secukupnya
  10. 1 sdt perasan jeruk nipis
  11. kecap asin secukupnya
  12. lada bubuk secukupnya
  13. garam secukupnya
  14. gula pasir secukupnya
  15. pasta tomyam

Cara Membuat Dimsum Kuah Tomyam

ilustrasi merebus dimsum (YouTube.com/Wais Alqorni)
  1. Siapkan semua bahan dimsum kecuali daun bawang dan kulit dimsum. Masukkan semua bahan ke dalam blender, termasuk daging ayam, udang, tahu putih, cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, telur, tepung tapioka, garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Blender hingga halus dan tercampur rata.
  2. Setelah adonan diblender halus, masukkan irisan daun bawang dan aduk rata. Pastikan daun bawang tercampur merata dengan adonan. Koreksi rasa adonan dengan menambahkan garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk sesuai selera.
  3. Siapkan kukusan dan panaskan airnya hingga mendidih. Pastikan kukusan sudah benar-benar panas agar dimsum matang sempurna.
  4. Siapkan kulit dimsum dan ambil secukupnya adonan. Letakkan adonan di atas kulit dimsum, kemudian bentuk dan lipat sesuai selera.
  5. Masukkan dimsum yang sudah dibentuk ke dalam kukusan yang telah panas. Lalu, kukus dimsum hingga matang sempurna. Pastikan dimsum matang merata dan tidak lengket pada kulitnya.
  6. Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng. Tumis pasta tomyam hingga mengeluarkan aroma harum.
  7. Tuangkan air kaldu rebusan tulang ayam ke dalam wajan berisi pasta tomyam. Tambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah rasa segar pada kuah.
  8. Bumbui kuah tomyam dengan garam, gula pasir, dan lada bubuk sesuai selera. Aduk-aduk rata dan masak kuah hingga mendidih dan matang.
  9. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng dimsum yang sudah dikukus hingga berwarna kuning keemasan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan.
  10. Siapkan piring saji. Letakkan dimsum goreng di atas piring. Siram dengan kuah tomyam yang masih panas.
  11. Dimsum kuah tomyam siap dinikmati selagi hangat.

Baca Juga: Resep Dimsum Ayam yang Bisa Dibikin di Rumah, Mudah Kok!

Verified Writer

Aditya

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya