TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Risoles, Camilan Enak Kesukaan Orang Indonesia

Renya di luar, tetapi lembut banget di dalam

ilustrasi risoles (pixabay.com/gian yasa)

Gorengan renyah dengan isian ragout atau sosis, telur, dan mayones ini bisa kita beli di pedagang kaki lima hingga kafe. Risoles awalnya berasal dari Prancis, karena dibawa oleh bangsa Belanda ke Indonesia.

Masyarakat membuat risoles sesuai lidah dan bahan yang ada di Indonesia. Dengan begitu, gorengan nikmat ini selalu jadi kesukaan semua orang.

Nah, risoles juga ada di berbagai negara dan disesuaikan dengan cita rasa masing-masing negara. Ingin tahu lebih lanjut tentang risoles? Simal artikel berikut ya.

1. Risoles berasal dari Prancis

ilustrasi risoles (freepik.com/Freepik)

Risoles mengacu pada makanan dari Prancis bernama rissole. Rissole ini dari bahasa latin, Russeoulus yang artinya kemerahan. Di Prancis, risoles terdiri dadi pastry yang diisi berbagai isian, lalu digoreng.

Selain itu, ada juga yang membuat risoles menjadi patty, lalu dibalut breadcrumb dan digoreng. Isian dari rissole bisa manis atau asin. Isian asin dapat berupa sayuran dan aneka daging atau seafood cincang, sedangkan isian manis adalah buah-buahan.

2. Tiap negara memiliki variasi risoles berbeda

ilustrasi risoles Australia (commons.wikimedia.org/Tanya Dropbear)

Di negara asalnya, Prancis, risoles dibuat dari pastry yang diisi daging cincang atau buah, lalu digoreng. Di Australia, bentuk risoles menyerupai patty, daging cincang, bawang bombai, wortel, dan berbagai bumbu dicampur. Kemudian, risoles dibentuk lingkaran, seperti patty, lalu ditaburi tepung dan digoreng.

Di Portugal, risoles terdiri dari adonan tepung diisi dengan daging atau udang cincang, lalu dibentuk setengah lingkaran, ditaburi tepung panir, dan digoreng. Lain lagi risoles di Wales, risoles terbuat dari kentang yang telah dihancurkan dicampur bersama kornet, bawang bombai, herbs, lalu dibentuk bola, ditaburi tepung panir, dan digoreng.

Baca Juga: Resep Risoles Ayam Sayur Ala Rumahan, Auto Bikin Kenyang

3. Risoles dibawa oleh orang Belanda ke Indonesia

ilustrasi risoles (freepik.com/Freepik)

Risoles mulai ada kurang lebih pada abad ke-13, bangsa Eropa menyukai makanan ini dan biasa dimakan untuk lauk. Saat masa penjajahan di Indonesia, Bangsa Belanda membawa makanan bernama roinsolles ke Indonesia.

Makanan tersebut ditiru oleh masyarakat Indonesia dengan menyesuaikan lidah orang Indonesia. Akhirnya, risoles menjadi salah satu kudapan yang banyak digemari.

4. Risoles, kudapan yang digemari oleh warga Indonesia

ilustrasi risoles (pixabay.com/gian yasa)

Sekarang ini, risoles sudah banyak tersebar di berbagai negara dengan modifikasi sesuai dengan lidah masyarakat setempat, tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia, risoles termasuk kudapan yang terkenal. Mulai dari pasar, pedagang kaki lima, hingga toko kue, risoles bisa ditemukan. Bahkan, risoles sering ditemukan sebagai suguhan di berbagai acara besar.

Risol di Indonesia terdiri dari kulit tipis dan lentur dengan isian, lalu dibaluri tepung panir dan digoreng garing. Terdapat dua jenis risoles yang terkenal di Indonesia, yaitu risoles ragout dan risoles mayones.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Kulit Risoles yang Mudah, Empuk dan Anti Robek

Verified Writer

Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya