TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Jenis Kuah Shabu-Shabu yang Populer, Yuk Kenali!

Ada yang gurih hingga pedas

ilustrasi makan shabu-shabu (flickr.com/City Foodsters)

Shabu-shabu merupakan hidangan berkuah khas Negeri Sakura yang disajikan dengan potongan daging sapi kualitas terbaik. Hidangan ini kian dikenal dan mulai digemari banyak kalangan dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Kenikmatannya jadi lebih ragam karena dikreasikan dengan bumbu lokal.

Dari sekian banyak macamnyaada lima jenis kuah shabu shabu yang populer. Kelima jenis kuah ini memiliki cita rasa yang khas. Ada yang rasanya sedikit asam, pedas, hingga gurih umami dan memanjakan lidah. Berikut daftarnya.

1. Kuah Tom Yum

ilustrasi Thai suki (thehalalfoodblog.com)

Pertama, jenis kuah shabu-shabu yang populer adalah kuah tom yum. Kuah tom yum pada shabu-shabu lebih sering disebut Thai suki.

Shabu-shabu dengan kuah tom yum memiliki cita rasa kombinasi antara pedas dan asam yang menyegarkan. Rasa asam pada Thai suki dihasilkan dari campuran jeruk dan sereh.

Adanya kaldu udang di dalamnya membuat menambah gurih dan sedap kuah tom yum ini. Biasanya, Thai suki tidak hanya disajikan dengan daging sapi saja, tetapi juga aneka seafood segar dan bakso ikan.

2. Kuah gochujang

ilustrasi kuah gochujang shabu-shabu (futuredish.com)

Meski identik digunakan pada masakan khas Korea, rupanya gochujang juga nikmat untuk dijadikan bumbu kuah shabu-shabu. Bahkan, kuah gochujang adalah salah satu jenis kuah shabu-shabu yang populer. Shabu-shabu bergaya Korea ini juga mulai digemari di tanah air. 

Semburat rasa asam hasil fermentasi gochujang juga makin menambah kenikmatan shabu-shabu. Kuah shabu-shabu dengan pasta gochujang memiliki rasa pedas yang khas. Pedasnya bisa bikin kamu jadi ketagihan.

3. Kuah dashi

ilustrasi kuah dashi shabu-shabu (japanlivingguide.com)

Kuah dashi adalah jenis kuah shabu-shabu yang populer di Jepang. Kuah ini jadi salah satu jenis kuah yang legendaris. Cita rasanya yang ringan dan gurih membuat dashi kerap dipadukan sebagai pelengkap makanan berkuah lainnya. 

Kuah dashi terbuat dari rumput laut kering sebagai bahan utamanya. Rumput laut kering ini kemudian dicampurkan dengan katsuobushi. Keduanya lalu direbus hingga mendidih dan disaring sebelum disajikan sebagai kuah shabu-shabu.

Baca Juga: 27 Menu Shabu Hachi 2023 Terlengkap dan Ketentuan Pesannya

4. Kuah Szechuan

ilustrasi kuah Szechuan (chinasichuanfood.com)

Sesuai namanya, kuah szechuan merupakan jenis kuah shabu-shabu yang populer dan berasal dari Provinsi SzechuanChina. Kuah shabu-shabu yang satu ini cenderung memiliki rasa pedas yang cukup tajam. Pasalnya, bumbu kuah terbuat dari cabai kering dari Szechuan.

Kuah szechuan biasanya disajikan dengan daging di atas hotpot. Gurihnya kaldu daging makin menambah kelezatannya. Selain itu, ada juga yang menyajikan kuah szechuan bersama dengan potongan jamur.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya