TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Samosa yang Renyah dan Lezat, Anti Gagal!

Samosa bisa jadi makanan ringan yang menggugah selera

ilustrasi samosa (pexels.com/Shameel mukkath)

Samosa merupakan makanan ringan khas India yang mungkin sudah cukup populer di berbagai negara. Pada dasarnya memang olahan ini merupakan sajian renyah yang menggunakan kulit samosa dan juga berbagai bahan isian, kemudian diolah dengan cara digoreng hingga benar-benar kering.

Tentu saja untuk membuat samosa bukanlah hal yang sulit karena kamu bisa membuatnya secara mudah di rumah, serta tentu saja anti gagal. Kamu bisa menyimak beberapa tips berikut ini jika tertarik untuk membuat samosa yang renyah, sehingga bisa menjadi camilan favorit bagi keluarga di rumah.

1. Menggunakan tepung yang berkualitas

ilustrasi tepung gandum (unsplash.com/Immo Wegmann)

Untuk membuat samosa tentu saja kamu harus mempersiapkan tepung sebagai salah satu bahan yang digunakan, khususnya dalam membuat adonan kulitnya. Tepung yang digunakan tentu saja harus diperhatikan terlebih dahulu kualitasnya, sehingga bisa menentukan hasil adonan yang nantinya akan diperoleh.

Jika kamu menggunakan tepung berkualitas dalam membuat adonan kulit samosa, maka nantinya bisa memberikan tekstur yang renyah dan kokoh. Namun, jika kamu justru menggunakan tepung dengan kualitas yang kurang baik tentu dikhawatirkan dapat memberikan tekstur yang lembek atau membuat adonan jadi terlalu keras.

2. Memilih bahan-bahan dengan berbagai isian

ilustrasi jamur (unsplash.com/Thanh Soledas)

Sebetulnya untuk pemilihan isian dari samosa bisa sangat berbagai dan kamu dapat menyesuaikan dengan selera sendiri. Namun, kamu disarankan untuk menggunakan bahan-bahan isian yang segar agar nantinya bisa memberikan cita rasa yang lezat pada saat menyajikan samosa.

Kamu bisa saja menggunakan bahan-bahan, seperti kentang, kacang polong, hingga rempah-rempah segar lainnya atau pun memadukan semua bahan-bahan tersebut. Kombinasi isian tersebut dapat memberikan cita rasa yang lezat pada samosa yang disajikan, sehingga akan sangat menggugah selera.

Baca Juga: Resep Samosa Isi Bihun, Camilan Gurih yang Bikin Kenyang Seharian

3. Menggulung adonan dengan tipis

ilustrasi adonan (unsplash.com/Monserrat Soldú)

Pada saat proses pembuatan adonan tentu tidak bisa sembarangan karena kamu harus mencampurkan semua bahan-bahannya dengan baik. Jika memang adonan tepung sudah cukup ideal, maka kamu bisa mulai untuk menggulungnya secara tipis dan lebih merata, sehingga kulit samosanya tidak akan terlalu tebal.

Kamu disarankan untuk menggulung kulit samosa secara tipis agar nantinya lebih renyah saat digoreng. Oleh sebab itu, coba perhatikan dengan seksama proses menggulung yang kamu lakukan pada adonan tersebut, sehingga nantinya tidak akan sampai terlalu tebal dan justru membuat tekstur samosa menjadi lebih keras.

4. Jangan terlalu banyak memasukan isian

ilustrasi membuat adonan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Samosa memang dibuat dengan cara memasukan isian ke dalam kulit adonan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun, banyak orang yang sering kali keliru dalam memasukan isian tersebut, sehingga terlalu banyak dan justru membuat adonannya jadi berantakan pada saat akan dilipat.

Kamu disarankan untuk memasukan sedikit isian saja pada kulit adonan tersebut, sehingga nantinya tidak sampai mudah bocor atau pun robek saat digoreng. Sesuaikan isian dari samosa tersebut dengan kulit adonan yang memang sudah dibuat agar lebih aman dan tidak berantakan saat digoreng nanti.

Verified Writer

TM

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya