TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Pizza yang Lezat dan Lembut, Bikin Ngiler!

Pizza homemade pun tidak kalah dengan yang di restoran

ilustrasi pizza (unsplash.com/Alan Hardman)

Sajian pizza mungkin sudah tidak asing lagi untukmu karena sering dikonsumsi oleh banyak orang dengan menggunakan berbagai macam pilihan topping. Mungkin kebanyakan orang menyajikan pizza yang dibeli langsung dari restoran-restoran cepat saji, meski sebetulnya kamu sendiri juga bisa menikmati pizza buatan rumahan yang tidak kalah lezat.

Proses pembuatan pizza rumahan sebetulnya tidak sulit seperti yang dibayangkan karena kamu bisa menyesuaikan hal tersebut dengan preferensi dan juga selera masing-masing. Oleh sebab itu, ada beberapa tips penting berikut ini yang mungkin perlu kamu perhatikan dalam membuat pizza di rumah agar nantinya tetap lezat dan menggugah selera.

1. Menggunakan bahan-bahan berkualitas

ilustrasi tepung (unsplash.com/Elle Hughes)

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan juga segar agar nantinya bisa memberikan cita rasa yang lezat. Ada pizza tentu saja kualitas bahan ini akan sangat memengaruhi cita rasa dan juga hasil dari pizza tersebut, sehingga kamu jangan sampai salah dalam mempersiapkannya.

Usahakan untuk menggunakan tepung berprotein tinggi dalam membuat adonan, serta saus tomat yang segar dan juga keju mozarella yang kualitasnya bagus. Selain itu, untuk pemilihan topik juga dapat kamu sesuaikan dengan preferensi masing-masing, namun sudah pasti harus memilih yang berkualitas agar bisa meningkatkan cita rasa dan tekstur yang lebih maksimal.

2. Membuatkan adonan yang sesuai

ilustrasi adonan (pexels.com/Katerina Holmes)

Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat adonan yang tepat, sehingga nantinya tidak sampai bantat atau pun keras pada saat menyajikan pizza. Untuk membuat adonan dasar pada pizza sebetulnya tidak sulit karena kamu hanya tinggal mengikuti resep adonan yang sudah disediakan dan pastikan untuk menguleninya hingga elastis dan juga halus.

Kamu dapat membiarkan adonan mengembang selama beberapa saat di tempat yang hangat, sehingga nantinya akan mengembangkan cita rasa dan juga tekstur yang dimiliki. Jika memungkinkan kamu disarankan untuk membuat adonan tersebut sehari sebelumnya dan menyimpan yang di dalam kulkas semalaman penuh, sehingga memeroleh tekstur yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Panduan Membuat Saus Pizza dari Tomat Segar

3. Pilihlah saus yang tepat

ilustrasi saus tomat (unsplash.com/sentidos humanos)

Membuat pizza tentunya tidak lengkap apabila kamu tidak menggunakan saus yang tepat karena hal ini akan memberikan cita rasa tersendiri. Biasanya saos tomat yang menjadi bahan utama dalam proses pembuatan pizza, sehingga kamu harus mempersiapkannya pada saat membuat hidangan tersebut.

Kamu bisa menggunakan saus tomat instan atau pun bisa membuat saus tomat sendiri di rumah apabila ingin cita rasa yang lebih auntentik. Biasanya untuk pembuatan saus tomat segar akan menggunakan tomat yang kualitasnya bagus, bawang putih, oregano, dan juga sedikit gula untuk menyeimbangkan cita rasanya.

4. Memanaskan oven dengan suhu tinggi

ilustrasi pizza (unsplash.com/Nik Owens)

Jika memang kamu sudah mempersiapkan adonan dan juga saus nantinya akan digunakan dalam proses pembuatan pizza, maka langkah selanjutnya adalah dengan memanaskan oven terlebih dahulu. Kamu disarankan untuk memasak kita dengan menggunakan suhu tinggi agar bisa memeroleh tekstur yang renyah dan juga topping yang matang dengan sempurna.

Kamu disarankan untuk memanaskan oven dengan suhu sekitar 250 derajat Selsius atau pun lebih tinggi. Jika memang oven yang memungkinkan ternyata memanaskan oven dengan suhu tinggi dapat membantu untuk mendistribusikan panas secara merata, sehingga dapat memberikan tekstur yang lebih renyah pada pizza buatanmu, serta membuat sajiannya jadi matang merata.

Verified Writer

TM

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya