TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Mango Sticky Rice di Rumah, Tak Kalah Lezat!

Mango sticky rice ternyata ada yang versi rumahan

ilustrasi mango sticky rice (unsplash.com/Markus Winkler)

Mango sticky rice merupakan salah satu dessert favorit yang berasal dari Negeri Gajah Putih  atau Thailand. Hidangan yang satu ini sebetulnya sudah sangat populer karena banyak dicari oleh para wisatawan asing, sebab memiliki cita rasa yang manis dan mampu memberikan unsur tropis yang sangat menarik.

Sebetulnya membuat mango sticky rice di rumah tidaklah sulit, bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Terpenting jika memang kamu ingin membuat mango sticky rice di rumah, maka coba perhatikan beberapa tips berikut ini dalam membuatnya agar hasil yang didapatkan tidak sampai mengecewakan.

1. Menggunakan beras ketan berkualitas

ilustrasi beras ketan (unsplash.com/Matthew Lakeland)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih terlebih dahulu bahan utama dalam proses pembuatan mango sticky rice, yaitu beras ketan. Sebetulnya selain beras ketan ternyata kamu juga bisa menggunakan jenis beras lainnya, seperti beras klepon untuk hasil yang lebih mirip.

Tentu saja kamu harus memastikan bahwa beras ketan yang dipilih dalam kondisi yang berkualitas dan dapat terlihat melalui ciri fisik serta tampilan bulir yang dimilikinya. Selain itu, kamu harus membersihkan beras ketan dengan cara merendamnya selama beberapa jam agar hasilnya lezat dan tidak sampai kotor pada saat disajikan.

2. Proses pemasakan berasnya harus tepat

ilustrasi beras ketan (unsplash.com/Markus Winkler)

Untuk proses pemasakan dari beras ketan tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi tekstur dari beras ketan ini biasanya cukup lengket jika memang sebelumnya kamu sudah merendam beras ketan tersebut, maka pastikan untuk meniriskan beras sebelum mengukusnya sampai matang.

Biasanya proses pemasakan dari beras ketan ini harus diperhatikan dengan baik agar tekstur dari beras ketan tersebut lembut dan tidak sampai terlalu lembek. Oleh sebab itu, pastikan takaran airnya sesuai dengan porsi dari beras yang digunakan agar teksturnya tepat.

Baca Juga: Resep Mango Panna Cotta, Dessert Italia yang Istimewa!

3. Persiapkan santan untuk sausnya

ilustrasi santan (unsplash.com/Vera Cho)

Biasanya mango sticky rice akan menggunakan santan sebagai saus pelengkap pada saat penyajian. Tentunya saus manis yang terbuat dari santan ini memang harus dipersiapkan dengan lengkap, termasuk dengan mencampurkannya bersama dengan gula, garam, dan juga sedikit tambahan ekstrak vanila.

Sebelum mencampurkan bahan-bahan tersebut tentu saja kamu harus memilih santan yang kualitasnya bagus, bahkan jika memungkinkan kamu dapat membuat santannya sendiri di rumah. Namun, kamu juga bisa menggunakan santan instan, meski biasanya secara cita rasa mungkin tidak akan selezat seperti santan yang dibuat sendiri di rumah.

4. Memilih mangga dan memotongnya dengan tepat

ilustrasi mangga (unsplash.com/Desirae Hayes-Vitor)

Penggunaan mangga sebagai bahan utama dalam penyajian mango sticky rice juga harus benar-benar diperhatikan dengan seksama. Biasanya pemilihan mangga ini haruslah yang kualitasnya bagus dan tingkat kematangannya pas, sehingga mangganya akan manis pada saat disajikan nanti.

Untuk mencari tahu mangga yang kualitasnya bagus dapat terlihat dari warnanya yang sudah cukup merata dan teksturnya yang lebih empuk. Selain itu, proses pemotongan dari mangga juga semestinya rapi agar lebih mudah pada saat disajikan, sehingga tidak terkesan berantakan.

Verified Writer

TM

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya