TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Kue Black Forest yang Lembut, Anti Gagal!

Kue black forest cocok disajikan untuk berbagai acara

ilustrasi kue black forest (unsplash.com/Alina Karpenko)

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kue black forest yang merupakan salah satu jenis kue klasik dan digemari oleh banyak orang. Kue black forest biasanya sangat identik dengan cita rasa coklat yang lezat dan dipadukan dengan krim yang lembut dan juga buah ceri sebagai topping utamanya.

Banyak orang yang menjadikannya sebagai pilihan untuk sajian kue pada saat momen ulang tahun, namun sebetulnya kamu tidak perlu membelinya di luar. Jika kamu tertarik untuk membuat kue black forest sendiri di rumah, maka perhatikan beberapa tips berikut ini dalam membuatnya agar tidak sampai gagal.

1. Selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas

ilustrasi tepung gandum (unsplash.com/Immo Wegmann)

Langkah awal yang mungkin perlu kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang nantinya akan digunakan untuk proses pembuatan kue black forest. Kamu harus memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan memiliki kualitas yang baik agar nantinya tetap aman pada saat dikonsumsi, khususnya coklat juga krim.

Jika kamu menggunakan coklat yang kualitasnya bagus, maka akan memberikan cita rasa yang lebih kaya dan juga tekstur yang akan lebih lembut. Selain itu, krim yang digunakan juga harus segar agar tetap memberikan kelembutan tersendiri pada tekstur black forest yang disajikan. Oleh sebab itu, jangan sampai justru memilih bahan-bahan yang kualitasnya kurang bagus, sehingga kue black forestnya jadi rentan sekali gagal.

2. Ayak semua bahan keringnya

ilustrasi tepung terigu (unsplash.com/@sonianadales)

Pada saat membuat kue black forest sebetulnya ada bahan-bahan kering yang memang perlu kamu perhatikan proses pengolahannya agar tidak sampai salah. Kamu disarankan untuk mengayak terlebih dahulu bahan-bahan kering tersebut agar nantinya tidak sampai menimbulkan tekstur yang keras pada kue black forest buatanmu.

Kamu dapat mengayak bahan-bahan kering, seperti tepung, bubuk kakao, atau pun baking powder sebelum mencampurkan semuanya menjadi satu. Setidaknya jika kamu mengayak bahan kering tersebut maka dapat menghindari risiko gumpalan, sehingga adonan pun akan terasa lebih halus dan ringan.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Black Forest di Rumah, Dessert Favorit Berbalut Cokelat

3. Mengocok telur dengan tepat

ilustrasi adonan telur (unsplash.com/Sincerely Media)

Membuat kue black forest membutuhkan telur sebagai salah satu bahan utamanya, sehingga kamu tidak boleh sampai salah dalam proses pembuatannya. Untuk proses pembuatan adonan telur sebaiknya dapat dilakukan dengan cara mengocoknya bersama dengan gula hingga mengembang, serta memiliki warna yang cenderung pucat.

Ternyata proses pengocokan yang tepat dari adonan telur dan gula dapat memasukkan udara ke dalam adonan tersebut, sehingga dapat memberikan tekstur kue yang lebih lembut. Jangan sampai kamu justru sembarangan dalam proses pengocokan keluar, sehingga membuat adonannya jadi cenderung bantet dan keras.

4. Menggunakan sirup untuk melembabkan adonan

ilustrasi sirup (unsplash.com/@pivievic)

Pada saat membuat kue black forest tentu kamu membutuhkan sirup yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan adonan tersebut. Penggunaan sir menjadi bagian yang cukup penting untuk membantu melembapkan adonan agar nantinya tetap memberikan cita rasa yang lezat dan tekstur yang lembut pada saat kamu menyajikannya.

Kamu disarankan untuk menggunakan sirup ceri atau pun sirup gula pada bagian lapisan kue apabila memang sudah benar-benar matang. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan kue tersebut serta memberikan cita rasa tambahan yang manis dan lezat pada saat menyajikan kue black forest tersebut.

Verified Writer

TM

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya