TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Creme Brulee, Bisa Jadi Dessert Favorit!

Kamu bisa membuat creme brulee sendiri di rumah

ilustrasi creme brulee (unsplash.com/Orkun Orcan)

Creme brulee merupakan salah satu jenis dessert klasik yang berasal dari Prancis dan termasuk salah satu yang cukup populer. Creme brulee berisikan krim kental yang diolah bersama dengan telur, gula, dan vanilla yang kemudian akan dipanggang hingga terkaramelisasi dengan baik.

Creme brulee memiliki cita rasa yang creamy dan manis dengan perpaduan krim dan karamel pada bagian atasnya. Kamu bisa mencoba membuat creme brulee sendiri di rumah dengan beberapa tips berikut ini agar hasilnya anti gagal dan tetap menggugah selera pada saat disajikan.

1. Gunakan bahan-bahan berkualitas

ilustrasi telur (unsplash.com/Louis Hansel)

Satu hal penting yang harus kamu ingat dalam membuat creme brulee adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Tentu saja bahan-bahan yang berkualitas akan membuat hasil dessert ini terasa lezat dan tidak kalah menggugah selera pada saat disajikan, sehingga jangan sampai menggunakan bahan-bahan yang tak berkualitas.

Biasanya bahan-bahan yang digunakan dalam membuat creme brulee antara lain seperti ekstrak vanila, krim kental, gula, dan telur. Jika bahan-bahan yang digunakan berkualitas, maka akan secara ootmatis membuat kualitas dari creme brulee yang disajikan pun semakin lezat dan menggugah selera.

2. Pastikan konsistensinya tepat

ilustrasi adonan telur (unsplash.com/Sorin Gheorghita)

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam membuat creme brulee adalah dengan memperhatikan soal konsistensi. Sebetulnya konsistensi ini menjadi abgian yang penting agar tepat dan sesuai, sehingga tidak sampai justru terlalu kental atau pun terlalu cair pada saat disajikan.

Adonan untuk creme brulee memang biasanya harus sedikit kental dan mirip seperti krim cair, sehingga perlu kamu cek beberapa kali sebelum menyajikannya. Bagaimana pun juga konsistensi adonan awal dari creme brulee akan sangat memengaruhi konsistensi akhirnya.

Baca Juga: 5 Kesalahan saat Membuat Creme Brulee, Hasilnya Mengecewakan

3. Memanggang creme brulee dengan tepat

ilustrasi creme brulee (unsplash.com/Max Griss)

Proses selanjutnya yang dilakukan adalah pemanggangan pada adonan creme brulee yang dibuat dan hal ini harus dilakukan dengan tepat. Kamu perlu memanggang creme brulee dengan cara-cara yang tepat agar tidak sampai gagal dan justru membuat konsistensi dari creme brulee tersebut menjadi gagal.

Biasanya creme brulee akan dipanggang di dalam panci air di oven untuk memastikan bahwa kematangannya merata dan teksturnya pun halus. Namun, kamu harus ingat untuk tidak memanggang creme brulee secara overcooked karena akan membuat adonannya jadi terlalu cair saat disajikan.

4. Dinginkan dengan cukup

ilustrasi creme brulee (unsplash.com/Alex Munsell)

Ternyata creme brulee yang sudah melalui proses pemanggangan harus direfrigerasi setelahnya untuk membentuk tekstur yang tepat. Namun, kamu harus mendiamkan creme brulee terlebih dahulu pada suhu ruang sesaat setelah mengeluarkannya dari oven hingga suhunya tak panas lagi.

Kamu bisa selanjutnya menyimpan creme brulee di lemari es hingga benar-benar mengeras selama beberapa jam atau bahkan semalaman. Proses refrigerasi ini akan sangat membantu untuk memberikan tekstur creme brulee yang padat dan lembut saat disajikan.

5. Lakukan proses karamelisasi dengan tepat

ilustrasi creme brulee (unsplash.com/RAPHAEL MAKSIAN)

Kamu harus ingat bahwa proses karamelisasi pada saat membuat creme brulee tidak boleh dilakukan sembarangan. Proses karamelisasi ini menjadi bagian yang cukup krusial karena akan menentukan hasil akhir dari creme brulee pada saat disajikan nanti.

Kamu bisa melakukan proses karamelisasi dengan menaburkan gula di bagian atas adonan sebelum disajikan dan gunakan lapisan gula yang tipis saja. Selain itu, kamu bisa memanaskan lapisan gula tersebut dengan blowtorch hingga benar-benar terkaramelisasi dengan baik dan teksturnya cukup keras.

Membuat creme brulee sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk dessert lezat yang tidak kalah menggugah selera. Tertarik membuatnya di rumah?

Baca Juga: 5 Fakta Creme Brulee, Dessert Berkaramel khas Prancis yang Mendunia

Verified Writer

TM

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya