TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Jajangmyeon, Jajanan Khas Para Jomblo di Korea

Meski warnanya hitam, rasanya bikin perut keroncongan 

theglimpse.com

Berbicara mengenai kuliner khas Korea Selatan, tak lengkap bila melewatkan olahan jajangmyeon. Hidangan berbahan utama mi ini memang seakan menjadi identitas bagi warga Korea Selatan, bahkan hampir sama dengan eksistensi kimchi sebagai olahan asli Korea.

Keunikan yang terletak dari jajangmyeon terletak pada pasta hitam yang digunakan, pasta ini terbuat dari kacang kedelai hitam sehingga tak heran bila warna dari mi ini jadi lebih gelap. 

Untuk kamu yang penasaran ingin mencicipi jajangmyeon, cari tahu dulu yuk lima fakta menarik dari mi unik yang satu ini. Berikut daftarnya! 

1. Sejarah dan asal nama jajangmyeon

maangchi.com

Meskipun jajangmyeon kini dikenal sebagai hidangan khas Korea Selatan, eksistensinya tak lepas dari sejarah yang mengatakan bahwa jajangmyeon dipengaruhi dari olahan khas Beijing, Tiongkok.

Namun, contoh evolusi dari jajangmyeon masa kini adalah lebih sering menggunakan bahan-bahan laut dibandikan daging babi. Jajangmyeon berasal dari dua kata, yaitu jajang yang berarti saus goreng dan myeon yang berarti mi. 

Baca Juga: Resep Jajangmyeon & Budae Jigae, Makanan yang Selalu Ada di Drakor

2. Jajangmyeon dan zhajiangmian

tworedbowls.com

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa jajangmyeon dahulu dipengaruhi oleh olahan khas Beijing, Tiongkok yang memiliki nama zhajiangmian. Meskipun sering dibilang mirip, namun untuk urusan cita rasa tentu keduanya berbeda.

Jajangmyeon memiliki saus yang lebih kental dan pekat serta penggunaan seafood, sementara saus zhajiangmian tidak sepeti jajangmyeon dan cenderung umum menggunakan daging babi. 

3. Variasi jajangmyeon

seriouseats.com

Di Korea Selatan ternyata jajangmyeon memiliki tiga varian yang umum dikenal oleh masyarakat. Varian yang pertama adalah ganjajangmyeon, yaitu komposisi antara mi dan saus sengaja dipisah.

Selanjutnya adalah varian samseon jajangmyeon, yaitu varian saus dengan campuran olahan laut terkecuali ikan. Serta yang terakhir adalah varian samseon ganjajangmyeon, yaitu mi dan saus yang berisi olahan lait, namun tidak dicampur dengan mi-nya. 

4. Makanan yang paling sering dipesan

makansampaikenyang.com

Jika Indonesia memiliki pesanan secara delivery, maka begitupun halnya dengan Korea Selatan. Konon jajangmyeon menjado makanan yang paling sering dipesan secara delivery. Hal ini mungkin saja dipengaruhi karena harganya yang terjangkau, cita rasanya yang lezat, serta olahannya yang praktis untuk disajikan sehingga sangat disukai masyarakat lokal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Enak di Taiwan, Dijamin Halal!

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya