TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Tempat Makan Kepiting Enak di Balikpapan, Wajib Mampir!

Tempat makan kepiting terfavorit wisatawan nih!

ilustrasi masakan berbahan utama kepiting (unsplash.com/Lutetia LUX)

Jika berkunjung ke Balikpapan, rasanya ada yang kurang kalau gak singgah di restoran seafood terbaik untuk menikmati seporsi kepiting di kota ini. Apalagi Balikpapan dikenal dengan hidangan kepitingnya yang menggugah selera, menawarkan berbagai macam gaya masak dan cita rasa yang berbeda. 

Untuk membantu kamu memilih tempat yang tepat, kami telah menyusun daftar restoran terbaik di Balikpapan yang menyajikan kepiting enak dan berkualitas.

Ayo, simak rekomendasi tempat makan kepiting enak di Balikpapan berikut ini dan temukan tempat favoritmu untuk menikmati hidangan kepiting yang gak terlupakan!

1. Rumah Makan Torani

menu makanan di Rumah Makan Torani (instagram.com/rm_torani)

Rumah Makan Torani pantas disebut restoran seafood terbaik karena hampir semua menunya gak ada yang gagal memanjakan lidah. Rumah makan ini juga menawarkan hidangan seafood yang cukup lengkap.

Meskipun di sini terkenal akan menu ikan bandengnya, tapi menu kepitingnya juga gak kalah populer. Apalagi jika kamu penasaran dengan cita rasa kepiting soka, cobalah untuk memesan kepiting soka telur asin dan kepiting soka saus Toraninya.

Alamat: Komplek Lembaga Permasyarakatan, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 73, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jam operasional: 09.00 - 22.15 (setiap hari).

Harga: mulai dari Rp 20.000.

2. Restoran Kepiting Kenari

ilustrasi kepiting masak saus lada hitam (pixabay.com/Jason Goh)

Restoran Kepiting Kenari bisa menjadi opsi buat kamu yang ingin menikmati berbagai hidangan dari kepiting dan seafood lainnya dengan harga yang cukup terjangkau.

Uniknya, di restoran ini kamu bisa memilih antara kepiting jantan, kepiting telur, atau kepiting soka dengan pilihan rasa, bumbu, serta penyajian, seperti saus spesial, lada hitam, saus padang, mentega, dikukus, atau digoreng.

Tapi jika kamu kebingungan, kamu bisa mencoba kepiting jantan yang dimasak dengan saus spesial atau saus lada hitamnya. Kamu akan merasakan perpaduan yang sempurna antara daging kepiting yang manis dengan bumbu yang kaya rasa

Alamat: Jalan Marsma R. Iswahyudi Nomor 4, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jam operasional: 08.30 - 21.30 ( setiap hari).

Harga: mulai dari Rp 77.000.

3. Kedai Laut Seafood Mayjend Sutoyo

ilustrasi kepiting masak saus padang (vecteezy.com/sensasilapar9697)

Dengan harga yang juga terjangkau sesuai standar Balikpapan, Kedai Laut Seafood Mayjend Sutoyo menjadi rekomendasi tempat makan kepiting yang tak boleh dilewatkan.

Terkenal dengan hidangannya yang segar, tempat makan ini menawarkan berbagai pilihan menu andalan, seperti ikan kakap bakar yang bisa dinikmati dengan sambal dabu-dabu ataupun kecap.

Kepiting juga menjadi primadona di sini, kepiting yang dimasak dengan saus Padang dan kepiting soka sebagai favorit banyak pelanggan. Meskipun cukup ramai terutama saat jam makan siang, tapi semua masakan disajikan segar dan fresh, sehingga kamu layak untuk menunggu.

Alamat: Jalan Mayjend Sutoyo, Gunungsari Ulu, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jam operasional: 10.00 - 22.00 (setiap hari).

Harga: mulai dari Rp 20.000.

4. Ocean's Resto

Menu di Ocean's Resto (instagram.com/oceansrestobpn)

Siapa yang akan menolak jika ditawarkan kesempatan untuk menikmati berbagai hidangan seafood ditemani view laut? Pengalaman ini bisa kamu temukan di Ocean's Resto. 

Terletak di tepi laut, restoran ini menawarkan suasana yang menenangkan dengan pemandangan laut yang menakjubkan, menjadikannya sebagai tempat ideal untuk pertemuan keluarga atau bisnis.

Menu di Ocean's Resto juga sangat beragam, mencakup hidangan seafood, masakan Western, dan masakan Indonesia, tentunya dengan porsi yang berlimpah dan rasa yang sepadan dengan harganya. Salah satu hidangan yang sangat direkomendasikan di sini adalah kepiting saus Padang yang lezat dan dibumbui dengan sempurna.

Alamat: Ruko Bandar Jalan Jenderal Sudirman Nomor 18 Blok M, Klandasan Ulu, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jam operasional: 11.00 - 22.00 (setiap hari).

Harga: mulai dari Rp 55.000.

Baca Juga: 7 Kuliner Enak di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Banyak Pilihan!

5. Teluk Bayur Seafood Restaurant

ilustrasi kepiting masak saus garlic butter (vecteezy.com/nattasak2004772014)

Teluk Bayur Seafood Restaurant di Balikpapan menjadi tempat yang sempurna berikutnya bagi pecinta hidangan laut, terutama bagi mereka yang ingin menikmati kepiting dengan porsi besar dan cita rasa yang luar biasa.

Terletak di jantung kota Balikpapan, restoran ini kerap menjadi tempat favorit bagi bagi wisatawan yang ingin menikmati hidangan kepiting yang segar dan lezat. Kualitas hidangannya sepadan dengan apa yang ditawarkan, membuatnya menjadi pilihan yang tak mengecewakan.

Kepiting tepung yang teksturnya renyah dan kepiting masak saus garlic butter yang bercita rasa gurih jadi menu yang wajib dicoba di Teluk Bayur Seafood Restaurant.

Alamat: Jalan Ahmad Yani Nomor 49, RT.41, Gunungsari Ilir, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur.

Jam operasional: 10.00 - 21.00 (setiap hari).

Harga: mulai dari Rp 45.000.

6. Restoran Dandito

menu makanan di Restoran Dandito (instagram.com/kepitingdandito)

Terletak strategis menuju kota dari arah bandara, Restoran Dandito menawarkan pengalaman bersantap berbagai menu berbahan kepiting yang memanjakan lidah.

Kepiting soka saus Dandito menjadi menu andalan yang sangat direkomendasikan di sini. Rasa saus Dandito yang khas dan sedikit pedas, sangat pas untuk melengkapi kepiting soka yang digoreng renyah.

Meskipun beberapa menu seperti kepiting jantan atau betina sering kali belum tersedia di pagi hari, tapi Restoran Dandito tetap menjadi pilihan utama untuk menikmati hidangan kepiting di Balikpapan, berkat cita rasa sausnya yang autentik dan suasananya yang nyaman.

Alamat: Jalan Marsma R. Iswahyudi Nomor 70, Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jam operasional: 09.00 - 21.00 (setiap hari).

Harga: mulai dari Rp 60.000.

7. Bondy Bakery and Restaurant

menu makanan di Bondy Bakery and Restaurant (instagram.com/bondyresto1983)

Meskipun dari namanya nampak hanya sebuah toko roti, tapi Bondy Bakery and Restaurant adalah salah satu tempat makan legendaris yang menawarkan pengalaman kuliner yang beragam, mulai dari hidangan Western, Chinese, hingga masakan Nusantara. 

Meski dikenal sebagai toko roti, restoran ini juga terkenal dengan menu seafood yang menggugah selera, termasuk berbagai olahan kepiting soka. Kepiting soka di sini dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti diasap, goreng tepung, atau menggunakan saus lada hitam, saus telur asin, dan saus padang.

Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani RT. 01 Nomor 1, Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jam operasional: 11. 00 - 22.00 (setiap hari).

Harga: mulai dari Rp 40.000.

8. Restaurant Apong Seafood Balikpapan

menu makanan di Restaurant Apong Seafood (instagram.com/apongseafood_bpn)

Bagi kamu yang pernah mencicipi seafood di kota Makassar mungkin sudah tidak asing dengan menu-menu yang ditawarkan oleh Restaurant Apong Seafood Balikpapan. Restoran ini menyajikan masakan dengan bumbu yang bold dan autentik, berbeda dari restoran seafood lainnya. 

Salah satu menu andalan yang direkomendasikan adalah kepiting lada hitam yang memiliki cita rasa khas dan lezat. Menyantapnya bersama dengan kangkung asap ditambah dengan sambal signature perpaduan sambal terasi segar dan mangga muda yang sedikit asam membuat bersantap di restoran ini jadi semakin nikmat.

Alamat: Jalan Marsma R. Iswahyudi Nomor 24 Blok Z, Sungai Nangka, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jam operasional: 10.00 - 22.00 (setiap hari).

Harga: mulai dari Rp 47.000.

Verified Writer

Tyara Motik

Joie de vivre

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya