TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menyimpan Buah Stroberi, Tetap Segar dan Gak Busuk

Dijamin segarnya tahan lama

ilustrasi buah stroberi segar (pixabay.com/Pezibear)

Apakah kamu penggemar buah stroberi? Buah dengan rasa asam ini banyak disukai karena menyegarkan. Tapi, ada pula yang tidak suka karena rasa asamnya tersebut.

Agar lebih nikmat, biasanya buah stroberi dikonsumsi dengan cara dibuat jus, salad buah, smoothies, atau es krim. Jika kamu termasuk penggemar buah stroberi dan kerap membeli dalam jumlah banyak untuk stok di rumah, sebaiknya simak lima tips menyimpan buah stroberi agar tetap terjaga kesegarannya dan tak cepat busuk seperti di bawah ini. Keep scrolling!

1. Pilih buah stroberi berwarna merah cerah dan matang sepenuhnya

ilustrasi buah stroberi segar (pixabay.com/NickyPe)

Perhatikan kondisi setiap buah stroberi yang akan kamu beli. Pastikan buah stroberi tersebut sudah matang sepenuhnya. Ciri-cirinya yaitu berwarna merah cerah dan tampak mengkilap.

Hindari memilih buah stroberi yang berwarna gelap karena sudah terlalu matang. Perhatikan pula bagian ujung stroberi yang berdekatan dengan cabang. Jika warnanya masih hijau atau putih, tandanya buah stroberi tersebut belum matang. Jadi, bisa dipastikan rasanya asam dan hambar.

2. Jangan pilih buah stroberi dengan kemasan yang berembun

ilustrasi buah stroberi segar (pixabay.com/congerdesign)

Biasanya di supermarket buah stroberi dijual dalam bentuk kemasan. Jika ingin membelinya, kamu bisa memperhatikan kondisi kemasannya.

Jangan pernah membeli buah stroberi dalam kemasan yang berembun. Embun dalam kemasan menandakan kondisi di dalamnya lembap dan basah. Kondisi tersebut jelas bisa mempercepat proses pembusukan pada buah stroberi.

Kamu juga tidak boleh membeli buah stroberi yang sudah berjamur. Tapi jika terlanjur membelinya karena kurang teliti, segeralah sortir dan buang buah stroberi yang sudah berjamur tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Sayur di Kulkas agar Tetap Segar

3. Jangan langsung memasukkannya ke dalam kulkas

ilustrasi buah stroberi segar (pixabay.com/Ylanite)

Buah stroberi yang baru saja kamu beli jangan langsung dimasukkan ke dalam kulkas. Tapi, terlebih dahulu letakkan di atas wadah datar agar buah stroberi mendapatkan udara.

Kamu juga dilarang mencuci buah stroberi saat akan menyimpannya. Cucilah buah stroberi hanya saat kamu akan memakan atau mengolahnya. Mencuci buah stroberi akan menyebabkan kondisinya lembap hingga cepat membusuk.

4. Pilih dan pisahkan buah stroberi

ilustrasi buah stroberi segar (pixabay.com/couleur)

Sangat sulit memeriksa kondisi setiap buah stroberi yang dijual dalam bentuk kemasan. Meski sudah memeriksanya dengan saksama, sering kali ada saja buah stroberi yang sudah mulai terlihat busuk. Jika sudah begitu, segera pisahkan buah stroberi tersebut agar jamurnya tidak menyebar pada buah stroberi lain yang masih segar.

Jangan lupa buang daun yang masih menempel pada buah stroberi agar terbebas dari kotoran dan bahan kimia seperti pestisida. Tapi, jangan buang batang yang masih ada pada buah stroberi, ya. Sebab, batang kecil berwarna hijau pada buah stroberi bisa melindungi bagian dalam buah. Jadi, bisa membantunya menjadi lebih awet saat nanti disimpan di dalam kulkas.

Baca Juga: 11 Cara Menyimpan Buah Pepaya biar Tetap Segar dan Gak Cepat Busuk

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya