TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Mashed Potato ala Rumahan yang Enak, Creamy Abis!

Cita rasa gak kalah dengan buatan restoran ternama

ilustrasi mashed potato (pixabay.com/422737)

Bagi sebagian orang, mashed potato mungkin masih terdengar asing di telinga. Mashed potato atau kentang tumbuk sebenarnya merupakan hidangan pelengkap yang biasanya disajikan bersama hidangan ala barat. Mashed potato memiliki tekstur lembut dan cita rasa gurih yang lezat.

Sekilas, membuat mashed potato tampak mudah. Namun, jika tak dilakukan dengan cara yang benar, rasa mashed potato bisa berpati, hambar, dan teksturnya kurang lembut. Oleh sebab itu, agar tak mengalami hal tersebut, yuk, simak terlebih dahulu lima tips membuat mashed potato yang akan dibagikan oleh penulis di bawah ini.

1. Pilihlah kentang berkualitas baik

ilustrasi mashed potato (pixabay.com/mp1746)

Kunci utama membuat mashed potato dengan rasa dan tekstur yang luar biasa terletak pada pemilihan bahan-bahan yang digunakan. Maka dari itu, pilihlah hanya bahan-bahan yang berkualitas baik, terutama kentangnya. Sebaiknya gunakan kentang lokal biasa, karena memiliki kandungan air yang tinggi sedangkan kandungan patinya rendah.

Jika ingin warna mashed potato lebih merata, maka jangan gunakan kentang yang ada bintik hitamnya, ya. Jangan pula membeli kentang yang ada bintik hijaunya. Sebab, itu menandakan ada kandungan toksik alami yang tinggi di dalam kentang tersebut. Namun, kalau sudah terlanjur membelinya, kamu cukup membuang bagian yang ada bintik hijaunya saja, tanpa perlu membuang seluruh bagian kentang.

Baca Juga: Tambahkan 5 Bahan Ini biar Mashed Potato Buatanmu Jadi Lebih Enak!

2. Kukus kentang hingga matang

ilustrasi mashed potato (pixabay.com/tomwieden)

Mengukus kentang bertujuan untuk menahan kandungan air dan kelembapan yang ada di dalamnya. Sebelum dikukus, kerat kentang secara melingkar menggunakan pisau. Untuk mengetahui apakah kentang yang kamu kukus sudah matang atau belum adalah dengan cara menusukkan garpu ke kentang. Jika kamu merasakan tekstur kentang sudah lembut dan lunak, maka artinya kentang sudah matang. Jadi, boleh segera kamu angkat.

3. Mengupas kulit kentang

ilustrasi mashed potato (pixabay.com/422737)

Bisa dibilang kalau proses mengupas kulit kentang itu gampang-gampang susah. Pasalnya, mengupas kulit kentang harus dilakukan saat kentang masih panas. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menjadikan kain sebagai alas saat kamu mengupas kulit kentang.

4. Menghaluskan kentang

ilustrasi mashed potato (pixabay.com/mp1746)

Kentang kukus yang sudah dikupas kulitnya selanjutnya dihaluskan. Bisa dengan menggunakan garpu atau ulekan. Namun, jika ingin lebih cepat, kamu bisa menggunakan alat khusus untuk menumbuk kentang yang bentuknya beralur. Untuk mendapatkan tekstur kentang tumbuk yang lebih halus, kamu bisa menyaring kentang menggunakan saringan.

Baca Juga: Resep Cheesy Mashed Potato Cakes, Buat Ngemil Santai di Akhir Pekan

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya