TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Pani Puri, Camilan Kopong nan Unik Khas India

Pernah muncul dalam film Rab Ne Bana Jodi

Pani puri (instagram.com/bazaar_foodie)

Pani puri adalah camilan khas India yang memiliki rasa dan cara penyajian unik. Disajikan dengan beragam kuah dengan rasa tak biasa. Pani puri sangat digemari masyarakat India dan wisatawan asing. Bisa ditemukan di pinggir jalanan India atau restoran India. Pani puri masuk bucket list jajanan yang wajib dicoba saat ke negara Shah Rukh Khan tersebut. Sebelum mencicipinya, berikut lima fakta pani puri yang harus kamu tau

1. Bentuknya bulat dan kopong

Pani puri (instagram.com/faux.calories)

Pani puri berasal dari kata pani berarti air dan puri berarti roti renyah yang kopong. Roti dari pani puri dibuat dari tepung semolina atau gandum, yang diaduk bersama baking soda, air dan garam lalu digoreng. Setelah matang, pani puri dihidangkan dengan cara unik yaitu dengan melubangi bagian tengah roti lalu diisi dengan isian seperti tumbukan kentang atau kacang hijau kupas. Lalu diisi dengan pani.

2. Rasa pani yang beragam

Pani puri (instagram.com/indian_food_zone0)

Ada beberapa jenis pani yang bisa dipilih sesuai selera. Ada yang manis, pani ini terbuat dari air kurma. Pencinta asam bisa memilih pani yang dibuat dari jeruk nipis atau lemon. Ada pula air dengan campuran mint yang biasa disebut pudine ka pani. Adapula mirchi adalah pani yang terbuat dari air dan cabe. Rasa pani melengkapi rasa camilan India ini menjadi lebih nikmat. 

Baca Juga: 10 Kuliner Akulturasi Budaya Arab hingga India di Sumatera, Istimewa!

3. Punya banyak nama yang berbeda

Pani puri (instagram.com/bazaar_foodie)

Pani puri tak hanya populer di India, namun hampir diseluruh negara-negara Hindustan. Seperti Pakistan, Nepal dan Bangladesh. Di India sendiri, pani puri punya banyak nama. Ada yang menyebutnya golgappa, patashi, fuckha, gup chup dan lainnya. Tak hanya namanya yang sama, ada beberapa yang memiliki isian berbeda, namun semuanya merujuk pada satu camilan yang berbentuk bulat dengan bagian tengah kopong yang dikenal dunia dengan pani puri. 

4. Kian populer karena film Shah Rukh Khan

Pani puri (instagram.com/food_exploration_with_umair)

Pernah muncul dan adegan film yang dibintangi aktor bollywood Shah Rukh Khan berjudul Rab Ne Bana Jodi. Pani puri jadi semakin popuker terutama dikalangan pencinta bollywood. Adegan tersebut salah satu yang ikonik, dimana Shah Rukh Khan dan Anushka Sharma beradu cepat memakan pani puri atau golgappa di pinggir jalan. Adegan ini kian melekat di hati dan pikiran pencinta film India, hingga banyak yang penasaran seperti apa rasa camilan kopong tersebut. 

Baca Juga: Resep Membuat Roti Prata, Kuliner Khas India yang Gurih Banget

Verified Writer

Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya