TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Tempat Makan Dekat Makam Bung Karno di Blitar

Bisa kamu tempuh dengan jalan kaki, lho

Nasi Pecel Mbok Bari 1, Blitar (google.com/maps/Pieter Piculima)

Liburan ke Blitar, Jawa Timur, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke Makam Bung Karno. Objek wisata bersejarah ini bisa jadi tujuan untuk ziarah ke tempat peristirahatan terakhir pahlawan yang disebut juga Bapak Proklamator tersebut. 

Makam ini merangkap juga sebagai museum yang menyimpan koleksi sejarah yang berkaitan dengan Bung Karno, lho. Menariknya, di sekeliling makam Bung Karno bukan hanya ada kedai cendera mata tapi juga tempat makan yang bisa jadi tujuan kuliner setelah pelesiran ke sini.

Dan berikut, lima rekomendasi tempat makan yang berada di sekitar Makam Bung Karno.

1. Waroeng Mak Nyak

Waroeng Mak Nyak, Blitar (google.com/maps/TRAVELIWIR)

Penampakan Waroeng Mak Nyak bisa mengobati lelahmu setelah seharian pelesiran ke Makam Bung Karno. Bagaimana tidak? Waroeng Mak Nyak memiliki konsep bangunan tradisional tapi estetik dengan bingkai pajangan setiap sudutnya begitu juga dengan meja kursinya yang random. Asyiknya lagi, tempat makan ini cukup luas dan dilengkapi dengan taman, lho. 

Pepohonan rindang dan berbagai tanaman yang ada bikin tempat makan ini asri. Masakan Waroeng Mak Nyak perpaduan masakan lokal dan Asia yang terdiri dari olahan seafood, sapi, hingga daging ayam. Menu terlaris di sini ada lezatnya gurami bakar dan sate kambing muda.

Lokasi: Jalan Ir. Soekarno No.184, Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur.

Jam buka: Sabtu sampai Kamis pukul 11.00-21.00 WIB.

Harga: Rp25.000 - Rp85.000 per orang.

2. Sego Babat Mbak Lin

Sego Babat Mbak Lin, Blitar (google com/maps/Joko Purnomo)

Tempatnya sederhana tapi terjaga kerapian serta kebersihannya, dijamin kamu bakal nyaman makan sego babat di sini. Apalagi, Sego Babat Mbak Lin punya kenikmatan tersendiri yang bikin pelanggannya balik lagi ke sini. Bagaimana tidak? Babat diolah amat empuk, disajikan dengan jumlah yang lumayan banyak, serta bumbunya pun meresap. 

Biarpun menunya sederhana, dinikmati bersama nasi putih hangat bakal memuaskan lidah banget. Menu lainnya yang tersedia di sini ada nasi goreng, soto ayam, hingga mi kuah, lho.

Lokasi: Jalan Ir. Soekarno, Sentul, Kepanjenkidul, Blitar, Jawa Timur.

Jam buka: setiap hari pukul 07.00-23.00 WIB.

Harga: Rp15.000 - Rp30.000 per orang.

Baca Juga: 3 Kolam Renang di Dekat Stasiun Blitar, Murah dan Mudah Dijangkau

3. Nasi Pecel Mbok Bari 1

Nasi Pecel Mbok Bari 1, Blitar (google.com/maps/Indy Rose)

Siang-siang memang asyik makan nasi pecel dengan beragam lauk ditemani dengan minuman teh hangat. Selain kenyang, perut pun nyaman dan anti begah. Apalagi, porsi nasi pecel di sini pas banget untuk makan siang. Rasa bumbunya pun gak pasaran, alias memiliki ciri khas tersendiri yang ketika dicampurkan dengan sayuran pecel.

Nasi pecel mata sapi jadi menu terlaris di rumah makan Nasi Pecel Mbok Bari 1. Namun, gak ada salahnya selagi di Blitar, menikmati nasi pecel ini dengan tambahan paru goreng. Dijamin bikin rasanya campur aduk di lidah.

Oh iya, Nasi Pecel Mbok Bari 1 ini memiliki cabang lainnya yang masih berada di sekitar Makam Bung Karno. Kalau kamu cari yang antreannya tidak padat, datang langsung ke Nasi Pecel Mbok Bari 1 ini.

Lokasi: Jalan Ir. Soekarno No.217, Sentul, Kepanjenkidul, Blitar, Jawa Timur.

Jam buka: setiap hari pukul 05.30-15.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp15.000 per orang.

4. Ayam Geprek Sa'i Ir. Soekarno

Ayam Geprek Sa'i Ir. Soekarno, Blitar (google.com/maps/Indy Rose)

Di dekat Makam Bung Karno ada rekomendasi tempat makan yang cocok untuk semua umur yaitu Ayam Geprek Sa'i Ir Soekarno. Ayam geprek di sini punya sambal yang pedasnya bisa bikin keringat bercucuran. Tapi tenang, kamu bisa request sambalnya dipisah, lho.

Sedangkan untuk ayamnya, bumbu  marinasinya terasa. Digoreng dengan menggunakan tepung dan digoreng kering sehingga teksturnya crunchy di luar. Seporsi ayam geprek di sini dilengkapi juga dengan lalapan, lho. Makan makin nikmat, deh. Menunya bukan hanya ayam geprek. 

Kamu bisa menjumpai chicken steak, ayam penyet, mi goreng, hingga burger. Puas banget karena Ayam Geprek Sa'i juga menyediakan makan ringan seperti kentang atau tahu goreng buat kamu yang masih belum kenyang.

Lokasi: Jalan Ir. Soekarno No.144, Sentul, Kepanjenkidul, Blitar, Jawa Timur.

Jam buka: setiap hari pukul 09.30-21.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp25.000 per orang.

Verified Writer

Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya