TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Nasi Uduk Asli Betawi di Jakarta Timur untuk Kuliner Malam

Ternyata, makan nasi uduk malam hari enak juga lho!

Nasi Uduk Bang Indra Condet, Jakarta Timur (google.com/maps/Dio Luwi)

Tak seperti menemukan berlian ditumpukan jerami, nasi uduk mudah sekali ditemukan di segala penjuru Jakarta. Tidak terkecuali di Jakarta Timur. Di area ini, menjamur nasi uduk yang cocok untuk pilihan kulineran malam karena buka mulai sore hingga malam hari. 

Nasi uduk sendiri banyak banget versinya. Tapi kalau kamu mencari nasi uduk asli Betawi di Jakarta Timur untuk kuliner malam, berikut lima rekomendasinya. Awas kalap!

1. Nasi Uduk Malam Mpok Juwah

Nasi Uduk Malam Mpok Juwah, Jakarta Timur (google.com/maps/Saut Monang)

Dari etalase kaca yang diterangi lampu, terlihat jelas aneka lauk nasi uduk yang melimpah dan tertata rapi di wadah. Bikin siapa saja yang melihatnya pasti gak sabar untuk segera pesan dan melahapnya sampai habis. Syukur-syukur gak kalap karena bisa bikin kamu nambah!

Apalagi Nasi Uduk Malam Mpok Juwah terkenal otentik Betawi. Banyak yang menyebut rasa gurihnya gak bikin eneg, dan tahan lama alias gak cepat basi. Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, semur jengkol masih jadi juara. Konon, olahan jengkol di sini gak bikin mulut maupun kencing bau, lho.

Lokasi: Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jam buka: Senin sampai Minggu pukul 17.00-21.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp20.000 per orang.

2. Nasi Uduk Ayam Goreng Betawie

Nasi Uduk Ayam Goreng Betawie, Jakarta Timur (google.com/maps/Narendra Sita)

Nasi Uduk Ayam Goreng Betawie punya lauk andalan ayam goreng. Gak sembarang ayam goreng, ayamnya sendiri tekstur dagingnya empuk banget saat digigit meskipun digoreng hingga kering. Bumbunya pun terasa banget kuatnya. Gak rugi keluar uang banyak makan nasi uduk di sini. 

Ciri khas lainnya Nasi Uduk Ayam Goreng Betawie ini menggunakan beras pera. Ambyar, namun rasa gurihnya terasa. Sambalnya pun terdiri dari dua macam, ada sambal kacang dan sambal cabai. Makan nasi uduk ayam goreng di sini musti banget juga ditambah tempe dan tahu goreng. Mengenyangkan!

Lokasi: Pasar Rawamangun, Jalan Pegambiran, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jam buka: setiap hari pukul 17.00-01.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp25.000 per orang.

Baca Juga: Resep Nasi Uduk Betawi dan Cara Membuatnya yang Nikmat

3. Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket

Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket, Jakarta Timur (google.com/maps/Annisa Handayani)

Kalau kamu kepengin makan nasi uduk ramai-ramai bareng teman, tempat makan ini pilihan yang tepat karena tempatnya cukup luas. Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket termasuk nasi uduk asli Betawi legendaris di Jakarta Timur. Saking ramainya, kamu harus rela antre makan nasi uduk di sini.

Menu terfavorit di sini ada nasi uduk dengan ayam goreng, lalapan, dan sambal. Selain ayam goreng masih ada menu menggiurkan lidah lainnya seperti sate kulit, ati ampela goreng, semur jengkol, hingga bihun goreng.

Lokasi: Jalan Raya Bekasi Jatinegara Kaum Raya No.5, klender, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jam buka: setiap hari pukul 17.00-22.00 WIB.

Harga: Rp25.000 - Rp50.000 per orang.

4. Nasi Uduk Bang Indra

Nasi Uduk Bang Indra Condet, Jakarta Timur (google.com/maps/MaseKorner Presents)

Walaupun untuk menjangkau Nasi Uduk Bang Indra harus masuk ke gang-gang, kamu gak bakal nyesel begitu menikmati nasi uduk legendaris ini. Nasi uduk asli Betawi ini disebut-sebut hidden gems-nya kuliner di Jakarta Timur, lho. Maka dari itu harus ke sini untuk menjajalnya meskipun sekali! Bahkan tempat makan nasi uduk Bang Indra ini pernah diliput di acara televisi nasional hingga masuk dalam konten para food vlogger hingga YouTuber. Bikin penasaran, kan?

Bukan cuma nasi uduk, lauknya juga dipuji enak. Kuah semurnya bikin jatuh cinta karena kental dan rasa manisnya gak bikin enek. Apapun lauk yang dipilih pastikan jangan meninggalkan pelengkapnya seperti acar, sambal, dan kerupuk. Makan makin menggairahkan!

Lokasi: Jalan Olahraga 1 No.10, Cililitan, Kramat jati, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jam buka: setiap hari pukul 19.00-23.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp25.000 per orang.

5. Nasi Uduk Kombinasi Malam

Nasi Uduk Kombinasi Malam, Jakarta Timur (google.com/maps/Restu Raharjo)

Harus memiliki kesabaran seluas samudera jika kamu kepengin menikmati Nasi Uduk Kombinasi Malam. Bagaimana tidak? Dari mulai buka, sudah banyak pembeli yang berdiri antre untuk mendapatkan nasi uduk asli Betawi yang terkenal harganya murah meriah. 

Bermodalkan uang sepuluh ribu dan masih ada kembalian, kamu bisa mendapatkan nasi uduk yang dilengkapi dengan orek tempe, bihun, sambal, dan kerupuk. Mantap banget kak. Menu sate-satean serta gorengannya juga murah, lho. Per satuannya cuma seribu.

Nasi Uduk Kombinasi Malam juga memanjang aneka lauk menggiurkan lidah seperti ayam goreng, semur jengkol, semur daging, hingga telur balado.

Lokasi: Jalan Kalisari II No.6, Kalisari, Padar Rebo, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jam buka: setiap hari pukul 17.00-23.59 WIB.

Harga: mulai dari Rp10.000 per orang.

Banyak tempat makan nasi uduk di Jakarta Timur. Kalau mau makan untuk kulineran malam kunjungi saja lima tempat yang direkomendasikan, tadi. Perut kenyang, tidur pun jadi nyenyak di malam hari!

Baca Juga: [QUIZ] Pilih Nasi Lemak atau Nasi Uduk, Kamu Cocoknya Liburan ke Sini!

Verified Writer

Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya