TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kuliner di Pasar Beringharjo Yogyakarta untuk Makan Siang

Ada soto sampai tongseng, coba semua yuk!th

Soto Daging Sapi Bu Pujo, Pasar Beringharjo (google.com/maps/Prina)

Pasar Beringharjo di Yogyakarta bukan sekadar tempat untuk berbelanja kain atau serba-serbi batik saja, lho. Pasar Beringharjo bisa jadi tujuan untuk kulineran. Makanan yang jadi ikoniknya Pasar Beringharjo yaitu pecel bunga turi.

Penjual pecel umumnya menjajakan dagangnya tepat di depan pintu masuk. Keberadaannya sering jadi tujuan makan siang para pelancong, lho. Tahu gak? Gak cuma pecel kembang turi saja, berikut ini lima rekomendasi kuliner enak di Pasar Beringharjo untuk tujuan makan siang. Catat, ya.

1. Soto Daging Sapi Bu Pujo

Soto Daging Sapi Bu Pujo, Pasar Beringharjo (google.com/maps/trio android)

Untuk mengembalikan tenaga setelah setengah hari beraktivitas, memang paling nikmat makan soto. Apalagi jika soto itu terbuat daging sapi yang kuahnya terasa bumbu dan kaldu, serta disuguhkan dalam keadaan hangat. Gak cuma perut yang kenyang, suasana hati pun meningkat!

Kamu bisa menemukannya di Soto Daging Sapi Bu Pujo. Walau hanya berisikan daging sapi, soun, dan tauge; soto di sini nikmat dan segar. Kedai ini juga menyediakan aneka gorengan hingga kerupuk untuk dijadikan teman makan soto. Es campur jadi menu pilihan yang dipesan juga oleh pelanggan ketika di Soto Daging Sapi Bu Pujo.

Lokasi: Pasar Beringharjo, Jalan Pabringan No.17, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Jam buka: setiap hari pukul 08.00-15.00 WIB. 

Harga: mulai dari Rp15.000 per orang. 

2. Baso Pak Djenggot

Baso Pak Djenggot, Pasar Beringharjo (google.com/maps/langit ramadhan)

Letaknya di pintu utara Pasar Beringharjo, kamu bisa mampir ke sini untuk makan siang. Tempat makannya terbatas karena Baso Pak Djenggot adalah bakso gerobakan yang hanya menyediakan sedikit kursi saja. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa menyiasatinya dengan makan siang lebih awal. 

Baksonya sederhana banget. Isiannya terdiri dari bakso biasa, bakso goreng, mi kuning atau campur dengan soun, dan pangsit. Walau sederhana, bakso di sini terasa sekali daging sapinya. Begitu juga dengan kuahnya yang segar dan aroma kaldunya kuat.

Lokasi: Pasar Beringharjo, Jalan Sriwedani, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: setiap hari pukul 10.00-15.30 WIB.

Harga: kurang dadi Rp20.000 per orang. 

Baca Juga: Warung Makan Bu Sum, Tempat Makan Legendaris di Pasar Beringharjo

3. Tongseng Bu Sumirah

Tongseng Bu Sumirah, Pasar Beringharjo (google.com/maps/dwi suci hartini)

Jangan kaget menikmati tongseng di sini. Memang sih, rasa Tongseng Bu Sumirah cenderung manis namun gak bikin perut enek. Masih ramah lidah banget, apalagi bumbu tongsengnya kuat. Bukan cuma itu, isi tongsengnya yang berasal dari daging dan jeroan kambing memiliki tekstur empuk dan tidak bau prengus. Sensasi pedas irisan cabai di Tongseng Bu Sumirah juga bikin kamu bakal nambah nasi terus!

Kuliner Pasar Beringharjo yang letaknya di lantai dua ini memiliki menu serba kambing lainnya seperti sate dan gule. Bukan cuma tujuan makan siang, wisatawan pasti mampir ke sini untuk kulineran setelah berbelanja batik.

Lokasi: Pasar Beringharjo Lt 2 G II Los 2, Jalan Pabringan, Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: setiap hari pukul 09.00-15.00 WIB. 

Harga: kurang dari Rp50.000 per orang.

4. Sego Empal Bu Warno

Sego Empal Bu Warno, Pasar Beringharjo (google.com/maps/Widyastuti Askandar)

Pernah punya pengalaman menikmati empal, tapi teksturnya alot dan bumbunya tidak terasa? Jika iya, percayalah kamu gak bakal dapati pengalaman buruk makan empal seperti itu di Sego Empal Bu Warno.

Termasuk salah satu kuliner legendaris di Pasar Beringharjo, Sego Empal Bu Warno sering direkomendasikan oleh antar wisatawan karena daging empalnya yang terkenal empuk dan bumbunya menyerap di setiap lapisan daging. 

Daya tarik sego empal di sini terletak juga pada sambalnya. Memadukan sambal bawang dan petis kemudian dicampur jadi satu, dan dimakan bersama empal dan nasi sekali lahap di mulut. Bikin geleng-geleng nikmat!

Lokasi: Pasar Beringharjo, Jalan Pabringan No.41, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam buka: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp25.000 per orang.

Verified Writer

Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya