TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Olahan Seafood Khas Indonesia dengan Rasa Autentik, Bikin Kalap!

Sajian seafood khas nusantara ini memang terkenal lezat 

ketupat kandangan (instagram.com/hairiyanti)

Indonesia kaya akan hasil lautnya yang melimpah dan beragam. Oleh karena itu, menu seafood menjadi hidangan andalan bagi masyarakat Indonesia.

Dengan proses pengolahan yang terbilang unik, mungkin sebagian orang akan merasa asing dengan cita rasa yang dihasilkan. Seafood adalah makanan dengan kandungan protein dan gizi tinggi. Lima olahan seafood enak ini gak boleh sampai kamu lewatkan!

1. Kepiting saus padang

kepiting saus Padang (instagram.com/kedai.resep)

Olahan ini berupa kepiting yang dikombinasikan dengan saus padang pedas. Hidangan ini biasanya menggunakan kepiting lumpur atau kepiting biru. Kepiting direbus dalam air panas hingga matang sempurna. Setelahnya, kepiting direbus kembali dengan saus. 

Kuah dalam masakan ini terbuat dari bahan pilihan, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, cabai, kunyit, bawang bombay, daun jeruk purut, daun salam, kecap, dan saus tiram. Agar kuahnya kental, biasanya ditambahkan telur kocok ringan.

2. Ikan bakar

ikan bakar (instagram.com/yuniskitchen)

Ikan bakar menjadi menu andalan ketika sedang berwisata di pantai. Sebelum mengalami proses pemanggangan, ikan terlebih dahulu diasinkan. Bumbu pada ikan terbuat dari kecap, kunyit, lengkuas, dan lainnya.

Makanan ini umumnya dihidangkan dengan sambal, seperti sambal belacan dan sambal kecap. Makanan ini juga sering dihidangkan dengan nasi hangat dan lalapan berupa selada, tomat, kacang panjang, dan timun.

Baca Juga: 13 Menu Korean Seafood Paling Populer, Porsinya Bikin Kenyang!

3. Sate kerang

sate kerang (instagram.com/kimhua78)

Sate kerang menjadi hidangan lezat yang berasal dari Surabaya. Makanan ini dibuat dengan kerang yang diasinkan. Setelahnya, kerang ditusuk menggunakan tusuk sate dan dipanggang hingga matang sempurna.

Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, ketumbar, kelapa parut, cabai, minyak, daun jeruk, serai, gula merah, kecap manis, dan garam. Setelah proses selesai, sate diberi kecap pedas untuk memperkaya rasa.

4. Ketupat kandangan

ketupat kandangan (instagram.com/hairiyanti)

Kalimantan Selatan punya menu andalan berupa seafood, yakni ketupat kandangan. Dalam proses pembuatannya, hidangan ini memerlukan ikan gabus, serai, air asam, daun jeruk purut, santan, kaldu kubus, garam, minyak, dan ketupat.

Pertama, ikan direndam ke dalam jus asam. Ikan kemudian dipanggang di atas bara panas. Selanjutnya, ikan dimasak dengan kuah yang dibuat dengan santan, serai, kaldu kubus, garam, dan minyak.

Hidangan ini makin sempurna dengan tambahan bumbu-bumbu seperti kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, jinten, bawang merah, bawang putih, terasi, merica, gula, garam, dan ketumbar. Rempahnya melimpah banget!

Baca Juga: 5 Menu Seafood Khas Jerman yang Paling Populer, Rasa Autentik!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya