TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Rekomendasi Kafe di Jogja yang Nyaman buat Nugas

Suasana kondusif, bikin kamu nugas dengan produktif

Antologi Space (instagram.com/antologispace) | Svarga Flora Coffee and Plants (instagram.com/svargaflora.coffee)

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Banyak mahasiswa dari berbagai daerah yang merantau untuk menimba ilmu di Yogyakarta. Selain mengandalkan perpustakaan, mahasiswa biasanya mengerjakan tugas di kafe

Mahasiswa biasanya lebih suka mengerjakan tugas di kafe karena mereka dapat lebih bebas mengobrol, makan, dan minum. Di samping itu, desain interior kafe yang unik juga kerap dipertimbangkan untuk mendapatkan suasana baru sekaligus berburu konten media sosial. 

Di Yogyakarta, ada banyak kafe yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Yuk, simak rekomendasinya berikut ini!

1. Antologi Space

Antologi Space (instagram.com/antologispace)

Kafe yang satu ini menjadi primadona bagi mahasiswa di Yogyakarta untuk mengerjakan tugas. Pasalnya, Antologi Space memiliki ruangan yang luas dan terdiri atas 2 lantai yang dilengkapi banyak meja dan kursi. Selain itu, kafe ini dilengkapi dengan WiFi dan menyediakan stop kontak beserta kabel rol guna mencukup kebutuhan mahasiswa yang ingin mengisi daya barang elektroniknya. 

Bagi mahasiswa yang ingin rapat, Antologi Space juga menyewakan ruangan khusus yang dapat menampung hingga 12 orang. Ruangan ini dilengkapi dengan fasilitas loker, jaringan nirkabel, dan print gratis. Fasilitas ini dapat membuat penggunanya makin betah dan produktif. 

Serius mengerjakan tugas akan membuat kerongkongan haus dan perut lapar. Jangan khawatir karena kafe ini menyediakan berbagai menu kekinian yang cocok di lidah mahasiswa, mulai dari aneka teh, kopi, hingga matcha cake yang jadi andalan.

Lokasi: Tawangsari CT II Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: 07.00—22.00 WIB

2. Homi Coffee & Working Space

Homi Coffee and Working Space (instagram.com/homi.coffee)

Mau mengerjakan tugas di kafe dengan nuansa rumahan? Homi Coffee & Working Space dapat menjadi pilihan. Kafe berbentuk rumah ini menawarkan suasana yang tenang dan nyaman untuk para mahasiswa mengerjakan tugas maupun berdiskusi. Kafe ini dilengkapi dengan banyak tempat duduk, termasuk sofa dan meja yang terasa pas digunakan untuk mengetik. 

Fasilitas seperti stop kontak dan WiFi gratis juga tersedia di sini. Tak lupa, fasilitas penunjang yakni toilet dan musala juga disediakan dalam kondisi bersih. Tak ayal, kafe ini selalu ramai dikunjungi mahasiswa sejak pagi hari. 

Untuk menu makanan dan minuman, Homi Coffee & Working Space menawarkan berbagai gaya, mulai dari lokal, Asia, hingga Western. Bila datang ke sini, jangan lupa memesan es kopi susu homi yang menjadi menu spesial di kafe itu.

Lokasi: Jl. Kenari No.7, Demangan Baru, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: 10.00—00.00 WIB

3. Kopi Kolondjono

Kopi Kolondjono (instagram/kopikolondjono)

Kafe lainnya yang bernuansa rumah adalah Kopi Kolondjono. Kafe ini memang terbilang sempit namun suasana di dalamnya terasa damai dan syahdu, mengingatkan kita dengan rumah nenek. Uniknya, kafe ini menyuguhkan menu-menu buatan rumah dengan bahan-bahan yang segar serta sehat. Beberapa di antaranya organic raw chocolate, vietnam coffee, memory booster, premium tea, nasi merah goreng, serta green organic salad yogurt dressing. 

Kopi Kolondjono tepat dikunjungi para mahasiswa yang membutuhkan ketenangan saat mengerjakan tugas. Di sana juga terdapat perpustakaan mini yang berisikan buku-buku untuk dibaca pelanggan. Suasana yang tenang itu membuat mahasiswa betah berlama-lama di sana. 

Lokasi: Gg. Narada Jalan Gandok Baru No. 37, Condongcatur, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: 14.30—22.00 WIB

4. Svarga Flora Coffee & Plants

Svarga Flora Coffee and Plants (instagram.com/svargaflora.coffee)

Bosan dengan suasana kafe perkotaan? Tenang, di Yogyakarta ada juga kafe dengan konsep bak di tengah hutan. Kafe itu adalah Svarga Flora Coffee & Plants. 

Saat mengerjakan tugas di sini, para mahasiswa akan merasakan sensasi berbeda karena banyak pepohonan hijau yang membuat nuansa seperti di tengah alam. Suasana yang syahdu ini membuat mahasiswa lebih mudah fokus untuk mengerjakan tugas. 

Menu makanan dan minuman di sini juga beragam. Pecinta kopi akan dimanjakan karena terdapat berbagai menu olahan kopi seperti americano, cappucino, hingga yang spesial yakni svarga coffee soda. Untuk makanan, mahasiswa dapat menikmati hidangan lokal seperti nasi pecel hingga menu internasional seperti tomyam. 

Lokasi: Jl. Affandi No.26A, Soropadan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: 12.00—00.00 WIB

Baca Juga: 7 Kafe 24 jam di Jogja, Tempat Andalan buat Nugas dan Nongkrong

5. Dopio Donuts & Coffee

Dopio Donuts and Coffee (instagram.com/dopiodonuts)

Pecinta dessert, sini merapat! Di Yogyakarta, ada lho kafe nyaman buat nugas yang menyuguhkan berbagai jenis donat sebagai menu utamanya. Kafe itu adalah Dopio Donuts & Coffee yang terletak di kawasan Tamansiswa. 

Donat yang dijual di sini terbilang premium artisan karena selalu baru dan dibuat dengan bahan yang segar. Varian rasanya pun beragam, mulai dari red velvet, green tea, coklat, hingga mocca. Kendati berkualitas tinggi, donat yang dijual masih terbilang ramah di kantong, mulai dari harga Rp9 ribu—20 ribu. 

Suasana di kafe ini juga mendukung untuk mahasiswa mengerjakan tugas. Dopio Donuts & Coffee menyediakan WiFi gratis, tersedia banyak stop kontak, dan ruangan ber-AC untuk menunjang konsentrasi saat mengerjakan tugas. Selain itu, kafe ini juga menyediakan toilet dan musala untuk pengunjung.

Lokasi: Jl. Taman Siswa No.152, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: 09.00—22.00 WIB

6. Tugu Lor

Tugu Lor (instagram.com/tugulor)

Satu lagi kafe dengan konsep unik dan menyegarkan di tengah Kota Yogyakarta. Kafe yang terletak di samping Hotel Tentrem itu adalah Tugu Lor. Kafe ini terkenal karena memiliki suasana yang syahdu serasa nongkrong di tengah kebun rumah. 

Tugu Lor cocok dikunjungi mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas sembari memandangi pepohonan dan merasakan angin sepoi-sepoi. Selain itu, rumah dengan nuansa khas Jawa juga berdiri di sana dan terdapat galeri batik yang dapat dikunjungi jika bosan duduk mengerjakan tugas. 

Untuk menu minuman, kopi menjadi andalan kafe ini. Jangan lewatkan mencicipi kopi hitam Tjong yang spesial di sini. Sementara untuk makanan, Tugu Lor menawarkan menu lokal hingga internasional seperti nasi goreng, potato wedges, sampai japanese curry

Lokasi: Jl. A.M. Sangaji No.72, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: 08.00—22.00 WIB

Writer

Putu Intan

dont forget to be happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya