TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Mengatasi Sensasi Kebas Setelah Makan Buah Nanas

Biar gak ada after taste pahitnya juga

Ilustrasi buah nanas (pexels.com/Carlo Martin Alcordo)

Pernah gak sih kamu mengalami sensasi kebas atau gatal setelah makan buah nanas? Dalam buah nanas ada kandungan enzim bromelain yang mampu memecah protein. Sedangkan rongga mulut kita merupakan bagian yang juga mengandung protein, sehingga enzim tersebut dapat bereaksi dan menimbulkan rasa gatal atau menyengat ketika dikonsumsi.

Tapi tenang, ada cara kok buat kamu bisa tetap menikmati kesegaran buah ini tanpa mengalami sensasi tersebut. Yakni dengan menerapkan empat tips berikut ini.

1. Membuang bagian batang tengah nanas

Ilustrasi buah nanas (pexels.com/SHVETS production)

Konsentrasi enzim bromelain tertinggi dapat ditemukan di batang nanas. Dengan demikian, menghindari konsumsi bagian batangnya dapat membantu mengurangi reaksi enzim. Meski begitu, bukan berarti kamu akan 100 persen terhindar dari efeknya ya, namun sifatnya hanya mengurangi.

Baca Juga: Resep Hawaiian Salad yang Segar, Pakai Nanas dan Kol Ungu!

2. Merendamnya dalam air garam

Ilustrasi buah nanas (pexels.com/Karolina Grabowska)

Cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah merendam buah nanas yang sudah dipotong ke dalam air garam selama beberapa saat. Jangan lupa membilas nanas kembali sebelum mengonsumsinya, ya!

3. Mengonsumsinya bersama olahan susu

Ilustrasi yogurt dan buah (pexels.com/Ella Olsson)

Untuk mengurangi sensasi kebas atau gatal saat makan buah nanas, kamu bisa memasangkan buah asam manis ini dengan produk berbahan dasar susu. Beberapa di antaranya adalah krim, susu, atau yogurt. Hal ini karena produk olahan susu dapat membantu menetralkan asam.

Baca Juga: Cara Menanam Nanas Madu Sendiri, Mudah Sekali!

Writer

putriana cahya

Tryin to be hooman

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya