TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Jajanan Lebaran yang Enak untuk Suguhan, Mana Favoritmu?

Ada suguhan manis dan gurih

kue kering untuk perayaan Natal (commons.wikimedia.org/Midori)

Idul Fitri menjadi ajang bermaafan dan saling silaturahmi antar keluarga. Untuk menyambut tamu, umumnya pemilik rumah menyediakan jajanan Lebaran yang enak dan variatif. Mulai dari camilan denga rasa asin, gurih, dan manis, semuanya ada.

Jika kebetulan sedang butuh rekomendasi jajanan Lebaran untuk suguhan, cobalah intip rekomendasi jajanan Lebaran berikut. Kalau gak ada waktu bikin, silakan cari sajian ini di toko kue terdekat. Dijadikan hampers Lebaran pun oke.

1. Kastengel

kastangel (instagram.com/dilabeli_kitchen)

Kastengel merupakan kue sekaligus jajanan Lebaran yang ikonik. Bentuknya kotak memanjang dengan taburan keju di atasnya. Untuk rasanya sendiri cenderung asin dan gurih. Berkat tampilan kastengel yang cantik, kue ini banyak dijadikan hampers Lebaran. 

2. Keciput

keciput keju wijen (youtube.com/Devina Hermawan)

Jajan Lebaran, keciput, wajib tersedia di rumah. Sajian ini berbahan dasar tepung ketan dan berbalut wijen. Bentuknya bulat kecil dan bertekstur renyah. Taburan wijennya buat rasanya gurih dan makin nikmat. Sebagai pencinta camilan gurih, kamu pasti akan suka keciput. Biar makin cantik, letakkan keciput di stoples bening, ya.

3. Kuping Gajah

Camilan kuping gajah (instagram.com/ayoe_widya83)

Tampilan kuping gajah yang unik membuatnya banyak dijadikan jajanan Lebaran. Bentuk kudapan ini bulat dengan corak cokelat melingkar. Teksturnya garing dan cenderung gurih. Supaya tetap cruncy saat disantap, simpan kuping gajah pada wadah kedap udara. Akan tetapi, bila melempem, masukkan kuping gajah ke kulkas buat kembalikan kerenyahannya.

4. Lidah Kucing

lidah kucing (instagram.com/megas_kitchen97)

Kabarnya, lidah kucing sudah jadi jajanan Lebaran sejak zaman Belanda. Sesuai namanya, tampilan kue lidah kucing mirip lidah binatang kucing. Ukurannya panjang dan cukup tipis. Buat rasanya sendiri manis dan sedikit gurih yang juga jadi ciri khasnya. Maka dari pula, kue lidah kucing ini banyak disukai anak-anak.

5. Kue semprit

semprit cokelat (instagram.com/raniah_91)

Bila bingung mengisi stoples untuk suguhan, kamu bisa memilih kue semprit. Bebas, mau yang orisinal ataupun cokelat. Jajanan Lebaran ini terbuat dari tepung terigu dengan rasa cenderung legit. Tampilannya yang cantik, layaknya bunga bikin bentuknya menawan. Gak salah, deh bila kamu akan menjadikannya sajian Lebaran.

Baca Juga: 7 Makanan Pembakar Lemak, Jaga Berat Badan setelah Lebaran

6. Biji ketapang

Kue biji ketapang (instagram.com/fahmkmila)

Camilan khas Betawi, biji ketapang juga bisa masuk daftar menu jajanan Lebaranmu di rumah, lho. Makanan ini memiliki bentuk layaknya biji ketapang dengan cita rasa manis dan bertekstur renyah. Sensasi makannya bakal makin mantap saat dinikmati bersama segelas teh hangat. Untuk itu, jangan sampai nge-skip camilan lezat ini, ya!

7. Kue akar kelapa

Ilustrasi akar kelapa (instagram.com/anis_pawani)

Tertarik menyajikan jajanan Lebaran dengan cita rasa gurih? Jika iya, kue akar kelapa bisa jadi rekomendasi tepat, nih. Sesuai namanya, kue akar kelapa memiliki bentuk memanjang layaknya akar.

Rasanya gurih dengan tekstur renyah yang bikin nagih. Umumnya, kue akar kelapa dipasarkan dalam bentuk kiloan. Untuk sajian Lebaran, minimal beli 2 kilogram, ya.

8. Astor

ilustrasi astor (woolworths.com.au)

Astor sebetulnya merupakan merek sebuah wafer stik. Namun, seiring berjalannya waktu, nama astor merujuk pada wafer stik dengan corak kecokelatan secara umum. Camilan ini berisi cokelat dengan kulit yang bertekstur garing. Rasanya sudah pasti manis sehingga banyak disukai orang. Jadi, gak ada alasan untuk gak menyajikan astor di meja tamu.

9. Kue putri salju

kue putri salju (instagram.com/renathapanjaitan)

Jajanan Lebaran selanjutnya adalah kue putri salju. Bisa dibilang, makanan ini gak pernah absen dari meja tamu setiap rumah. Tampilannya berupa bulan sabit dengan taburan gula halus berlimpah.

Rasanya manis sehingga laris ditangan anak-anak. Bila ada waktu lebih, mending bikin kue putri salju sendiri daripada beli. Sebab, caranya buatnya mudah banget.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya