TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips Membuat Bihun Goreng ala Devina, Ada Aroma Smokey

Tipsnya bikin aromanya smokey dan lebih lezat

Bihun goreng putih. (dok. YouTube.com/Devina Hermawan)

Kamu berniat membuat bihun goreng putih di rumah? Sebelum memasak, alangkah baiknya kamu mengetahui tips membuat bihun goreng di artikel ini. Apalagi kalau kamu pengin menciptakan hidangan bihun goreng putih yang lezat dan masih memiliki aroma smokey yang memikat, berikut ada empat tips yang akan membantumu.

Tips tersebut datang dari chef Indonesia yakni Devina Hermawan. Dalam channel YouTube-nya, Devina membagikan tips membuat bihun goreng putih agar asanya lezat dengan aroma istimewa. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan hasil selezat restoran. Yuk, langsung saja dilihat tipsnya!

1. Rendam bihun dengan air dingin

Proses merendam bihun. (YouTube.com/Devina Hermawan)

Untuk mendapatkan tekstur yang sempurna pada bihun, ada satu tip penting yang perlu kamu lakukan. Kamu perlu merendam bihun dengan air dingin sebelum dimasak. Rendamlah bihun dalam wadah dengan air dingin selama beberapa menit.

Proses ini akan membantu bihun menyerap air dan memastikan bahwa mereka tidak terlalu lembek saat dimasak. Setelah proses perendaman selesai, tiriskan bihun dengan hati-hati. Dengan ini, kamu akan mendapatkan bihun yang memiliki tekstur kenyal.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kroket Bihun yang Enak dan Renyah, Yuk Praktikkan!

2. Rendam ebi dengan air panas

Rendam ebi dengan air panas. (dok. YouTube.com/Devina Hermawan)

Untuk menambahkan cita rasa yang khas pada hidangan ini, salah satu bahan yang sering digunakan adalah ebi atau udang kecil kering. Sebelum digunakan dalam hidangan, ada tips yang penting untuk diikuti. Hal ini akan membuat ebi menjadi lembut dan mudah diolah.

Kamu hanya perlu merendam ebi dengan air panas selama sekitar 10 menit. Pastikan kamu siapkan ebi kering dan letakkan di dalam mangkuk atau wadah yang tahan panas. Panaskan air hingga mendidih, kemudian tuangkan air panas ke atas ebi.

Biarkan ebi terendam dalam air panas selama sekitar 10 menit. Proses perendaman ini akan membuat ebi mengembang dan menjadi lebih lunak. Saat dimasak, ebi akan memiliki tekstur yang pas dan memberikan cita rasa yang enak.

3. Tumis bumbu halus di api sedang kecil

Proses memasak bumbu halus. (YouTube.com/Devina Hermawan)

Tips membuat bihun goreng yang selanjutnya adalah berkaitan dengan penumisan bumbu. Nah, saat menumis bumbu halus untuk bihun goreng putih, penting untuk menjaga suhu api agar tidak terlalu tinggi. Gunakan api sedang kecil saat menumis bumbu halus agar matang secara merata. Hal ini juga agar bumbu tidak cepat gosong.

Mulailah dengan memanaskan wajan dengan api sedang kecil. Setelah wajan cukup panas, tambahkan bumbu halus yang telah disiapkan. Tumis bumbu tersebut dengan menggunakan sendok atau spatula kayu, pastikan untuk terus mengaduk.

Dengan menggunakan api sedang kecil, bumbu akan memiliki waktu yang cukup untuk matang tanpa terburu-buru. Aroma yang dihasilkan pun sedap dan cita rasanya sempurna. Hidangan pun mencapai hasil yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Bihun agar Tidak Mudah Hancur dan Lembek 

Verified Writer

Porcelain

꒰ঌ ig: nndf_prcl ໒꒱

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya