TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mencegah Teflon Terkena Goresan, Perhatikan Cara Penggunaan

Terapkan agar umur simpannya lebih panjang, ya!

ilustrasi wajan anti lengket (pixabay.com/yujun)

Popularitas teflon anti-lengket sebagai alat masak memang tak perlu diragukan lagi. Lapisan anti lengketnya dinilai memudahkan proses memasak karena membuat makanan tak mudah menempel. Dengan begitu, teflon lebih mudah dibersihkan dan kamu bisa mengurangi penggunaan minyak sehingga makanan lebih rendah kalori.

Namun, keunggulan ini bisa dengan mudah hilang jika teflon tak dirawat dengan baik, terutama jika lapisan anti lengketnya terkena goresan. Ini berpotensi menurunkan kualitas masakan dan memperpendek umur penggunaannya. Karena itu, penting untuk memahami cara mencegah teflon terkena goresan agar tetap awet dengan mengikuti tips berikut.

1. Gunakan alat masak dari kayu atau silikon

ilustrasi memasak (pexels.com/RDNE Stock project)

Agar permukaan teflon tidak mudah tergores, hindari menggunakan peralatan masak berbahan logam seperti sendok, spatula, atau garpu. Sebab bahan tersebut cenderung keras sehingga dapat merusak lapisan teflon.

Sebaiknya, pilih alat masak yang terbuat dari bahan kayu, silikon, atau plastik tahan panas. Bahan-bahan ini lebih lembut dan tidak akan menggores permukaan teflon saat kamu memasak atau mengaduk makanan. Dengan begitu, umur pemakaian teflon bisa lebih awet dan tahan lama.

2. Jangan menggunakan kawat besi saat membersihkan teflon

ilustasi mencuci dengan spons lembut (pexels.com/cottonbro studio)

Usai memasak, terkadang ada sisa makanan bandel yang menempel di permukaan teflon. Meski sudah direndam hingga berjam-jam, makanan tersebut tak kunjung hilang. Sebagai solusi instan, banyak orang yang menggunakan kawat besi untuk membersihkannya. Makanan memang hilang, tapi lapisan anti-lengket teflon juga turut terangkat karenanya.

Bahan abrasif seperti ini akan merusak lapisan anti lengket teflon. Karena itu, pilihlah spons lembut atau kain yang halus untuk membersihkan teflon. Pastikan juga untuk tak menggosok permukaan teflon terlalu keras. Tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Kerak Nasi di Rice Cooker, Tanpa Merusak Teflon!

3. Biarkan teflon mendingin sebelum dicuci

ilustrasi mencuci alat masak (pexels.com/MART PRODUCTION)

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah mencuci teflon segera setelah digunakan, ketika masih dalam kondisi panas. Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena perubahan suhu yang ekstrem dari panas ke dingin bisa melemahkan lapisan anti lengket teflon, membuatnya lebih rentan terhadap goresan saat dibersihkan.

Teflon yang panas juga lebih mudah rusak ketika terkena air dingin atau digosok, bahkan dengan spons yang lembut sekalipun. Setelah memasak, biarkan teflon berada pada suhu ruangan selama beberapa menit hingga cukup dingin untuk disentuh. Dengan cara ini, kamu bisa mencucinya dengan aman tanpa khawatir merusak permukaannya. 

4. Hindari memasak dengan api besar

ilustrasi menumis (pexels.com/RDNE Stock project)

Meski teflon dirancang untuk tahan panas, tapi sering menggunakan api yang terlalu besar saat memasak bisa mempercepat kerusakan lapisan anti lengketnya. Paparan panas berlebihan dari waktu ke waktu dapat membuat lapisan pelindung teflon menipis dan menjadi lebih rapuh.

Akibatnya, teflon akan lebih mudah tergores dan tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menjaga teflon tetap awet, masaklah dengan api sedang atau keci. Selain menjaga kualitas lapisan teflon, memasak dengan api sedang juga membantu makanan matang dengan lebih merata dan mengurangi risiko makanan gosong. 

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya