TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Ide Lauk Praktis Buka Puasa dan Sahur, Bisa Disimpan di Kulkas

Beragam jenis lauk enak bisa kamu pilih

ide lauk praktis untuk sahur dan berbuka puasa (pexels.com/Angela Roma)

Saat bulan Ramadan, biasanya para ibu akan disibukkan dengan acara masak memasak. Apalagi saat menjelang buka puasa dan juga sahur.

Ada banyak jenis lauk yang bisa kamu masak terlebih dahulu, lalu simpan dalam kotak. Kemudian, bisa kamu masukkan ke dalam kulkas. Saat akan makan, kamu tinggal menggorengnya saja.

Ada banyak jenisnya, berikut enam ide lauk praktis untuk buka puasa dan sahur yang bisa kamu simpan dalam kulkas. Siap-siap kalap, ya!

1. Tempe ungkep goreng 

tempe ungkep goreng (commons.wikimedia.org/Fido Cahya)

Siapa yang gak tahu masakan satu ini? Tempe satu jenis bahan makanan yang paling gampang ditemukan. Harganya tidak terlalu mahal. Biasanya 1 papan tempe dihargai sekitar Rp2.000 saja.

Potong tempe dengan ukuran sesuai selera, lalu letakkan dalam wajan dan beri 1 bungkus bumbu racik untuk membuat ayam goreng. Beri air secukupnya, lalu ungkep dengan api sedang. Masak hingga airnya menyusut, ya.

Kemudian, kalau sudah matang, ambil kotak dan masukkan tempe yang sudah diungkep satu per satu. Setelah dingin, tutup dan masukkan ke dalam kulkas. Goreng saat akan memakannya.

2. Tahu ungkep goreng 

tahu ungkep goreng (pexels.com/Alesia Kozik)

Sama halnya dengan tempe, tahu juga mengandung protein yang baik untuk kesehatan. Sama- sama terbuat dari kedelai, tahu punya rasa yang tidak kalah lezat dibandingkan dengan tempe. Apalagi dimasak ungkep goreng. Nikmatnya nagih bengat, deh.

Cukup siapkan wajan untuk mengungkep tahu. Beri sebungkus bumbu racik untuk menggoreng ayam. Tuang secukupnya air masak, lalu ungkep dengan api sedang hingga airnya menyusut.

Setelah itu, masukkan ke dalam kotak dan simpan ke dalam kulkas jika sudah matang. Goreng menjelang buka atau sahur, ya!

Baca Juga: Resep Dendeng Ragi, Lauk Nasi yang Enak dan Tahan Lama, Stok Sahur!

3. Perkedel kentang 

perkedel kentang (commons.wikimedia.org/Midori)

Ide lauk praktis buka puasa dan sahur selanjutnya adalah perkedel kentang. Lauk ini bisa kamu simpan dalam kulkas dengan waktu yang cukup lama.

Untuk cara buatnya, kukus terlebih dahulu kentang hingga matang. Kupas kulitnya, lalu hancurkan. Beri garam, bubuk lada, dan irisan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata.

Jika adonan perkedel sudah jadi, siapkan kotak untuk menyimpan. Ambil adonan secukupnya, lalu bulat dan pipihkan.

Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas, goreng jika ingin memakannya. Sebelum menggoreng, celupkan terlebih dahulu ke kocokkan telur, agar tidak hancur saat digoreng.

4. Ayam goreng bumbu racik 

ayam goreng bumbu racik (commons.wikimedia.org/D.W. Fisher-Freberg)

Jika sebelumnya tempe dan tahu, kali ini berbahan dasar daging ayam. Potong ayam sesuai selera, lalu bersihkan hingga bersih. Jika sudha, masukkan ke dalam panci ungkep. Masukkan bumbu racik untuk ayam goreng ke dalam panci tersebut.

Setelah itu, beri air secukupnya dan masak dengan api sedang hingga airnya menyusut. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Setelah dingin, masukkan daging ayam ke dalam kotak untuk disimpan di dalam kulkas.

Nah, saat akan menyantapnya, kamu tinggal menggoreng hingga keemasan. Gampang, kan?

5. Ikan goreng 

ikan goreng (youtube.com/Devina Hermawan)

Bersihkan ikan yang kamu siapkan dengan membuang sisiknya, ya. Kemudian, potong sesuai selera. Letakkan ke dalam mangkuk agak besar. Marinasi terlebih dahulu dengan air jeruk agar tidak amis.

Setelah dimarinasi, cuci kembali kemudian beri bumbu racik. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian, masukkan ke dalam kotak, tutup dan simpan di dalam kulkas. Goreng saat akan menjadikannya lauk makan waktu berbuka puasa atau saat sahur.

Baca Juga: 15 Ide Menu Buka Puasa dan Sahur di Tanggal Tua, Murah Meriah! 

Verified Writer

Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya