TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kaya Rasa, Inilah 6 Hidangan India yang Berbahan Kacang-kacangan

Cocok untuk para vegetarian, nih! 

pani puri (instagram.com/fatmanfilm)

Resep masakan India merupakan salah satu resep masakan di dunia yang sangat kompleks. Hal ini dikarenakan masakan India membutuhkan banyak bumbu berbeda dan banyak waktu persiapan untuk memasak. 

Sebagai salah satu negara dengan jumlah vegetarian terbanyak di dunia, tak heran jika banyak hidangan India yang memang dikhususkan untuk para vegetarian. Beberapa diantara masakannya dibuat dengan bahan utama kacang-kacangan. 

Penasaran apa saja hidangan India yang berbahan kacang-kacangan? Simak terus artikel di bawah ini, ya! 

1. Misal

misal (instagram.com/desi_binge)

Misal adalah hidangan pedas yang sangat populer di Maharashtra, India. Kata "misal" secara harfiah diterjemahkan menjadi "campuran dari segala sesuatu". Karena itulah, bahan untuk memasak hidangan ini sangat bervariasi, tergantung dari  juru masak. 

Kombinasi bahan-bahan membuat misal  yang paling umum adalah dadih, pav, kacang polong atau kacang arab, kentang, bawang, ketumbar, dan tomat. Hidangan ini sebagian besar dimakan untuk sarapan atau sebagai camilan tengah hari. 

2. Sambar

sambar (instagram.com/vegspirationfeed)

Sambar atau sambhar adalah kari berbasis kacang lentil yang dicampur dengan kaldu sayuran berbahan dasar asam. Ini berasal dari Tamil Nadu, tetapi juga sangat populer di Sri Lanka dan di seluruh India Selatan. Hidangan ini secara tradisional disajikan dengan nasi atau berbagai roti pipih India.

Baca Juga: Enak Semua, 9 Makanan Khas India yang Cocok di Lidah Orang Indonesia

3. Pani puri 

pani puri (instagram.com/fatmanfilm)

Pani puri secara harfiah diterjemahkan menjadi "roti air". Ini merupakan makanan jalanan India yang sangat populer, berupa adonan berbentuk bola yang renyah dan berongga yang kemudian diisi dengan beragam isian, salah satunya kacang arab. Setelah diisi, barulah dilanjutkan dengan memasukkan kombinasi air rasa ke dalam rongga nya. 

Di India Utara, pani puri dikenal sebagai golgappa. Kata "gol" mengacu pada kulit yang renyah, dan "gappa" mengacu pada proses makan, karena camilan kecil ini biasanya dimakan satu per satu. 

4. Dal makhani

dal makhani (instagram.com/myadaptedmitchen)

Kata "dal" memiliki arti "lentil" dan "makhani" artinya mentega. Sehingga dal makhani dapat diterjemahkan menjadi "mentega lentil". Hidangan tradisional India yang satu ini menggunakan bahan utama lentil hitam. 

Dal makhani juga disiapkan dengan ghee dalam jumlah besar dan berbagai bumbu seperti bawang putih, jahe dan cabai yang kemudian dimasak perlahan dengan saus berbahan dasar tomat.

5. Khichdi

khichdi (instagram.com/thegourmettherapy)

Kata Khichdi berasal dari kata Sansekerta “Khicca” yang berarti hidangan nasi dan kacang-kacangan. Khichdi juga diucapkan dan ditulis sebagai khichri atau kichuri. Sesuai dengan namanya, ini merupakan hidangan India klasik sederhana yang dibuat dengan nasi dan kacang lentil. 

Dikarenakan khichdi kaya nutrisi dan mudah dicerna, hidangan ini biasanya disajikan ketika seseorang sedang sakit atau pulih dari penyakit. Selain itu, khichdi juga merupakan makanan padat pertama yang dikonsumsi bayi dalam budaya India.

Baca Juga: 6 Makanan Manis dan Jajanan Ala India, Penggemar Bollywood Harus Tau!

Verified Writer

Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya