TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara Lain Menikmati Buah Selain Dijus, Semuanya Enak dan Segar

Biar makin semangat makan buah

ilustrasi puding buah (yummyeasycooking.blogspot.com)

Semua pasti setuju kalau buah menjadi salah satu bahan pangan yang penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan. Salah satunya menjaga daya tahan tubuh dan membuat kulit terlihat cerah.

Selain bisa dikonsumsi langsung setelah dicuci bersih, menikmati buah dengan cara dijus adalah cara favorit lainnya. Namun, supaya punya variasi lain dalam mengonsumsi buah-buahan, cobalah beragam olahan berikut.

Inilah beberapa cara lain untuk menikmati buah selain dijus. Dijamin kamu semakin semangat untuk menikmati buah setiap hari.

1. Dibuat smoothie

ilustrasi smoothie mangga (getinspiredeveryday.com)

Buah-buahan seperti stroberi, pisang, mangga, atau alpukat bakal nikmat banget jika dibuat smoothie. Bahan yang kamu butuhkan hanyalah buah segar tersebut, ditambah dengan yogurt, susu cair, atau es krim.

Campur semua bahan dengan blender sampai benar-benar smooth. Nikmati smoothie buah dingin-dingin, agar rasanya lebih nikmat.

2. Dibuat puding

ilustrasi puding buah (yummyeasycooking.blogspot.com)

Puding kerap menjadi makanan penutup favorit di berbagai macam event. Gak ada salahnya kamu coba membuat puding yang dicampur dengan aneka potongan buah segar. Buah kiwi, anggur, stroberi, mangga, bahkan pepaya bisa banget dijadikan puding.

3. Dibuat salad

ilustrasi salad buah (southernliving.com)

Cara ini pasti gak asing buat kamu. Selain cara membuatnya yang super gampang, kamu bisa mengombinasikan buah-buahan dan sayuran.

Kamu hanya perlu menyiapkan potongan buah segar, lalu campurkan dengan mayones kesukaanmu. Supaya semakin nikmat dan sehat, kamu bisa taburkan parutan keju di salad buahmu. Jangan lupa sajikan dingin-dingin, ya!

Baca Juga: 7 Resep Olahan Pisang Selain Digoreng, dari yang Manis hingga Pedas

4. Direbus

ilustrasi apel rebus (food.com)

Selama ini, kamu mungkin hanya tahu bahwa pisang adalah satu-satunya buah yang bisa direbus atau dikukus. Ternyata, selain pisang, buah-buahan seperti apel, pir, dan jambu biji juga bisa direbus, lho.

Namun, jangan lupa menambahkan bahan-bahan lain, seperti kayu manis dan ekstrak almond, saat merebusnya. Sedangkan untuk menyantapnya, kamu bisa tambahkan yoghurt atau oatmeal. Hmm, cocok nih buat sarapan sehat.

5. Dicampur dengan sereal

ilustrasi sereal buah (healthylunchideas.net)

Cara lain menikmati buah, terutama buat menu sarapan, adalah mencampurnya dengan sereal. Pilihlah buah-buahan seperti anggur, apel, stroberi, atau pisang, kemudian potong dadu atau sesuai selera.

Siapkan sereal favoritmu, lalu beri potongan buah. Kamu bisa campurkan pula granola dan kayu manis bubuk. Terakhir, tuang susu cair segar dan nikmati sereal buah sebagai menu sehat buat sarapan.

6. Dibuat asinan

ilustrasi asinan buah (instagram.com/a_elisacha)

Dibikin asinan adalah cara seru lainnya menikmati buah, khususnya buat kamu pencinta rasa asam pedas. Kamu bisa gunakan beraneka macam buah untuk dibikin asinan. Mulai dari jambu, apel, nanas, timun, bengkuang, salak, pepaya, hingga anggur.

Biar semakin optimal rasa asinannya, jangan lupa taburi kacang tanah goreng. Dijamin kamu bakal sulit berhenti mengunyah saking enak, segar, dan krenyes.

Baca Juga: [QUIZ] Jangan Ngaku Pencinta Buah kalau Gak Bisa Menebak Potongan Gambar Buah Ini!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya