TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Sayur Bening Bayam Terasa Segar, Kesukaan Siapa Nih?

Gunakan bahan-bahan berkualitas

ilustrasi sayur bening bayam (dok. Wikimedia Commons/Midori)

Sayur bayam merupakan makanan berkuah yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini memiliki kuah bening, sehingga mampu memberikan rasa gurih dan kesegaran maksimal. Pembuatannya pun simpel sehingga banyak orang tertarik menjadikannya menu makanan sehari-hari.

Supaya hasilnya semakin istimewa dan enak, jangan lupa untuk menerapkan lima tips memasak sayur bening bayam berikut ini. Yuk, cek sampai tuntas!

1. Pastikan bayam masih segar dan dicuci bersih

ilustrasi daun bayam (unsplash.com/Louis Hansel)

Sebelum mengolah sayur bayam, ada baiknya daun tersebut dibersihkan di air mengalir selama beberapa saat. Hal ini untuk menjaga kualitas bayam supaya tetap dalam kondisi maksimal, terbebas dari kotoran, debu, dan semacamnya.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan sup bayam yang enak dan menyegarkan. Sebab, selain kualitas daun tersebut, kebersihannya pun terjaga. Jadi, hasil dari makanan yang dibuat pun jadi sama-sama meningkat dari sisi rasa dan penampilan.

Baca Juga: 12 Lauk Pendamping Sayur Bening Paling Nikmat, Inspirasi Menu Hari Ini

2. Gunakan bumbu berkualitas

ilustrasi bawang merah (pexels.com/mali maeder)

Sayur bayam merupakan salah satu makanan berkuah dengan bumbu paling simpel. Kamu bisa menyiapkan bawang dan irisan cabai untuk menambah sensasi pedas. Pastikan bahwa bahan yang digunakan juga tidak kalah segar dari daun bayam itu sendiri.

Pemilihan bahan-bahan terbaik akan menghasilkan rasa yang menyegarkan. Bahkan jika komponen bumbu yang digunakan sedikit, tapi rasanya akan tetap lebih segar. Sebab, bahannya berkualitas sehingga rasanya tidak neko-neko, tapi tetap nikmat.

3. Tambahkan isian

ilustrasi jagung (pexels.com/Daniel Dan)

Sayur bayam bisa dibuat polos hanya dengan menyediakan daun bayam itu sendiri. Namun, kamu juga dapat memasukkan bahan tambahan untuk menambah kesegaran terhadap makanan berkuah tersebut.

Selain kerap ditambah potongan jagung, kamu juga bisa memasukkan wortel atau oyong untuk menambah sensasi pada hidangan. Apa pun isiannya, pastikan bahan yang keras dimasukkan terlebih dahulu, agar tidak ada bagian yang overcook ketika dimasak.

4. Pastikan air dalam kondisi mendidih

ilustrasi air mendidih (pixabay.com/Three-shots)

Saat hendak membuat sayur bayam, pastikan bahwa air yang digunakan sudah dididihkan terlebih dahulu. Gunakan api sedang kecil untuk memasak sayur bayam supaya hasilnya maksimal dan menyegarkan.

Menunggu air hingga mendidih fungsinya ialah untuk menjaga kualitas makanan supaya tetap bagus. Setelah air mendidih kamu bisa memasukkan bahan-bahan yang sudah dibersihkan ke dalamnya, sesuai tekstur paling keras hingga yang mudah matang.

Baca Juga: Resep Sayur Bayam Oyong, Kuah Beningnya Menyegarkan Tenggorokan

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya