TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bikin Sop Buah untuk Diet, Tetap Enak dan Segar!

Perhatikan komponen yang digunakan

ilustrasi sop buah (vecteezy.com/dina marlina)

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, ada banyak cara menikmati makanan di sekitar agar lebih ramah bagi pelaku diet.

Sop buah adalah salah satunya, sajian ini sering kali dihindari karena kalorinya cukup tinggi. Bagaimana tidak, ada susu, kental manis, serta aneka isian melimpah yang bikin santapan dijauhi.

Untuk membuat santapan ini ramah untuk menu diet, ada beberapa langkah yang bisa kamu modifikasi pada penganan biar rasanya tetap segar. Yuk, intip sejumlah tips bikin sop buah untuk diet berikut biar makanan kamu jadi semakin berwarna.

1. Gunakan susu atau pengganti yang tepat

ilustrasi botol susu (freepik.com/freepik)

Bahan yang selalu ada dalam sop buah adalah susu, baik susu cair atau kental manis. Sebenarnya, tidak masalah jika harus menggunakan susu full cream asal jumlahnya dibatasi supaya tidak melebihi kebutuhan kalori harianmu. Tapi kalau ingin menu diet, bahan bisa diganti yang lain.

Contoh pengganti susu full cream dalam sop buah adalah susu rendah lemak, susu skim, krimer rendah gula, atau yogurt. Kalau mau pakai yogurt, sebaiknya pilih yang bebas gula dan rasanya tawar biar sop buah diet terasa creamy tetapi kaya manfaat untuk diet.

2. Pilih dengan cermat buah yang dipakai

ilustrasi buah pir segar (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Walaupun buah termasuk bahan yang sering dinikmati sebagai menu diet, tapi kamu juga perlu cermat dalam memilih bahan ini. Sebab setiap buah memiliki indeks glikemik sampai jumlah kalori yang berbeda-beda. Karena itu, kamu perlu pilih buah sesuai kebutuhan.

Melansir Healthline, ada beberapa buah dengan kadar indeks glikemik rendah yang bisa digunakan, misalnya ceri, pir, apel, jeruk, stroberi, sampai anggur. Biar maksimal, pastikan jenis buah yang dipakai adalah buah segar supaya kesegaran dan manfaatnya terjaga.

Baca Juga: 6 Potensi Efek Samping Konsumsi Soda Diet, Jangan Minum Berlebihan!

3. Tambahkan ekstra serat dalam sop buah

ilustrasi biji chia (pixabay.com/Никита Лазоренко)

Untuk menambah ekstra serat dalam sop buah, kamu bisa masukkan sejumlah bahan seperti biji chia, kacang-kacangan, sampai biji-bijian. Bahan tersebut perlu dimasukkan secara terukur supaya rasa sop buah tetap enak tapi manfaatnya lebih kaya.

Penggunaan bahan-bahan sebagai ekstra serat ini akan membantu memenuhi kebutuhan gizi kamu. Melansir Health, keberadaan serat sangat bermanfaat untuk berbagai aspek dalam kesehatan tubuh. Sebut saja mencegah lonjakan gula darah, mendukung kesehatan usus, membantu menurunkan berat badan, dan khasiat lainnya.

4. Hindari pemakaian gula tambahan

ilustrasi gula pasir (pixabay.com/günter)

Kalau dalam pembuatan sop buah biasa, gula yang digunakan sangat melimpah, maka dalam pembuatan sop buah untuk menu diet sebaiknya itu dihindari. Daripada menggunakan gula tambahan, sebaiknya cari buah yang manis supaya lebih alami dan kalori terjaga.

Kalaupun pemanis tambahan sangat diperlukan, lebih baik pertimbangkan pemanis alami seperti stevia atau madu tanpa gula. Tapi, bahan juga harus digunakan secara bijak supaya kalori dalam sop buah tetap terkendali.

5. Hitung kalori bahan dengan cermat

ilustrasi sop buah (pixabay.com/zhaona1206)

Biar gak kecolongan karena merasa bahan-bahan yang dipakai sudah 'sehat', jangan lupa hitung kalori bahan yang digunakan dengan cermat. Cara ini bisa dipermudah dengan pemakaian aplikasi tracking kalori khusus. Jadi kamu ada gambaran berapa jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sop buah.

Pastikan kamu menimbang bahan-bahan dan memasukkan jenisnya dengan tepat supaya perhitungan lebih akurat. Langkah ini cocok sekali bagi kamu yang belum terbiasa dengan perhitungan makanan untuk memenuhi kalori sehari-hari.

Sop buah adalah salah satu makanan yang dikenal tinggi gula dan kalori. Untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, modifikasi sop buah untuk menu diet dengan langkah-langkah di atas supaya tetap bisa menikmati sajian dengan tenang, asal porsinya pun secukupnya dan tidak berlebihan.

Baca Juga: [QUIZ] Berdasarkan Zodiak, Inilah Cara Diet Terbaikmu!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya