TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bikin No Bake Cheesecake Tanpa Enek, Perbanyak Bahan ini!

Kreasikan bersama bahan berbeda rasa

ilustrasi no bake cheesecake (pexels.com/ALINA MATVEYCHEVA)

Sebagai salah satu kudapan yang pamornya sangat tinggi, no bake cheesecake menjadi santapan yang kerap hadir dari dapur ala rumahan. Membuatnya sendiri akan jadi lebih hemat dan puas, karena rasio bahan yang dipakai dapat diatur sesuai selera.

Masalahnya, banyak orang mengeluhkan no bake cheesecake terasa enek karena keju yang melimpah. Tapi tenang saja, kamu bisa bikin makanan tersebut lebih ringan dengan lima tips membuat no bake cheesecake tanpa enek berikut ini.

1. Tambahkan yogurt dalam adonan utama

ilustrasi semangkuk yogurt (pixabay.com/Profet77)

Alih-alih menggunakan seratus persen cream cheese, kamu bisa seimbangkan isian no bake cheesecake memakai yogurt. Bahan tersebut dikenal memiliki rasa asam dan konsistensinya mendekati cream cheese. Jadi kombinasi keduanya akan membuat hidangan lebih menyegarkan.

Jenis yogurt yang bisa dipakai dalam menambah isian cheesecake ini adalah tawar atau Greek yogurt. Rasa asamnya masih cukup menonjol dan akan membuat sensasi cheesecake lebih ringan. Rasionya sendiri dapat disesuaikan berdasarkan selera masing-masing.

2. Gunakan bahan citrus dalam adonan

ilustrasi lemon segar (pixabay.com/Vlad Vulturar)

Bahan citrus bermanfaat untuk meningkatkan aroma dan rasa no bake cheesecake supaya lebih refreshing. Bahan ini juga akan melonggarkan rasa makanan supaya agak asam tapi segar. Dengan begitu, rasa enek cheesecake bakal sedikit berkurang.

Bahan citrus yang dimaksud itu tidak jauh dari pemakaian buah lemon sampai nipis. Baik air ataupun parutan kulit terluarnya (zest), sama-sama bisa meningkatkan kesegaran dalam no bake cheesecake. Hasilnya akan lebih ringan dan bisa dinikmati dengan nyaman.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Brownies Cheesecake, Hasilnya Enak dan Lembut

3. Masukkan saus atau selai buah asam

ilustrasi jar isi selai (pexels.com/Pixabay)

Bila kamu ingin menambahkan rasa lain yang lebih tajam pada adonan no bake cheesecake, dianjurkan menyertakan saus atau selai buah bercita rasa asam. Komponen ini dapat dimasukkan ke dalam adonan cheesecake ataupun ditaruh sebagai topping. Sensasinya jadi lebih nge-blend tapi ringan.

Kamu dapat menggunakan saus atau selai buah strawberry, blueberry, raspberry, lemon, dan lain-lain. Bukan cuma sukses menambah rasa serta kesegaran, bahan itu bakal membuat penampilan no bake cheesecake semakin menarik dipandang.

4. Pilih base yang tak terlalu berat rasanya

ilustrasi biskuit (pixabay.com/Alexander Fox | PlaNet Fox)

Base no bake cheesecake itu rata-rata dibuat pakai biskuit yang dihancurkan. Untuk mengurangi rasa enek, kamu bisa pilih base atau dasar yang rasanya gak terlalu berat. Pilih dari biskuit-biskuit favorit dengan rasa ringan supaya rasanya tidak bikin enek.

Biskuit itu nantinya akan dicampur menggunakan mentega biar gampang memadat. Mentega ini saja bisa menambah rasa berat, jadi paling tepat menggunakan biskuit yang rasanya ringan. Kalau mau, kamu bisa masukkan lemon zest pada adonan base supaya tambah wangi dan refreshing.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya