TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Saus Berbeda Rasa untuk Olahan Ayam Goreng Tepung

Saus segar sampai berempah cocok buat ayam goreng tepung!

ilustrasi ayam goreng dan aneka saus (pixabay.com/2sif Farooqui)

Ayam goreng tepung sering kali jadi lauk pilihan banyak orang karena rasanya enak dan kaya tekstur. Tapi sensasi makanan ini agak kering, jadi diperlukan saus tambahan untuk menjadikannya lebih lembap.

Bukan cuma sambal, aneka saus unik juga jadi pilihan untuk ayam goreng tepung. Sejumlah saus itu dapat dijumpai melalui referensi berikut ini.

1. Saus sambal untuk rasa pedas lebih kaya

ilustrasi saus sambal (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Saus sambal adalah bahan serbaguna yang cocok dipasangkan bersama gorengan. Salah satunya dinikmati bareng ayam goreng tepung. Bahan tersebut memiliki tekstur kental dengan rasa gurih, pedas, dan kadang asam segar, tergantung bahan utama yang digunakan.

Umumnya, saus sambal bisa dijumpai dalam bentuk botolan siap pakai. Tapi kalau mau dibuat sendiri juga bisa, kamu dapat olah dari tomat segar, bawang putih, cabai, dan penyedap untuk memberikan rasa terbaik.

2. Saus mayones untuk sensasi segar dan creamy

mayones dalam wadah kaca (freepik.com/Racool_studio)

Saus mayones pun selalu jadi pelengkap tambahan dalam kreasi gorangan. Dalam hal ini, mayones bisa dijadikan cocolan bagi ayam goreng tepung. Sensasinya creamy tapi tidak pedas, cocok untuk semua kalangan.

Biasanya kombinasi ini juga dapat dimaksimalkan bersama salad sayuran. Menu makan pun jadi lebih kenyang, segar, dan kaya rasa. Mayones bisa digunakan langsung atau diracik dulu pakai tambahan bumbu dan pelengkap lainnya.

Baca Juga: 8 Olahan Ayam Pelengkap Nasi Daun Jeruk, Bikin Kalap!

3. Saus telur asin untuk sensasi gurih dan kental

ilustrasi saus telur asin (pixabay.com/laustkehlet)

Untuk menambah sensasi gurih pada ayam goreng tepung, kamu dapat mengandalkan saus telur asin. Bahan ini lebih kental tapi juga kaya rasa. Bisa langsung dicampur ke ayam goreng tepung sambil dimasak sebentar, lho.

Pembuatan saus telur asin bisa didukung dengan pemakaian kuning telur asin, bawang putih, susu cair, daun kari, serta penyedap rasa. Masak sampai mengental, baru masukkan ayam goreng tepung ke dalamnya supaya lebih gampang menempel ke tepung pelapis.

4. Saus lemon untuk kesegaran maksimal

ilustrasi saus lemon (pixabay.com/Thomas)

Untuk pendamping ayam goreng tepung yang sensasinya asam menyegarkan, kamu bisa pilih saus lemon sebagai pelengkap. Saus ini bisa dicampurkan langsung ke ayam ataupun dijadikan cocolan kaya rasa. Semua bisa disesuaikan berdasarkan kesukaan masing-masing.

Pembuatan saus lemon sendiri bisa berbeda-beda. Tapi cara sederhananya bisa dilakukan dengan menambahkan lemon, madu, gula, sampai air. Jika ingin lebih kental bisa ditambah maizena ataupun custard powder.

5. Saus lada hitam untuk opsi pedas berempah

ilustrasi lada hitam (pexels.com/Victoria Bowers)

Bila ingin memilih pelengkap ayam goreng tepung yang pedas tapi bukan karena cabai, maka bisa pilih saus lada hitam. Bahan ini punya rasa tajam tetapi tidak sampai bikin lidah kepanasan seperti rawit.

Di dalam saus lada hitam ada bawang bombay, bawang putih, saus instan lada hitam, lada hitam bubuk, penyedap, dan bahan tambahan lain. Biasanya saus bisa ditumis bersama daging atau dicampur saat hendak makan biar kegaringan ayam tidak berkurang.

Pilihan saus ayam goreng tepung akan berwarna karena adanya bahan-bahan di atas. Setiap saus punya rasa tersendiri yang cocok dengan ayam goreng tepung. Kalau kamu suka perpaduan mana, nih?

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Bau Amis dan Perpanjang Masa Simpan Ayam Broiler

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya