TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Roti Tawar Kentang yang Empuk, Bahannya Simpel!

Teksturnya lebih fluffy dan kaya

resep roti tawar kentang (vecteezy.com/Natthapon Ngamnithiporn)

Kalau membuat donat kentang sih, sudah biasa. Tapi bagaimana kalau kamu membuat roti tawar kentang? Hidangan ini enak untuk teman sarapan, lho. Keberadaan kentang di dalamnya akan membuat tekstur roti lebih menarik dan kaya. Cocok buat pecinta roti tawar yang lembut nan empuk.

Bahannya bisa dihitung jari tapi sukses menciptakan masakan sedap untuk teman makan sehari-hari. Melansir Preppy Kitchen, yuk, buruan catat apa saja yang diperlukan dalam resep roti tawar kentang berikut ini.

Bahan Roti Tawar Kentang

ilustrasi memotong kentang (pexels.com/cottonbro studio)
  1. 660 gram tepung terigu protein sedang
  2. 225 gram kentang
  3. 50 gram gula pasir
  4. 7 gram ragi instan
  5. 240 ml susu cair
  6. 2 sdt garam
  7. 75 gram mentega atau margarin, suhu ruang
  8. Minyak untuk olesan

Baca Juga: 10 Olahan Pisang untuk Sarapan, dari Pancake hingga Roti

Cara Membuat Roti Tawar Kentang

ilustrasi proses membuat roti kentang (pexels.com/Pixabay)
  1. Pertama, siapkan air dalam panci. Kemudian rebus di api sedang sampai mendidih.
  2. Sambil menunggu, kupas kentang dan cuci bersih. Potong dadu biar cepat matang. Setelah itu tinggal masukkan potongan kentang ke dalam panci berisikan air yang sudah mendidih.
  3. Kalau potongan kentang sudah cukup lembut, matikan kompor. Tiriskan. Sisihkan ½ cup air rebusan kentang untuk membuat adonan roti.
  4. Pindahkan kentang ke dalam wadah, lalu haluskan pakai garpu atau ulekan. Jika ada, bisa pakai potato masher biar benar-benar halus. Kemudian ambil sebanyak satu cup kentang untuk adonan roti.
  5. Siapkan wadah stand mixer atau mangkuk besar—jika menggunakan mixer tangan. Tambahkan 1 cup kentang tumbuk, air rebusan kentang—pastikan sudah hangat bukan panas, gula pasir, ragi, dan susu. Setelah itu campur ringan sampai merata saja.
  6. Masukkan tepung terigu, mentega, dan garam ke dalam adonan, lalu mulai nyalakan mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.
  7. Kalau sudah, ganti paddle mixer pakai dough hook untuk menguleni adonan atau bisa juga diuleni pakai tangan sampai kalis.
  8. Basahi mangkuk adonan tadi pakai minyak dan simpan adonan roti yang sudah dibulatkan ke dalamnya. Istirahatkan selama 45 menit atau sampai mengembang dua kali lipat dalam kondisi tertutup.
  9. Panaskan oven di suhu 350°F atau 176°C.
  10. Kemudian keluarkan adonan dan tekan sampai udaranya keluar. Bagi menjadi dua dengan berat sekitar 700 gram. Beri taburan tepung pada alas kerja dan ratakan satu adonan sampai berbentuk persegi panjang, gulung perlahan sembari dipadatkan, lalu rekatkan bagian yang tidak menyambung dengan cara dicubit-cubit.
  11. Siapkan loyang roti. Olesi pakai sedikit minyak atau margarin. Letakkan adonan roti ke dalam loyang dengan bagian yang tidak menyambung menghadap ke bawah. Tutup loyang pakai serbet dan biarkan mengembang naik selama kurang lebih 20 menit.
  12. Kemudian pindahkan loyang ke dalam panggangan dan masak selama 35—40 menit, atau sampai matang.
  13. Keluarkan roti dari loyang saat kondisinya sudah cukup hangat atau dingin.
  14. Roti tawar kentang pun siap dimakan.

Tips Menyimpan Roti Tawar Kentang

ilustrasi roti tawar kentang (freepik.com/ azerbaijan_stockers)

Menyimpan roti tawar kentang memerlukan cara yang tepat agar tahan lama. Untuk menyimpan roti, kamu bisa menggunakan plastik atau wadah khusus roti. Ia bisa tahan selama kurang lebih 5 hari di suhu ruang. Sedangkan penyimpanan dalam kulkas tidak begitu disarankan karena rentan membuat roti kering.

Kalau ingin disimpan lama, sebaiknya roti dibekukan saja di freezer. Dengan pembekuan ini, makanan tersebut akan bertahan selama kurang lebih 3 bulan lamanya. Kalau hendak dimakan bisa didiamkan di suhu ruang atau langsung dipanggang di atas wajan pakai api kecil.

Membuat roti tawar kentang bisa menambah tekstur dan rasa. Kekenyalan pada setiap potong roti ini akan membuat hidangan terasa spesial, cocok untuk teman sarapan atau makan sehari-hari. Jangan lupa memastikan semua bahan dalam kualitas terbaik agar hasilnya memuaskan.

Baca Juga: Resep Roti Panggang Abon untuk Sarapan Lebih Lezat

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya