TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memasak Bolu Pisang Pakai Rice Cooker

Masak dalam mode cook untuk beberapa kali

ilustrasi bolu pisang (pexels.com/alleksana)

Bolu pisang merupakan makanan yang sangat digemari berbagai kalangan. Maka dari itu, banyak resep dan cara masak yang bertebaran untuk kamu pilih sesuai selera. Di antara metode kukus atau oven yang populer, rupanya makanan ini bisa dibuat pakai rice cooker, lho.

Cara yang menarik diterapkan, terutama jika kamu tidak memiliki peralatan masak lengkap di tempat tinggal saat ini. Langkah yang perlu dilakukan juga tak jauh berbeda dengan proses pembuatan bolu pisang pada umumnya. Agar hidangan tersebut semakin maksimal dan menghindari gagal, kamu dapat menerapkan lima tips memasak bolu pisang pakai rice cooker lewat informasi di bawah ini.

1. Pastikan ukuran rice cooker seimbang dengan adonan

ilustrasi rice cooker (unsplash.com/Zhisheng Deng)

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan dengan benar adalah memperhatikan rasio rice cooker dan adonan. Gunakan rice cooker yang sesuai supaya kue dapat mengembang secara optimal. Bentuknya bagus dan adonan tidak terlalu lama dimasak.

Hindari memasak adonan bolu yang sedikit menggunakan rice cooker besar karena bisa bikin bentuknya jadi tipis. Begitu pun dengan adonan yang terlalu banyak, jangan dimasak sekaligus dalam satu rice cooker. Bagi jadi beberapa tahap biar lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Buah Anggur yang Berkualitas, Pasti Segar!

2. Olesi inner pot memakai margarin dan tepung

ilustrasi produk margarin (pixabay.com/rodeopix)

Sama seperti membuat bolu pisang menggunakan loyang, saat pembuatan kue memakai rice cooker pun kamu perlu menyiapkan cetakan secara optimal. Inner pot atau bagian dalam rice cooker bisa diolesi margarin dan tepung. Tujuannya supaya kue lebih gampang dilepas serta tidak lengket.

Olesi inner pot menggunakan margarin secukupnya, bisa memakai brush khusus atau sesimpel menggunakan ujung jari. Bila sudah cukup rata, masukkan sedikit tepung dan ratakan mulai dari bagian dasar sampai sisi-sisi inner pot. Setelah itu, baru tuangkan adonan dan ratakan biar hasilnya makin memuaskan.

3. Nyalakan mode cook sampai adonan matang

ilustrasi sebuah rice cooker (pixabay.com/bossladyover)

Tak perlu rice cooker dengan berbagai metode memasak untuk membuat kudapan ini. Kamu bisa mengandalkan penanak nasi biasa yang hanya memiliki tombol warm dan cook. Hidangan bisa matang sempurna kalau kamu cermat mengatur proses memasak.

Pertama-tama, pastikan adonan dimasak dengan menyalakan tombol cook. Kemudian jika sudah berpindah ke warm, diamkan dulu sebentar dan nyalakan ulang tombol cook. Cara ini bisa dilakukan berkali-kali sampai kue tersebut matang sempurna.

4. Lakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangan kue

ilustrasi adonan dalam loyang (pixabay.com/Hans)

Cara mengetahui bolu pisang rice cooker ini matang sempurna bisa dicek lewat tes sederhana. Langkah pertama, kamu bisa ambil tusukan bambu yang bersih lalu tusukan di beberapa titik permukaan kue. Jika adonan tidak menempel dan terasa ringan, maka bolu telah matang.

Sementara itu, jika adonan masih basah dan berat, maka kemungkinan besar kue belum matang sempurna. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menutup rapat rice cooker dan nyalakan lagi mode cook sampai kue siap disajikan.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya