TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Memasak Buncis agar Empuk Sempurna

Hasilnya bakal crunchy namun tetap lembut di lidah

ilustrasi olahan kacang buncis (pixabay.com/peiyin yang)

Makanan berwarna kehijauan ini menjadi salah satu sayuran yang kerap dijumpai dalam berbagai macam masakan, seperti olahan serba rebus ataupun tumisan. Buncis memiliki rasa manis yang khas bila diolah dengan baik, tetapi seringkali hidangan tersebut tersaji dalam kondisi mentah atau terlalu matang. Padahal kalau kamu memasaknya dengan tepat, kamu bisa mendapatkan buncis yang lezat seperti warna cerah, terasa lembut namun crispy, dan manis menggugah selera.

Untuk mencapai kelezatan paripurna, maka perlu proses dan langkah memasak buncis agar empuk sempurna, nih. Metode merebus berikut ini dijamin bikin sayuran buncis yang kamu bolah bakal tetap lembut namun crunchy. Yuk, terapkan!

1. Potong buncis dengan panjang sama rata

ilustrasi buncis potong (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Saat membeli buncis, biasanya sayuran ini memiliki panjang yang tidak merata. Bahkan ada yang perbedaannya terlalu signifikan sehingga membuat tampilannya kurang memanjakan mata. Oleh karenanya, buncis harus dipotong supaya tampilannya jadi lebih seragam. Di samping itu, ada manfaat lain yang bisa kamu peroleh ketika memotong buncis sama rata, yaitu membantu mematangkan hidangan tersebut secara serentak dan agar tidak memerlukan waktu memasak yang lama.

Meskipun hal ini tidak secara signifikan mempercepat waktu memasak yang ekstrem, namun nantinya kematangan yang didapat pun jadi lebih merata dan maksimal. Potongan yang digunakan pun bisa beragam sesuai kebutuhan masing-masing, namun pastikan juga untuk memotong bagian ujung-ujung buncis supaya hasilnya jadi lebih baik. Selain itu, jangan lupa mencuci buncis sebelum dimasak agar kotoran yang menempel pada sayuran bisa dibersihkan secara optimal dan menghasilkan santapan lezat dan aman.

Baca Juga: 10 Olahan Buncis Paling Nikmat, Jadi Bikin Pengin Makan Terus

2. Siapkan air dalam panci dengan jumlah agak penuh

air dalam panci (pexels.com/Cats Coming)

Langkah kedua yang harus kamu siapkan untuk memaksimalkan proses memasak buncis biar matang cepat adalah mengisi panci menggunakan air yang cukup banyak. Tetapi di sini perlu digarisbawahi bahwa banyaknya jumlah air yang digunakan harus sebanding dengan buncis yang hendak kamu masak. Perbedaannya jangan sampai terlalu jauh tapi juga jangan terlalu mepet. Buncis harus bisa terendam maksimal oleh air tersebut.

Solusinya adalah masukkan air sedikit lebih banyak dari volume buncis yang hendak kamu masak. Hal ini berguna untuk membantu mematangkan buncis dengan baik, mengingat nantinya air akan menguap dan jumlahnya terus menerus berkurang. Jika kamu memasukkan air dalam jumlah mepet, khawatir nanti akan beberapa bagian buncis yang tidak matang bersamaan. Pilih juga ukuran panci yang tepat biar proses memasak gak terlalu sempit atau lebar, yang mana nantinya ini akan berpengaruh terhadap proses memasak.

3. Masukkan buncis ke dalam air mendidih yang sudah ditambah garam

ilustrasi air mendidih (pixabay.com/Holger Schué)

Dalam proses memasak buncis biar cepat empuk, hal yang harus kamu perhatikan adalah kondisi air. Bahan satu ini mesti dididihkan terlebih dahulu untuk beberapa alasan. Pertama, air mendidih membuat buncis cepat matang sehingga waktu memasak jadi lebih singkat dan efisien. Selain itu, memasak buncis dalam air mendidih juga membantu mempertahankan warna dan nutrisi makanan tersebut sehingga tidak heran kalau buncis akan tampil semakin cerah.

Di samping itu, kamu juga perlu memperhatikan tambahan yang digunakan dalam proses memasak buncis ini, yakni penggunaan garam. Hal itu sangat penting dilakukan untuk membantu memperkaya cita rasa buncis itu sendiri biar semakin lezat. Bahkan garam juga bisa membantu membuat proses memasak lebih optimal sehingga nantinya kamu akan mendapatkan buncis yang empuk, namun tidak lembek, asal waktu memasaknya diperhatikan, ya!

4. Masak buncis selama 2-3 menit saja atau hingga empuk

proses merebus adonan (pexels.com/Yan Krukau)

Kemudian, perhatikan juga lamanya memasak buncis. Proses perbusan menjadi salah satu metode memasak yang cukup rentan untuk buncis. Jika waktunya tidak tepat, maka hidangan ini berpotensi overcooked dan membuat teksturnya hilang dan malah berubah lembek. Di samping itu, jika kamu terlalu dini mengangkat sajian ini, khawatir buncis masih keras dan rasanya belum terbentuk dengan baik. Makanya, waktu memasaknya harus diperhatikan seoptimal mungkin. Melalui Jessica Gavin Culinary Scientist, disebutkan bahwa proses memasak buncis ini bisa berlangsung 2-3 menit saja, lho. Tetapi, kamu juga bisa memperhatikan jumlah buncis yang direbus karena berpotensi bisa menambah waktu memasak jika jumlahnya banyak.

Untuk mendapatkan hidangan yang tepat, kamu bisa mengecek tekstur buncis ketika prakiraan waktu memasaknya sudah habis. Ambil satu potong buncis dan cek dengan cermat, jika buncis ini sudah tender dan warnanya cerah, maka kamu bisa menghentikan proses memasak agar buncis tersebut bisa disajikan dengan tekstur dan rasa terbaiknya. Tapi, jika buncis masih keras disertai sensasi mentah maka kamu perlu menambah waktu memasaknya sebentar lagi agar hasil buncis ini benar-benar pas dan lezat.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya