TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kunci Membuat Sambal Terong Ungu yang Bikin Kalap

Masak terong dengan berbagai teknik

ilustrasi sambal terong ungu (freepik.com/freepik)

Beragamnya jenis sambal yang ada di kuliner Nusantara bikin siapapun tertarik mencicipinya. Sebab sambal menjadi pelengkap nasi putih yang mampu meningkatkan nafsu makan biar makin lahap. Paling enak dikombinasikan bersama lauk makan favorit juga.

Dari macam-macam sambal yang ada, kamu bisa icip sambal terong ungu. Itu membuat lauk makan dan sambal bisa didapat sekaligus. Pembuatannya simpel, asal kamu mengikuti lima kunci membuat sambal terong ungu berikut ini.

1. Takar sendiri rasa pedas yang ingin dicapai

ilustrasi bahan sambal (pixabay.com/jasmanijas)

Dalam proses pembuatan sambal terong ungu, bahan baku yang digunakan berkaitan dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit. Kalaupun ada bumbu tambahan yang ingin kamu masukkan, bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Sesuaikan jumlah bahan berdasarkan rasa pedas yang ingin dicapai. Itu akan membuat santapan jadi makin pedas menggigit dan menggugah selera. Pastikan semua bahan dalam kondisi segar untuk mendapatkan sensasi sambal terbaik dari hidangan ini.

2. Masukkan terasi bakar untuk mendulang aroma

ilustrasi menghaluskan bumbu di dalam cobek (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kunci membuat sambal sedap juga tidak bisa dipisahkan dari pemakaian terasi. Kalau suka, bahan beraroma khas dan gurih ini dapat kamu masukkan ke dalam pembuatan sambal. Dengan demikian, rasanya bakal lebih menggigit dan aromatik.

Biar sambal lebih nikmat, maka kamu bisa membakar terasi terlebih dahulu. Caranya cukup tusuk terasi pilihan dengan tusukan bambu dan masak di atas api kompor sampai keluar aroma harum. Setelah itu, masukkan ke dalam ulekan untuk dihaluskan bersama bahan lain.

Baca Juga: Resep Sambal Terong Lalap Tanpa Minyak, Wajib Coba 

3. Masak terong ungu dengan gaya yang disuka

ilustrasi terong ungu (pixabay.com/Jana)

Terong ungu yang kamu gunakan untuk membuat sambal harus bagus dan segar. Permukaan sayur tidak rusak atau lembek karena akan mempengaruhi rasa. Berikutnya, tentukan cara memasak bahan dengan tekstur yang disuka.

Kamu bisa memotong terong ungu dan digoreng sebentar. Opsi lain adalah dengan cara diiris dan dibakar sampai kecokelatan. Lalu bisa pula dikukus untuk mempertahankan rasa dan aroma aslinya. Proses manapun dapat disesuaikan berdasarkan hasil akhir yang ingin kamu dapatkan.

4. Imbangi rasa sambal pakai gula merah

ilustrasi gula merah (freepik.com/freepik)

Biar tambah nikmat, sambal terong ungu ini juga perlu diimbangi dengan bahan manis. Memang, kamu bisa pilih gula pasir untuk menengahi rasa gurih dan pedas pada hidangan. Tapi bakal semakin optimal kalau pakai gula merah.

Gula merah mempunyai sensasi manis yang lebih legit, itu akan memberikan kompleksitas rasa pada sambal. Selain itu, warnanya yang pekat juga bisa membuat makanan memiliki penampilan menggugah selera. Sedangkan jumlah pemakaian gula bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

5. Bila ingin lebih gurih bisa tambah ikan asin

ilustrasi ikan asin (pixabay.com/Michel Bertolotti)

Ini salah satu cara membuat sambal terong ungu lebih nikmat dijadikan pendamping sekaligus lauk makan untuk nasi hangat, yaitu menambahkan ikan asin. Bahan tersebut akan memberikan rasa dan tekstur lebih nikmat, sehingga saat dimakan bareng nasi malah bisa bikin kalap.

Banyak ikan asin yang bisa kamu masukkan ke dalam sambal terong ungu, contohnya ikan asin jambrong, ikan jengki, ikan bulu ayam, teri, dan sebagainya. Masak ikan asin sampai garing biar tambah nikmat. Tapi kalau pakai ikan asin, maka takaran garam perlu ditinjau ulang supaya sambal tidak terlalu asin.

Sambal terong ungu adalah pelengkap yang sangat nikmat. Bahan ini bikin nafsu makan meningkat walau cuma dimakan bareng nasi putih, tapi untuk hasil lebih lezat maka lima kunci pembuatan sambal terong ungu di atas patut kamu terapkan.

Baca Juga: Resep Omelet Terong Krispi, Unik dan Bikin Nagih!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya