TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan yang Membuat Kue Bolu Berwarna Kuning Memikat

Bisa berasal dari telur hingga labu

ilustrasi kue bolu (pexels.com/Denis Liendo ✅)

Bolu klasik memiliki warna kekuningan yang memikat. Penampilan tersebut membuat kue lebih banyak dilirik dan menambah nafsu makan ketika disantap. Tetapi kadang kala kue malah pucat sehingga kurang menarik saat disajikan.

Biar hasilnya bagus dan warna kuningnya memikat tanpa pewarna, maka perhatikan dulu penggunaan lima bahan berikut ini. Pastikan kualitasnya bagus, ya!

1. Kuning telur

ilustrasi adonan kuning telur (pixabay.com/congerdesign)

Kuning telur adalah bahan yang kerap digunakan dalam beberapa jenis bolu bersamaan dengan telur utuh. Selain itu, kuning telur mampu memberikan kelembutan pada kue sehingga sayang jika bahan tersebut dilewatkan.

Di samping itu, penggunaan kuning telur yang berkualitas akan meningkatkan warna kuning secara alami pada kue bolu. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kue bolu yang moist, empuk, dan lebih mentereng saat disantap.

2. Mentega

ilustrasi mentega (pixabay.com/congerdesign)

Mentega adalah bahan penting dalam pembuatan kue bolu untuk meningkatkan rasa makanan supaya lebih rich dan berkualitas. Pastinya bahan yang dipakai pun harus bagus agar hasilnya maksimal.

Di samping itu, penggunaan mentega berkualitas akan membantu meningkatkan tekstur kue bolu agar lebih lembut dan lembap. Serta mampu mendulang warna kuning yang lebih menarik pada hidangan tersebut.

Baca Juga: 5 Kesalahan Baking Ini Bikin Kue Kempes saat Keluar Oven, Catat!

3. Tepung terigu

ilustrasi bahan tepung terigu (pexels.com/Nicole Michalou)

Tepung terigu adalah bahan utama dalam pembuatan bolu. Selain memberikan tekstur sempurna pada sajian, tepung juga mempengaruhi warna kudapan sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Beberapa tepung terigu dapat menghasilkan warna kekuningan sesuai yang kamu inginkan dan sebagian dapat memberikan warna lebih putih. Penggunaan tepung ini mampu menghasilkan penampilan maksimal agar bolu semakin menarik perhatian.

4. Santan kelapa

ilustrasi santan dan kue (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Santan kelapa adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan beberapa jenis kue untuk meningkatkan rasa dan tekstur makanan. Siapa sangka bahwa bahan tersebut juga mampu memberi warna kekuningan yang menarik hati.

Meski begitu, warnanya akan jauh lebih keluar jika dipakai untuk bolu kukus dan tidak semua jenis bolu bisa memperoleh warna kuning yang terang dari bahan ini. Jadi, pemakaiannya pun harus disesuaikan dengan jenis kudapan yang hendak kamu buat.

Baca Juga: 5 Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda, Jangan Salah Lagi

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya