TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Membuat Kue ala Rumahan agar Tidak Terlalu Manis  

Kurangi pemakaian gula pasir!

ilustrasi kue potong (pixabay.com/Vivian Vivian)

Kebanyakan kue memang terkenal akan rasanya yang sangat manis. Namun toleransi rasa manis setiap orang bisa berbeda-beda, sehingga untuk menyesuaikannya kamu dapat membuat kue sendiri di rumah.

Cara mengolah aneka kue ala rumahan agar tidak terlalu manis itu bisa diintip melalui lima cara berikut ini. Setiap kue akan memiliki rasa yang nyaman di mulut dan sesuai selera!

1. Pilih resep dengan jumlah gula lebih sedikit

ilustrasi gula pasir (pexels.com/Mark Youso)

Langkah membuat kue agar rasanya tidak terlalu manis bisa dimulai dengan memilih resep yang tepat. Kamu bisa gunakan resep kue dengan jumlah gula sedikit atau bisa diatur sesuai selera. Resep juga bisa dicari melalui buku ataupun internet.

Kalau bingung mencari resep yang pas, kamu bisa menambahkan keyword "less sugar" di internet. Simak resep dengan seksama untuk mengetahui gambaran rasa manis yang bakal didapat dari makanan tersebut. Dengan begitu, kue buatanmu jadi lebih nyaman dimakan.

Baca Juga: Resep Martabak Sosis untuk Camilan Akhir Pekan

2. Tambahkan bahan yang punya rasa pahit

ilustrasi bubuk matcha (pexels.com/Monstera Production)

Cara mengurangi sensasi manis berlebihan dalam kue bisa disiasati dengan menambahkan bahan pahit dalam adonan. Dengan kombinasi yang pas, kamu akan mendapatkan kue yang ringan rasa manisnya. Lebih nyaman di mulut dan bisa meminimalkan sakit gigi bagi beberapa orang yang sensitif manis.

Beberapa bahan pahit yang akrab dalam pembuatan macam-macam kue adalah kopi bubuk, cokelat bubuk, sampai matcha bubuk. Pastikan bahan yang digunakan tidak memiliki kandungan gula tambahan supaya lebih optimal. Kemudian bahan masukan secukupnya saja supaya kue tidak terlampau pahit.

3. Ganti sebagian gula pakai bahan alami

ilustrasi buah segar (pexels.com/Casa Norte)

Sebagian gula dapat diganti menggunakan bahan manis alami supaya rasanya jadi lebih unik dan ringan. Tentunya kalau mau menambahkan bahan seperti ini, perhitungan dengan bahan lain harus diseimbangkan supaya pembuatan kue berhasil.

Contoh olahan yang bisa membuat kue tetap manis tapi tidak giung adalah stevia, madu, jus atau puree buah sampai selai bebas gula. Sedangkan jika bahan berbentuk bahan segar dan utuh, bisa berasal dari wortel, ubi, apel, dan masih banyak lagi. Setiap bahan akan mempengaruhi konsistensi dan rasa adonan, jadi bijaklah dalam memakainya.

4. Pertimbangkan pemakaian bahan asam

ilustrasi buah-buahan citrus (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Selain bahan pahit, kamu juga bisa mempertimbangkan pemakaian bahan asam dalam pembuatan kue agar tidak terlalu manis. Bahan ini punya kemampuan meringankan rasa manis dan menambah sensasi segar pada makanan. Namun, bahan asam juga perlu diperhatikan jumlahnya supaya tidak terlalu mendominasi.

Bahan asam tersebut bisa didapat dari lemon, nipis, jeruk, sour cream, yogurt, dan lain-lain. Untuk beberapa komponen, selain dimasukkan ke dalam adonan utama juga bisa dijadikan topping. Dengan demikian, sensasi kue yang kamu makan jadi lebih segar tapi tetap menggugah selera.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya