TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kreasi Tempe Kukus yang Menggoda, Irit Minyak Goreng, deh!

Sajian bisa disantap sebagai lauk makan sehari-hari, lho

ilustrasi ragam olahan tempe kukus (pixabay.com/kengkreingkrai)

Tempe adalah makanan kaya protein yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Makanan ini senantiasa diolah sebagai lauk goreng, dengan tambahan garam yang membuatnya terasa semakin umami.

Walau begitu, bukan berarti tempe tidak bisa diolah dengan metode lain. Justru, sajian ini tak akan kalah nikmat ketika dimasak melalui proses pengukusan, seperti lima hidangan berikut. Irit minyak goreng, deh!

1. Tempe kukus bumbu

ilustrasi tempe kukus bumbu (pixabay.com/Shourav Sheikh)

Tempe akan jadi terasa lebih nikmat ketika dimasak bersama macam-macam bumbu dapur. Itu dilakukan untuk menambah rasa, terhadap sajian fermentasi yang terkenal memiliki tekstur lembut ini.

Misalnya bumbu dasar dari bawang-bawangan dan cabai rawit. Nantinya bumbu itu bisa dimasukkan ke dalam tempe. Kemudian tambahkan juga bahan-bahan yang kamu ingini, contohnya daging atau sayuran, sebelum dikukus selama beberapa saat.

Baca Juga: 5 Resep Makanan yang Bisa Dimasak tanpa Minyak Goreng

2. Pepes tempe

ilustrasi pepes tempe (Yummy/Rayna Kitchen)

Bicara soal masakan serba kukus, menjadikan pepes tempe sebagai alternatif lauk makan adalah salah satu cara yang bisa bikin porsi makan jadi nambah. Sebab santapan ini tak kalah enak dengan versi ikan atau daging ayam, lho.

Bumbu-bumbu dari bawang-bawangan, cabai, sampai kemiri menjadi wajib untuk nantinya dicampur bersama tempe yang sudah dilumatkan. Kemudian bila ingin makin enak, sisipkan juga daun kemangi agar aromanya tambah sedap saat matang.

3. Sambal tempe kukus

ilustrasi sambal tempe kukus (Yummy/Heny Rosita)

Sebagai orang yang tidak bisa dijauhkan dari sambal, berikut ini ternyata ada lho makanan serba kukus dari tempe yang mampu diolah menjadi sambal nikmat, dan bikin siapapun terkesima karena teksturnya yang unik.

Proses pembuatan sajian ini pun jauh lebih gampang, karena kamu tinggal mengukus tempe tanpa tambahan bumbu apapun. Lalu siapkan adonan sambal di dalam cobek, seperti bawang, cabai, dan perasa. Letakkan tempe dan geprek.

4. Tempe kukus sosis

ilustrasi tempe kukus sosis (Yummy/Dapur Nisa)

Kalau yang satu ini, santapan juga tidak kalah gurih dan sukses bikin kenyang, lantaran bahan-bahan yang dipakai cukup banyak. Makanan bisa pula disajikan bersama sambal kesukaan, biar ada sensasi pedas yang bikin ketagihan.

Isiannya dapat disusun atas tempe, potongan sosis, sampai penggunaan kacang polong. Jangan lupa menambahkan bumbu halus sebelum dikukus, agar santapan ini jadi semakin enak dan juga memiliki cita rasa yang lebih pekat.

Baca Juga: 7 Lauk Kukus Khas Indonesia Ini Cocok untuk Diet Makanan Berminyak

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya