TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kreasi Makanan dari Susu Bubuk yang Sukses Bikin Ngiler

Cocok untuk dijadikan penambah rasa yang memanjakan lidah

ilustrasi sajian makanan dari susu bubuk (pexels.com/Skyler Ewing)

Susu bubuk umumnya cuma diolah menjadi minuman saja. Akan tetapi, dengan ragam kreativitas menarik, ternyata susu bubuk pun bisa dijadikan salah satu komposisi untuk menunjang pembuatan aneka santapan sedap, lho!

Bahkan, terdapat aneka macam kudapan yang lebih nikmat ketika disajikan menggunakan susu bubuk tersebut. Lima di antaranya telah dirangkum dalam daftar berikut untuk membuat kamu menambah inspirasi masakan terbaru.

Simak sederet kreasinya di bawah ini, ya! 

1. Kulit lumpia susu bubuk 

ilustrasi kulit lumpia susu bubuk (pixabay.com/LuAnn Hunt)

Kulit lumpia adalah bahan masak siap pakai yang sangat populer di Indonesia. Kulit ini dijual bebas di pasaran. Biasanya, kulit lumpia dimanfaatkan sebagai pembungkus untuk aneka sajian tertentu. Namun, , ternyata kulit lumpia pun bisa digoreng untuk dijadikan keripik, lho.

Keripik tersebut dapat disajikan sebagai olahan manis maupun asin. Namun, jika kamu memilih sajian manis, tinggal campurkan gula dan susu bubuk untuk nantinya dimasukkan ke dalam olahan keripik yang sudah matang.

Baca Juga: 5 Olahan Puding Susu Favorit, Ada Rasa Oreo Sampai Jahe!

2. Pancake susu bubuk 

ilustrasi pancake susu bubuk (pixabay.com/RitaE)

Susu bubuk punya rasa yang tidak kalah tajam dibandingkan dengan aneka jenis susu lain. Hal ini membuat susu bubuk juga cocok untuk dimasukkan ke dalam adonan pancake sehingga menu sarapan tersebut terasa makin nikmat dengan sensasi rasa susu yang pekat.

Untuk bisa membuat olahan pancake susu, pertama-tama bahan yang perlu disiapkan adalah terigu, telur, mentega, bubuk pengembang, pemanis, vanila, dan jangan lupa, susu bubuk. Masak pancake dan taburi ekstra susu untuk menghasilkan perpaduan yang lebih enak.

3. Cookies susu bubuk 

ilustrasi cookies susu bubuk (pixabay.com/gate74)

Sebagai pencinta aneka kue kering, belum lengkap rasanya bila tak membuat kukis berbahan dasar susu bubuk. Rasa kudapan ini sama juara dengan yang lain, terlebih karena proses pembuatannya pun juga tergolong gampang untuk disontek.

Penggunaan susu bubuk dapat dicampur bersama tepung terigu, keju parut, gula halus, mentega, maizena, kuning telur, dan vanila. Setelah kudapan dipanggang, kamu bisa mencampur gula bubuk dan susu untuk dijadikan taburan yang lezat.

4. Kacang lapis susu bubuk 

ilustrasi kacang lapis susu bubuk (pixabay.com/Bernadette Wurzinger)

Mengolah kacang sendiri di rumah memang memberikan kamu kebebasan untuk menambah aneka perasa ke dalam hidangan. Ini bisa juga berlaku untuk susu bubuk. Bukan hanya karamel yang buat kacang jadi enak, nyatanya susu bubuk pun mampu bikin kacang tambah sedap.

Macam-macam kacang yang bisa digunakan pun tidak terbatas. Kamu bisa menggunakan almond, walnut, mede, dan lain-lain. Panggang kacang sampai matang, lalu balurkan ke dalam susu bubuk sampai seluruh permukaannya tertutupi dengan sempurna.

Baca Juga: 5 Jenis Susu Vegan yang Bisa Dicoba untukmu yang Alergi Susu Sapi

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya