TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kegunaan Lemon dalam Baking, Kue Jadi Naik Level!

Lemon bisa mempengaruhi aroma dan rasa kue

ilustrasi kegunaan lemon dalam baking (unsplash.com/matthew6910)

Lemon terkenal sebagai salah satu buah penting yang sering digunakan dalam proses baking. Buah ini punya macam-macam manfaat yang akan memberi perbedaan signifikan pada kue. Entah itu dari sisi rasa sampai penampilannya.

Kalau kamu belum terbiasa dalam pemakaian buah citrus tersebut, sebaiknya kenalan dulu bagaimana cara menggunakan lemon dalam proses membuat kue atau baking. Lima kegunaan lemon itu dapat dijumpai di sini agar kue semakin berkarakter dan nikmat.

1. Memberikan aroma

ilustrasi lemon zest (pixabay.com/sergei akulich)

Sebagai buah yang memiliki aroma menyengat, tidak heran jika kelebihan itu dimanfaatkan untuk memberi keharuman pada kue. Kamu bisa langsung mengenali wangi lemon pada suatu makanan dan membuatnya jadi lebih nikmat. Tahu kah bagian apa saja yang digunakan untuk mendulang aroma itu?

Perasan air lemon bisa memberikan aroma citrus untuk macam-macam kue. Tapi, perpaduan aromanya akan semakin mentereng jika dipadukan bersama lemon zest. Ini adalah kulit terluar lemon yang akan diparut dan dimasukkan ke dalam adonan supaya makin harum.

2. Menambahkan keseimbangan rasa

ilustrasi buah lemon (pexels.com/Pixabay)

Lemon kerap disertakan untuk memberikan rasa yang enak dan refreshing. Bahan ini sering dimanfaatkan untuk mengimbangi rasa kudapan agar tidak terlalu manis. Dengan demikian, rasa kue jadi lebih nikmat disertai sensasi menyegarkan.

Untuk menyeimbangkan rasa kudapan dalam baking, biasanya bahan yang dipakai adalah air perasan lemon. Jumlahnya harus ditakar secara bijak agar tidak overpowering dan menutupi bahan lain yang digunakan dalam resep. Wangi dan rasa kue pun jadi lebih enak.

Baca Juga: 6 Alat Baking yang Wajib Dimiliki Pemula, Bisa Bikin Beragam Kue! 

3. Menstabilkan adonan putih telur

ilustrasi adonan putih telur (pixabay.com/Stefan Schweihofer)

Dalam baking, ada banyak teknik mencampur adonan yang bisa diterapkan. Salah satunya memisahkan adonan putih dan kuning telur untuk mencapai kue dengan tekstur ringan serta halus. Dalam hal ini, lemon bisa membantu menstabilkan adonan agar tekstur itu tercapai.

Perasan air lemon dapat dimasukkan secukupnya ke dalam adonan putih telur yang biasa disebut meringue. Keberadaan bahan asam ini akan membuat adonan stabil dan mengembang secara optimal. Bahkan, pemakaian air lemon juga bisa menutupi aroma amis telur supaya kue lebih refreshing.

4. Sebagai topping atau dekorasi kue

ilustrasi lemon cake (unsplash.com/pure julia)

Lemon juga memiliki kegunaan untuk memberi sentuhan visual menarik pada kue. Tak heran bahan ini akan dijumpai sebagai topping atau dekorasi kue. Selain menunjukan rasa makanan, juga bisa bikin penampilan kue semakin cantik.

Lemon yang biasa digunakan dalam topping atau dekorasi kue dapat berupa irisan segar, lemon zest, lemon candied, atau diolah kembali menjadi icing dan glaze. Penambahan ekstra lemon dalam dekorasi ini juga sekaligus bisa meningkatkan aroma kue, lho.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya