TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Isian Risol Jadul yang Ngangenin, Enaknya Berkesan!  

Sebagian malah lebih ekonomis, lho

ilustrasi kulit risol mayo anti robek (pixabay.com/gian yasa)

Saat ini kamu bisa dengan mudah menjumpai risol yang memiliki macam-macam isian kekinian. Tapi, risol isian jadul selalu memiliki tempat tersendiri karena kombinasi rasanya yang sangat khas dan enak. Bahkan beberapa di antaranya terhitung lebih ekonomis, lho.

Bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan isian dimaksud, ada lima isian jadul risol yang ngangenin di bawah ini. Semua itu telah dirangkum lewat informasi berikut!

1. Risol isi bihun

ilustrasi tumis bihun (pexels.com/Eaksit Sangdee)

Bihun menjadi salah satu isian risol yang cukup diminati. Bagaimana tidak, dari sebuah keping mi yang kering bisa mengembang sangat banyak dan mampu memenuhi isian risol. Biasanya makanan ini lebih sering disebut risol kampung.

Selain risol dengan tepung panir, isi bihun biasanya lebih akrab dengan risol berkulit renyah yang disebut risol kampung. Nantinya, mi bihun yang sudah diseduh bisa ditumis bersama bawang putih, cabai rawit, dan bumbu penyedap supaya rasanya semakin gurih.

2. Risol isi kentang dan wortel

ilustrasi tumis kentang dan wortel (pixabay.com/nudnik)

Bicara soal isian paling legendaris, tampaknya kentang dan wortel masih cukup akrab. Kedua bahan ini bisa bikin risol jadi lebih enak, lembut, dan gurih. Lebih-lebih lagi kalau dimakan bersama rawit utuh, makin enak, deh!

Baik kentang maupun wortel perlu dipotong dadu menjadi cukup kecil supaya cepat lunak saat ditumis. Diperlukan bumbu penyedap untuk memberikan rasa terbaik dari dua sayuran ini. Walaupun terhitung ekonomis, tapi soal rasa boleh diadu, deh.

Baca Juga: 5 Alasan Sepele Risol Buatanmu Cepat Basi

3. Risol isi bakso dan sayur

ilustrasi bakso (freepik.com/jcomp)

Untuk isian jadul kali ini, rasa yang ditonjolkan bukan cuma berasal dari sayur-mayur. Melainkan dapat pula ditambah dengan potongan bakso. Irisan bahan tersebut akan menambah nuansa daging yang gurih tapi masih ekonomis.

Di sisi lain, bakso yang hendak dipakai pun hanya perlu kamu iris kecil-kecil. Sementara sayurannya bisa dipilih sesuai selera. Boleh berupa kentang dan wortel, kentang saja, ditambah pakai jagung, dan beragam kreasi unik lainnya biar sedap.

4. Risol isi kol dan wortel

ilustrasi minyak dan sayuran (pixabay.com/VLADISLAV)

Masih seputar sayuran, kali ini risol dapat diisi menggunakan kol dan wortel. Kombinasi ini cenderung lebih sederhana tapi tetap menggugah selera. Cocok untuk kamu yang ingin memanfaatkan bahan simpel di dapur.

Kol dan wortel perlu diserut tipis-tipis kemudian ditumis dengan tambahan daun bawang, penyedap rasa, dan cabai bila diperlukan. Perpaduan ini akan mengingatkanmu dengan risol jadul yang ada di kantin sekolah. Bisa dimakan dengan rawit utuh atau sambal kacang.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya