TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ciri Donat Siap Digoreng, Jangan Sampai Overproofing!

Proses proofing bergantung pada suhu dapurmu, lho

ilustrasi donat (pexels.com/Natasha Filippovskaya)

Donat merupakan salah satu makanan yang terlihat simpel tapi punya segudang kerentanan. Salah-salah, donat bisa kempis, bantat, dan mengalami kerugian lain jika tidak dibuat dengan cermat.

Kunci pembuatan donat selain pada konsistensi kalis elastis juga terletak pada waktu proofing. Sebenarnya, seseorang belum tentu bisa mengikuti waktu proofing suatu resep sama persis, karena ada perbedaan suhu dapur dan kelembapan.

Jadi, kamu harus pintar-pintar mengetahui kapan donat dapat ditangani. Supaya tidak bingung, di bawah ini ada lima ciri donat siap digoreng biar hasilnya bagus dan empuk.

1. Adonan donat mengembang dua kali lipat

ilustrasi mencetak donat (vecteezy.com/Jozef Jankola)

Salah satu ciri umum kalau adonan donat siap digoreng dapat dilihat dari ukuran. Bila adonan donat sudah mengembang lebih besar sekitar dua kali lipat, ini menunjukkan bahwa bahan tersebut siap digoreng. Waktunya bisa sangat beragam, tergantung suhu di dapur.

Bila adonan tidak juga mengembang maka kemungkinan lingkungan terlalu dingin hingga membuat proses pengembangan lebih lamban. Bahkan bisa pula dikarenakan oleh kualitas ragi yang tidak mampu bekerja dengan baik. Jadi, perhatikan kondisi ragi agar masih hidup sebelum kamu campur ke mangkuk adonan.

2. Permukaan donat menjadi halus

ilustrasi adonan donat (pexels.com/Skitterphoto)

Permukaan donat yang telah berubah menjadi halus juga bisa menunjukan bahwa adonan ini siap digoreng. Permukaan donat yang sudah difermentasi dengan baik biasanya cenderung lebih smooth dan berbeda daripada di awal.

Untuk mengenali tanda ini kamu juga perlu memadukannya bersama ciri-ciri lain, seperti adonan yang mulai mengembang dan warnanya jadi lebih khas. Biar tandanya semakin jelas, pastikan adonan tidak di-proofing terlalu dekat satu sama lain.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Gula Menempel Maksimal pada Donat

3. Berat adonan sudah mulai ringan dan empuk

ilustrasi adonan donat (freepik.com/freepik)

Kalau kamu merasakan adonan donat sudah mulai ringan, maka ini juga dapat dijadikan tanda bahwa ia sudah siap digoreng. Donat yang awal dibentuk biasanya punya berat yang lebih terasa. Tapi jika proofing berhasil maka semakin lama donat akan menjadi ringan.

Donat yang sudah siap digoreng biasanya akan memiliki konsistensi cukup empuk dan elastis. Kalau adonan masih agak berat, berarti kamu perlu menambah waktu proofing supaya donat ini benar-benar siap masak.

4. Saat ditekan bentuknya kembali seperti semula

ilustrasi tangan menyentuh adonan (pexels.com/juliane sanchez)

Kamu juga bisa melakukan tes sederhana untuk mengetahui apakah adonan donat siap digoreng atau belum. Caranya dengan menekan ujung jari ke permukaan adonan. Bila lekukan yang kamu buat perlahan-lahan terisi dan kembali seperti semula, maka donat sudah siap goreng.

Namun jika adonan yang ditekan meninggalkan lekukan dan tidak kembali seperti semula, ada dua kemungkinan. Pertama, waktu proofing belum tuntas dan adonan perlu kamu istirahatkan kembali sampai menjadi ringan dan elastis. Sedangkan kemungkinan kedua, donat sudah overproofing.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya