TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Bedanya Baking Soda dan Baking Powder? Ini Penjelasannya! 

Cara mengaktifkan keduanya juga berbeda

ilustrasi perbedaan baking soda dan baking powder (pixabay.com/zwei chen)

Di dunia kuliner, baking powder dan baking soda sudah sangat populer. Kedua bahan ini sama-sama digunakan sebagai pengembang (leavening agent) untuk pembuatan berbagai makanan, khususnya kue.

Meski secara penampilan keduanya sangat mirip, tetapi banyak perbedaan yang ada pada kedua bahan tersebut. Penjelasan perbedaan baking soda dan baking powder bisa kamu simak di sini!

1. Kandungan baking soda vs baking powder

ilustrasi baking powder (pixabay.com/Azzaryiatul Amar)

Baking soda (soda kue) adalah bahan yang digunakan untuk membantu proses mengembangnya suatu adonan. Kandungan di dalam bubuk putih ini terdiri dari natrium bikarbonat. Selain itu, sifat dari baking soda ini ialah basa.

Sementara itu, baking powder juga memiliki kandungan natrium bikarbonat. Namun, itu bukan satu-satunya komposisi seperti pada soda kue. Sering kali baking powder dilengkapi dengan macam-macam komponen, misalnya, krim tartar dan lainnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Baking Soda, Bersihkan Dapur hingga Kamar Mandi

2. Aktivasi baking soda vs baking powder

ilustrasi bahan-bahan kering (pexels.com/Nicole Michalou)

Cara aktivasi baking soda sedikit berbeda dengan baking powder. Biasanya, pemakaian baking soda (soda kue) akan terasa lebih maksimal jika dipertemukan dengan adonan yang ditambah bahan asam, seperti buttermilk, air lemon, dan bahan sejenis.

Sedangkan baking powder tidak bekerja demikian. Bahan tersebut tetap mampu bekerja maksimal meskipun tidak ada tambahan komponen asam di dalam suatu resep. Sebab, di dalam kandungan baking powder sudah ada asam tersendiri, sehingga tidak perlu ditambah secara terpisah.

3. Ketahanan adonan baking soda vs baking powder

ilustrasi adonan kue (unsplash.com/Kisoulou)

Efek penggunaan baking soda serta baking powder berbeda, terutama jika masing-masing dipakai secara terpisah. Pemakaian baking soda pada suatu resep mengharuskan adonan tersebut agar segera dimasak supaya tidak menurunkan kualitas mengembangnya. Jika dibiarkan berlama-lama, adonan mengandung baking soda bisa bantat.

Sedangkan jika ingin menunggu selama beberapa waktu sebelum adonan diolah, maka dianjurkan memakai baking powder. Sebab, bahan ini mampu memberi hasil mengembang yang baik meskipun adonan dibiarkan selama beberapa waktu sebelum dimasak.

Baca Juga: 10 Bahan Pengganti Baking Powder untuk Mengembangkan Kue, Praktis!

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya