TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Rekomendasi Kopitiam di Purwokerto, Cocok untuk Spot Sarapan

Spot sarapan dan nongkrong

Kopitiam Rasa Baru (instagram.com/kopitiam_rasabaru)

Akhir-akhir ini, konsep kopitiam sedang banyak diminati. Terdapat beberapa konsep kopitiam yang sedang menjamur seperti kopitiam yang fokus pada menu autentik dan ada juga yang mencampur sentuhan modern agar lebih bervariasi. 

Kopitiam memiliki arti kopi dan tiam yang dalam bahasa China berarti toko atau warung. Sebagian besar kopitiam tersebar di kawasan Pecinan yang merupakan tempat tinggal para keturunan China. Kopitiam menawarkan racikan tradisional menggunakan teko dengan saringan untuk menyisihkan ampasnya, sedangkan coffee shop lebih modern. 

Bagi para penikmat kopi klasik, ada empat rekomendasi kopitiam di Purwokerto yang lekat dengan budaya China dan Melayu. Tak hanya menawarkan tempat yang bernuansa vintage, tapi juga sangat cocok untuk spot sarapan. Yuk, simak informasi lengkapnya!

1. Warkop Mampir Ngopi

Warkop Mampir Ngopi (instagram.com/referensini)

Rekomendasi kopitiam pertama di Purwokerto yakni Warkop Mampir Ngopi. Warkop Mampir Ngopi merupakan kedai kopi khas pontianak pertama di Purwokerto dengan konsep kopitiam yang menawarkan menu makanan dan minuman ala pontianak dengan peralatan khas asli dari pontianak yang diilhami dari owner yang sempat tinggal lama di Pontianak.

Menu andalan dari Warkop Mampir Ngopi meliputi aneka mie goreng dan rebus, aneka nasi dan lauk, roti srikaya, roti bakar srikaya, pisang goreng srikaya, pisang gula aren, es kopi copan, es kopi melon, kopi saring, es kopi susu gula aren, kopi tubruk, dimsum. 

Harga menu makanan dan minuman di Warkop Mampir Ngopi sangat terjangkau. Aneka minuman dari Rp3 ribu-Rp17 ribu, aneka nasi dan lauk dari Rp8 ribu-Rp17 ribu, mie dari Rp7 ribu-Rp17 ribu, aneka makanan ringan dari Rp7 ribu-Rp17 ribu.

Lokasi : di Jl. BP Pereng Ruko Perhutani No 3 & 4, Purwokerto (Dekat Alun-alun Purwokerto) Jawa Tengah. 

Waktu operasional : Buka 24 jam

2. Kopitiam Rasa Baru

Kopitiam Rasa Baru (instagram.com/kopitiam_rasabaru)

Kopitiam kedua di Purwokerto yakni Kopitiam Rasa Baru. Kedai ini masih terbilang baru dan memiliki nuansa kental khas kopitiam dengan warna merah dan hijau. Kalian dapat memilih berbagai tempat duduk yang tentunya dengan konsep yang open kitchen dan open bar juga sehingga kalian dapat melihat proses memasak dan membuat minuman juga.  

Menu andalan dari Kopitiam Rasa Baru meliputi kopi kosong, teh tarik bakar, cokelat melayu, kopi o, kopi butter, teh o peng, aneka dimsum, roti kaya raya, roti coklat bubuk, pot mie kwa laksa, pot mie kwa yogya, nasi goreng rasa baru. 

Harga menu makanan dan minuman di Kopitiam Rasa Baru cukup terjangkau. Aneka makanan dari Rp27 ribu-Rp33 ribu, aneka kudapan dari Rp3 ribu-Rp21 ribu, aneka minuman dari Rp8 ribu-Rp27 ribu.

Lokasi : Jl. Jend. Sudirman No.699, Purwokerto Wetan, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Deket Inul Vista) 

Waktu operasional : 06.30-22.30 WIB

Baca Juga: Rekomendasi Kopitiam 24 Jam di Surabaya

3. Rumah The Shia

Rumah The Shia (instagram.com/referensini)

Rumah The Shia menjadi rekomendasi kopitiam ketiga di Purwokerto. Kedai ini memiliki area indoor non AC dan semi outdoor dengan nuansa retro vintage paduan warna hijau putih dan merah yang menjadikannya salah satu resto chinese food paling aestetik di Purwokerto. 

Sajian menu khas peranakan yang didominasi kwetiau dan nasi goreng. Keunikannya lagi terdapat minuman legend seperti limun oriental dan cap badak yang mulai langka namun dengan harga yang affordable. Menu andalan meliputi kopi butter, es limun, nasi goreng mamak Singapore, kwetiau moonlight, kwetiau ala Medan, bakmi djadoel ayam panggang, dimsum mentai, kaya toast, cheese brulle toast, cap badak.

Harga cukup terjangkau untuk sekelas restoran yang terletak di salah satu hotel paling tua di Purwokerto. Harga makanan dimulai dari Rp17 ribu, kudapan mulai dari Rp18 ribu, minuman mulai dari Rp8 ribu.

Lokasi : Jl. Jend. Sudirman No.732, Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (di area Hotel Besar Purwokerto)

Waktu operasional : Buka 24 jam

4. Kedai Kopi Oh Purwokerto

Kedai Kopi Oh Purwokerto (instagram.com/kedaikopioh)

Kedai Kopi Oh menjadi salah satu rekomendasi kopitiam di Purwokerto yang telah buka di beberapa kota di Indonesia. Kedai ini memiliki seating area yang banyak dan dilengkapi ruang ber AC maupun smoking area. Setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu terdapat live music. Mengusung konsep open kitchen sama seperti kopitiam pada umumnya. 

Dari semua kopitiam yang lain, kedai kopi oh memiliki menu paling variatif. Menu andalan meliputi teh tarik, nasi lemak rendang, jus kedondong, laksa bihun nyonya, kwetiau goreng, sirkaya toast, telur setengah matang, ramen.

Harga aneka mie dan nasi berkisar dari Rp10 ribu-Rp40 ribu, roti dan gorengan dimulai dari Rp5 ribu-Rp35 ribu, kopi dan minuman Rp14 ribu-Rp30 ribu. 

Lokasi : Jalan HR Bunyamin No.677, Dukuhbandong, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 

Waktu operasional : 07.00-21.00 WIB

Kedai kopi dengan nuansa vintage dapat menjadi pilihan untuk nongkrong dan menyediakan berbagai varian menu yang cocok untuk kalian sarapan.

Baca Juga: Resep Butter Toast ala Kopitiam sebagai Menu Sarapan

Verified Writer

Indraswari Pikatan

Ibu rumah tangga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya