TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Restoran Thailand Halal di Jakarta, Muslim Friendly!

Ada Sanuk Thai Boat Noodle milik Chef Jesselyn

potret hidangan di Jittlada (instagram.com/jittladarestaurant)

Siapa nih yang doyan masakan Thailand? Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang secara kultur gak jauh berbeda dengan Indonesia, kuliner Thailand menunya rata-rata cocok di lidah masyarakat Indonesia. Pun untuk menemukan restoran Thailand di Jakarta, tidak terlalu sulit.

Rasa asin, manis, asam, dan pedas yang biasa ada pada masakan Thailand sering bikin kita jadi ketagihan. Buat kamu yang suka kuliner Thailand, berikut deretan restoran Thailand di Jakarta yang menggunakan bahan-bahan halal. Jadi, gak perlu khawatir, ya!

1. Santhai

potret hidangan di Santhai (instagram.com/santhai.id)

Restoran Thailand di Kokas ini menyajikan masakan Thailand dengan versi kekinian, baik dalam presentasi maupun rasa. Tempatnya pun menarik, cukup eye catching. Oke banget buat foto-foto. Masakan di restoran yang punya beberapa cabang di Jakarta ini gak ada yang gagal. Semuanya enak, dan pastinya no pork dan no lard.

Modern Thai cuisine yang ditawarkan cukup banyak. Ke Thai resto harus pesan tom yum seafood. Disajikan hangat, kuahnya berasa rempahnya. Jangan lewatkan kelezatan salad pepaya khas Thailand yang disajikan dengan telur asin dengan tingkat kematangan egg yolk yang sempurna. Spring roll udang ayamnya disusun cantik di tangga kayu.

Minumnya sudah pasti Thai tea. Manisnya pas, gak bikin enek dengan after taste pahit.

Alamat: Kota Kasablanka, Lantai Lower Ground, Jalan Casablanca Raya Nomor 88, Tebet, Jakarta Selatan.

Jam operasional:
• Senin-Sabtu: pukul 11.00 - 22.00 WIB.
• Minggu: pukul 09.00 - 22.00 WIB.

Telepon: (021) 29465137.

Harga: mulai dari Rp 35.000.

2. Chao Phraya

potret hidangan di Chao Phraya (instagram.com/chaophraya.id)

Makan di Chao Phraya, sudah tidak perlu lagi diragukan kelezatannya. Bahkan, restoran Thailand halal ini sudah di-approve oleh pemerintah Thailand untuk keotentikan cita rasanya. Kualitas rasanya terjaga dengan pemilihan bahan dan bumbu yang terbaik. Tempatnya sangat nyaman dengan vibes mewah dan intimate. Bikin pengalaman bersantapmu jadi mengesankan. Pelayanannya pun cepat dan ramah.

Makanan memang keluarnya agak lama, hal ini karena makanannya fresh, dibuat satu per satu. Menu basic yang paling sering dipesan adalah tom yam. Kuahnya berani. Asam pedasnya persis yang ada di Bangkok.

Mango sticky rice atau ketan mangganya enak. Mangganya manis, diiris tipis. Ketannya empuk, pulen. Coconut cream -nya gurih. Balance dengan manisnya mangga dan gurihnya ketan.

Alamat: Jalan Wijaya IX Nomor 16,  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jam operasional: setiap hari, pukul 11.00 - 22.00 WIB.

Telepon: (021) 39731351.

Harga: mulai dari Rp 55.000.

Baca Juga: 5 Fakta Som Tam, Salad Pepaya Thailand yang Segar dan Pecah di Mulut

3. Thai Street

potret hidangan di Thai Street (instagram.com/thaistreet.id)

Mau makanThai cuisine? Datang saja ke Thai Street, yang salah satu gerainya ada di Plaza Senayan. Ruangannya tidak terlalu besar, tapi interiornya unik dan vibes -nya nyaman. Restoran Thailand ini menyajikan masakan otentik Thailand dengan bahan-bahan terbaik yang cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Kamu bisa mendapatkan experience koki meramu masakan, karena dapurnya open kitchen.

Seporsi tom yam seafood isinya cukup banyak. Bisa buat sharing berdua. Rasa asam pedasnya pas. Kalau tidak suka pedas, ada tom kha. Kuahnya putih susu, rasanya rempah banget. Ada aroma wangi dari serehnya. Ayamnya juga lembut.

Hidangan Thai lainnya ada Thai grilled beef salad, crispy papaya salad, Thai chicken green curry, fish with sam rod dan lainnya. Cobain juga singkong Thailand (casava with coconut puree) dan mango black sticky rice.

Alamat: Plaza Senayan, Lantai Lower Ground, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00 - 22.00 WIB.

Telepon: (021) 29678326.

Harga: mulai dari Rp 30.000.

4. Jittlada Thai Cuisine

potret hidangan di Jittlada (instagram.com/jittladarestaurant)

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Grand Indo, bisa mampir ke Jittlada Thai Cuisine yang ada di lantai 3. Restoran Thailand halal yang sudah berdiri sejak 1998 ini interiornya berkesan mewah, bernuansa Thai. Ambience -nya cozy diiringi alunan musik khas Thailand. Pelayanannya ramah dan tanggap.

Di sini kamu bisa pesan menu ikonik khas Thailand seperti tom yam goong, basil chicken, pandan chicken, pad thai, dan tom kha gai.

Kuah tom yamnya segar. Asam pedasnya nendang, bikin melek mata. Ayam pandannya wangi, kulitnya renyah. Daging ayamnya juicy, bumbunya menyerap. Nasi goreng nanasnya porsinya cukup besar, cocok untuk 2-3 orang. Rasanya gurih dan ada aroma manis dari nanasnya. Mango salad -nya kaya rasa. Ada asam, pedas, manis dan gurih dari potongan mangga, sayuran, cabai, perasan jeruk nipis, dan kacang mede. Jangan lewatkan durian sticky rice -nya ya!

Alamat: Grand Indonesia Mall, Lantai 3A, Sky Bridge, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00 - 22.00 WIB.

Telepon: (021) 23580573.

Harga: mulai dari Rp 50.000.

5. Sanuk Thai Boat Noodle

potret hidangan di Sanuk Thai Boat Noodle (instagram.com/sanuk.thainoodle

Sudah cobain Thai boat noodle yang sampai sekarang antriannya masih panjang? Diresmikan pada bulan Februari 2024 lalu, tempat makan yang konsepnya mengadopsi dari Thailand ini langsung viral. Pasalnya, restoran yang khusus menyajikan Thai boat noodle ini pemiliknya adalah Jesselyn Lauwreen, pemenang Master Chef Indonesia season 8. Tempatnya tidak begitu luas dan belum ada cabang. Karena banyak peminatnya, maka terjadilah antrian. Tapi pelayanannya cepat dan cekatan.

Kalau makan di sini cocok buat kamu yang sekadar ingin icip-icip, karena jangan kaget dengan porsinya yang terbilang sedikit, meskipun mangkoknya besar. Pilihan menunya gak banyak. Best seller -nya adalah beef Thai boat noodle. Kuahnya rich dan gurih, berasa rebusan daging. Konon, kuahnya dimasak dengan metode khusus dan lama. Tom yam ada varian soup dan dry. Side dish yang bisa dipesan ada cakwe, steamed bread, fried shu may, dan seafood tofu.

Alamat: Rukan Golf Island, Blok L Nomor 19, Jalan Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00 - 22.00 WIB.

Telepon: 0822-2111-0219.

Harga: mulai dari Rp 15.000.

Kuliner Thailand dengan cita rasanya yang khas, mampu membuat lidah orang Indonesia bergoyang. Kalau kamu lagi rindu makanan Thailand, boleh coba salah satu dari kelima restoran Thailand di atas. Biar aman, reservasi dulu ya sebelum datang.

Baca Juga: 5 Perbedaan Tom Yam dan Tom Kha, Sup Tradisional Khas Thailand

Verified Writer

Malika Nabilla Larasati

The more you write, the more knowledge you get

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya