TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Misoa Enak di Jakarta, Ada yang Pakai Claypot

Kamu sudah pernah coba misoa tahu telur asin?

Kiong Hee Misua (instagram.com/kionghee.misua)

Misua atau misoa adalah mi khas budaya Tionghoa yang melambangkan panjang umur. Misoa berbeda dengan bihun ataupun soun. Tekstur misoa lebih lembut karena terbuat dari tepung terigu, warna putihnya pun beda, tidak transparan seperti pada bihun atau soun.

Cara masak misoa tak jauh berbeda dengan soun dan bihun, yakni dengan cara direndam dalam air panas. Tapi cukup sebentar saja karena misoa lebih cepat matang. Buat kamu pencinta misoa, berikut sudah di list tempat makan yang menjual misoa enak di Jakarta. Kuah kaldunya bikin nagih.

1. Kiong Hee Misua

Kiong Hee Misua (instagram.com/kionghee.misua)

Cari restoran yang khusus menjual misoa? Di daerah Serpong ada Kiong Hee Misua, rumah makan yang spesialisasinya adalah misua babi. Tempatnya tidak terlalu besar, tapi ada dua lantai. Misoanya ada yang tipe kuah dan digoreng. Untuk misoa kuah kaldu babi dengan babi cincang dan telur, kuahnya bening tapi ngaldu banget. Misoanya pas, gak benyek.

Misoa yang pakai kuah susu, rasanya cenderung lebih manis. Misoa kuah kaldu babi dengan samcan slice berisi potongan daging samcan, telur rebus dan sayuran. Kuahnya cukup rich, tapi gak sampai yang bikin enek. Yang kuah kari, ada hint pedas, potongan wortel dan kentang ala kari.

Kalau mau yang klasik, pesan saja misoa kuah kaldu dengan oyong dan telur orak arik. Misoa versi goreng dengan telur dan lapchiong (sosis babi), misoanya empuk meski sudah digoreng. Lapciong -nya fresh dan crunchy. Yang unik, ada perkedel misoa. Mau tahu rasanya? Cus mampir!

Alamat: Ruko South Goldfinch Blok A Nomor 26, Jalan Spring Boulevard, Gading Serpong, Tangerang

Jam operasional: setiap hari, pukul 08.00 - 00.30 WIB

Telepon: 0851-5682-2190

Harga: mulai dari Rp 25.000

2. Misoa Utama

Misoa Utama (instagram.com/misoautama)

Pengin makan yang hangat-hangat? Di Blok M Square, di dalam pujaseranya di lantai basement ada Misoa Utama. Kedainya berseberangan dengan Bakmie Piring yang viral itu. Jadi, kalau lagi ramai antrian di Bakmi Piring, nyebrang saja ke Misoa Utama. Di sini pelayanannya cepat dan mas-mas pelayannya juga ramah. Menu misoanya ada yang ayam saja dan dengan tambahan telur.

Misoanya dimasak dengan suhu dan waktu yang tepat sehingga tekstur misoanya pas. Kuahnya rasanya ringan dan hangat. Di meja disediakan beragam kondimen yang bebas diambil. Ada bawang putih goreng, bawang merah goreng, daun bawang, jeruk limau, saos sambal, dan kecap asin rawit. Selain misoa, ada juga bihun kari ayam dan mi kari ayam.

Alamat: Blok M Square, Pujasera Lantai Basement Blok HKS Nomor 37, Jalan Melawai 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00 - 18.30 WIB

Telepon: 0878-3851-6337

Harga: mulai dari Rp 20.000

Baca Juga: 4 Tips Memasak Misoa agar Tidak Hancur, Pemula Wajib Tahu!

3. Talenta Bar

potret misoa ayam di Talenta Bar (instagram.com/talentabar)

Di dalam Fresh Market Bintaro ada yang jual misoa ayam dan bakpao jumbo enak. Nama kedainya Talenta Bar. Tempat makan ini selalu ramai, terutama saat pagi hari. Semua menu di sini no pork no lard. Kamu bisa melihat langsung proses merebus misoa sampai meracik kaldunya karena konsep dapurnya open kitchen. Misoa baru akan dimasak ketika ada pesanan.

Semangkuk misoa ayam ini sangat sederhana saja. Hanya terdiri dari misoa, potongan daging ayam, jamur shitake, dan bisa ditambah telur rebus. Lalu disiram kuah kaldu. Tekstur misoanya halus, tidak kelembekan. Kuahnya gurih, brothy, dan sedikit kental. Daging ayamnya sudah dibumbui.

Panasnya cukup awet karena mangkoknya terbuat dari stainless steel ala ramen Korea. Jangan lupa tambahkan bawang goreng, daun bawang, potongan cabai, dan kecap asin. Mantap!

Alamat: Fresh Market Emerald Bintaro, Jalan Boulevard Bintaro, Tangerang

Jam operasional: setiap hari 07.30 - 15.30 WIB

Telepon: 0813-8653-5511

Harga: mulai dari Rp 38.000

4. Claypot Popo

potret misoa tahu telur asin di Claypot Popo (instagram.com/claypotpopogading)

Pernah makan misoa yang disuguhkan di claypot? Ya, mana lagi kalau bukan di Claypot Popo. Rumah makan claypot yang banyak digandrungi kawula muda ini gerainya sudah ada di 3 lokasi di Jakarta, salah satunya di Kelapa Gading. Tempatnya luas, ada area semi outdoor di bagian samping. Interiornya bernuansa jadul, jadi berasa seperti makan di rumah nenek. Semua menu di sini no pork no lard.

Menu andalannya adalah claypot misoa tahu telur asin. Misoanya lembut. Tahu telur asinnya gurih, gak bikin enek. Kuah kaldunya yang kental diaduk dengan telur mentah, perfect banget buat teman makan pas cuaca dingin. Potongan ayamnya gak pelit, wortel dan jagungnya fresh dan manis. Pakai minyak cabai, rasanya makin mengangkat. Cobain juga claypot misoa gorengnya, ya!

Alamat: Jalan Sumagung 3 Nomor 1 Blok S1(belakang Klinik Medikarya),  Kelapa Gading, Jakarta Utara

Jam operasional: setiap hari, pukul 11.00 - 21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp 25.000

5. Bubur Ayam 68 Botak

potret hidangan misoa di Bubur Ayam 68 Botak (instagram.com/ayocicip)

Pagi-pagi mau sarapan misoa? Cus melipir ke Pasar Muara Karang. Ada misua enak di Bubur Ayam 68 Botak. Lokasinya ada di bagian paling depan, di area kantin merah. Di sini kamu bisa makan misoa telur daging babi pagi-pagi karena mereka sudah buka dari jam 6 pagi. Porsinya banyak, bisa untuk sharing.

Seporsi misoa isinya luar biasa komplet. Ada bakso babi, hati, ginjal, darah, telur dan sayur. Aroma minyak wijennya wangi banget. Simple but tasty. Comfort food banget, di perut jadi hangat. Sambal dan kecap asinnya bikin cita rasanya makin keluar. Yuk, sarapan misoa di sini!

Alamat: Jalan Niaga Blok 4Z Selatan Nomor 33 - 35, Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara

Jam operasional: setiap hari, pukul 06.00 -11.00 WIB

Telepon: 0813-8281-6883

Harga: mulai dari Rp 38.000

Misoa yang disajikan dalam kondisi hangat bersama kuah gurih berkaldu memang paling nikmat. Jadi, kesukaaanmu misoa yang mana nih?

Baca Juga: 5 Makanan Pontianak di Krendang Jakarta Barat, Ada Ce Hun Tiau Viral

Verified Writer

Malika Nabilla Larasati

The more you write, the more knowledge you get

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya