TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kedai Ce Hun Tiau di Jakarta, Dessert Unik Khas Pontianak yang Segar

Pencinta dessert harus cobain, nih!

potret hidangan ce hun tiau di Susu Tahu by Wendy (instagram.com/suhu_idn)

Pernah dengar minuman bernama ce hun tiau? Meski memakai bahasa Mandarin, tapi dessert khas Pontianak ini termasuk kuliner halal yang bisa disantap oleh semua kalangan. Ce hun tiau adalah sajian dessert berwarna putih yang terbuat dari tepung sagu dengan bentuk memanjang seperti mi.

Seporsi ce hun tiau ini berisikan bongko pandan hijau, ketan hitam, kacang merah, cincau, dan ce hun tiau. Isian tersebut lalu disiram kuah santan, gula merah cair dan es batu. Makin menyegarkan disantap saat siang hari yang panas.

Di Jakarta juga ada lho yang jual ce hun tiau. Mau tahu dimana saja lokasinya? Baca sampai habis artikel ini, ya!

1. Susu Tahu by Wendy

potret hidangan ce hun tiau di Susu Tahu by Wendy (instagram.com/suhu_idn)

Di daerah Krendang, ada Boboho yang jual ce hun tiau? Sudah pada tahu belum nih, belakangan banyak berseliweran di media sosial yang me-review tempat satu ini. Daerah Krendang memang banyak ditemukan kuliner Pontianak, salah satunya adalah Susu Tahu by Wendy yang populer dengan ce hun tiau-nya. Kedai ini sudah eksis sejak tahun 1997. Lokasinya berada di sebelah Nasi Kari Akiat.

Dengan memakai resep asli warisan keluarga turun temurun di Pontianak, tak heran kalau tempat ini antriannya ramai sekali menjelang malam. Ce hun tiau di sini isiannya lengkap dan berlimpah. Seporsinya terdiri dari bongko hijau, ce hun tiau, cincau, kacang merah, ketan hitam, siraman santan serta gula merah cair. Porsian ini bisa untuk sharing 2-3 orang.

Asli nyegerin banget, manisnya pas dari gula jawa. Minuman Pontianak lainnya ada kembang tahu, es susu kacang, dan es sonkit. Cobain juga bubur gunting atau lek tau suan yang isinya kacang hijau kupas yang dimasak dalam kuah kental dan di atasnya diberikan potongan cakwe goreng. Kalau mau ke sini, siap-siap antri, ya.

Alamat: Jalan Krendang Raya, Jembatan Lima, Jakarta Barat.

Jam operasional: setiap hari, pukul 17.00 - 23.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp20.000.

2. Bakso Ikan Asli Alie

potret hidangan ce hun tiau di Bakso Ikan Asli Alie (instagram.com/baksoikanasli.alie)

Buat kamu yang berdomisili di Sunter pasti sudah tak asing lagi dengan Bakso Ikan Asli Alie. Meski tempatnya di ruko kecil dan agak masuk gang, namun tetap saja ramai pembeli.

Tempat makan satu ini memang sudah tersohor dengan olahan bakso ikannya yang full ikan dan sudah tersertifikasi halal. Bakso ikan buatan rumah makan khas Pontianak ini dibuat secara homemade, jadi bebas pengawet.

Puas menyantap bakso ikannya, makin sempurna ditutup dengan dessert ce hun tiau. Dijamin nyegerin banget. Isiannya juga banyak. Mulai dari ce hun tiau, kue jongkong hijau yang wangi pandan dan kacang merah. Disiram dengan kuah santannya yang gurih manis, bikin nikmat di hari yang panas. Mau coba dessert Ponti yang lain? Silakan nikmati gui ling gao atau minuman turtle jelly.

Alamat: Jalan Agung Niaga III Nomor 11, Sunter Agung, Jakarta Utara.

Jam operasional:
• Senin-Sabtu: pukul 07.00 - 14.00 WIB.
• Minggu: tutup.

Telepon: (021) 6401187.

Harga: mulai dari Rp30.000.

Baca Juga: 7 Tempat Sarapan di Pontianak yang Bikin Pelanggannya Rela Antre

3. Ahaw Jajanan Pontianak

potret hidangan ce hun tiau di Ahaw Jajanan Pontianak (instagram.com/ahaw.jajananpontianak)

Cuaca lagi panas-panasnya, pengin makan yg dingin? Mampir saja ke Ahaw Jajanan Pontianak yang salah satu outletnya ada di Pantjoran PIK. Sajian dessert ce hun tiau-nya akan melepas semua rasa dahaga kamu. Belum lagi aneka jajanan khas Pontianaknya seperti cha ko kue, chai kue goreng, dan kaloci. Dijamin bakal mengobati rasa rindu dan bikin nostalgia tanpa harus jauh-jauh terbang ke Pontianak.

Seporsi ce hun tiau versi komplit terdiri dari ce hun tiau, kacang merah, cendol, taro balls, kacang hijau, ketan hitam, bongko pandan hijau, cincau hitam, dan bubur jali mutiara. Kalau lihat porsinya, bisa untuk 3 sampai 4 orang. Bongkonya sendiri mirip kue lapis tapi lebih padat. Bongko ini terbuat dari tepung hunkwe. Jangan lewatkan juga tau suan-nya, ya!

Alamat: Pantjoran PIK Extension, Jalan Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00 - 22.00 WIB.

Telepon: 0877-8787-8898.

Harga: mulai dari Rp40.000.

Verified Writer

Malika Nabilla Larasati

The more you write, the more knowledge you get

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya