TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kedai Bakmi Enak Non-Halal di Jelambar, Toppingnya Bikin Kalap!

Pencinta bakmi non-halal harus coba!

Bakmi Belawan Amin (instagram.com/bakmiebelawanamin)

Di Indonesia, mi adalah salah satu kuliner yang paling banyak penggemarnya. Gak heran kalau penjual mi mudah sekali ditemukan di tiap sudut kota. Kawasan Jelambar, Jakarta Barat merupakan salah satu surganya tempat makan bakmi enak. Kebanyakan yang dijual adalah bakmi non-halal, mulai dari bakmi Pontianak, Bangka, hingga Medan.

Buat kamu yang sedang mencari bakmi non-halal enak di Jelambar-Jakarta Barat, simak habis ulasan berikut ini ya. Topping -nya menggoda banget, lho.

1. Bakmi Singkawang Ashin

Bakmi Singkawang Ashin (instagram.com/bakmi_ashin)

Cari bakmi non-halal enak di Jelambar? Mampir saja ke Bakmi Singkawang Ashin yang sudah ada sejak tahun 2010. Kedainya tidak terlalu besar, namun cukup bersih dan nyaman untuk makan di tempat. Tipe bakminya keriting dan kenyal, khas Singkawang. Topping -nya banyak dengan potongan daging yang tebal.

Seporsi bakmi isinya ada bakso ikan, pangsit, babi merah, babi cincang, tauge, daun bawang dan kerupuk kulit babi yang garing. Minya sudah ada rasa gurih. Kuahnya terasa kaldunya. Ciri khas bakmi Singkawang yang tak terlewatkan adalah, ada rasa sedikit asam, jadi gak afdol kalau gak pakai cuka sedikit. Makin mantap ditambah sambal rawitnya, bikin kaya rasa.

Minumnya yang menyegarkan ada es jeruk sonkit dan es susu kacang. Selain bakmi, di sini juga tersedia kwetiaw, bihun, locupan, nasi goreng dan bubur. Kuliner Singkawang lainnya ada roti srikaya dan rujak buah Singkawang.

Alamat: Jelambar Jaya 3 Nomor 9, Jakarta Barat

Jam operasional: setiap hari, pukul 08.00 - 21.00 WIB

Telepon: 0812-8369-7176

Harga: mulai dari Rp 32.000

2. Bakmi Kalimantan Achun

Bakmi Kalimantan Achun (instagram.com/ykusnio)

Puluhan tahun berdagang di daerah Jelambar, Bakmi Kalimantan Achun sudah tersohor di kalangan penggemar bakmi non-halal. Tempatnya bersih dengan ruangan ber-AC. Kalau mau makan di sini, harus sabar antri karena banyak yang menggemari bakmi legend satu ini. Bakmi di sini bertekstur halus dan gak seret.

Seperti pada bakmi khas Kalimantan lainnya, bakminya ada rasa sedikit asam dari lemon cui sebagai bumbu olahan. Topping -nya ada yang pakai babi dan sapi. Isian komplet daging babi terdiri dari daging babi merah, daging babi kecap, bakso, tahu baso, kerupuk kulit babi serta tidak ketinggalan hekeng. Kuahnya cukup gurih dan nikmat, baik yang kaldu sapi maupun babi.

Sementara yang topping sapi ada daging sapi, babat, dan urat yang empuk. Tersedia sop sapi juga di sini. Jangan lupa pesan tahu pongnya juga. Minumnya sudah pasti es jeruk khas Kalimantan yang asam dan sedikit asin. Segar!

Alamat: Jalan Jelambar Utama IV Nomor 62, Grogol petamburan, Jakarta Barat

Jam operasional: setiap hari, pukul 08.30 - 14.00 WIB

Telepon: 0812-8348-139

Harga: mulai dari Rp 30.000

Baca Juga: Resep Bakmi Goreng Babi khas Medan, Bumbunya Gurih dan Harum

3. Bakmi Belawan Amin

Bakmi Belawan Amin (instagram.com/bakmiebelawanamin)

Satu lagi bakmi legendaris di Jelambar. Kali ini adalah bakmi Medan yang sudah eksis sejak tahun 1995.

Bakmi Belawan Amin masih konsisten dengan rasanya yang khas Medan. Bakminya ada tiga jenis, yakni mi halus, mi lebar dan kwetiaw. Bakmi halusnya kenyal garing. Kwetiawnya tipis, kenyalnya pas. Bakminya wangi dengan topping ayam suir rebus, babi merah, kekian goreng, sayur caisim, tauge serta taburan daun bawang.

Babi merahnya irisannya cukup tebal. Bumbunya meresap sempurna. Terasa gurih manisnya. Pangsit rebusnya lembut, isian dagingnya cukup padat. Bakso gorengnya juga enak. Isinya padat, dagingnya berasa dan gurih. Makin nikmat disantap dengan sambal acar rawitnya. Minumannya ada cincau yang disajikan dalam botol.

Alamat: Jalan Seni Budaya Raya Nomor 2, Jelambar, Jakarta Barat

Jam operasional: setiap hari, pukul 06.00 - 20.30 WIB

Telepon: 0896-1517-9502

Harga: mulai dari Rp 40.000

4. Bakmi Bangka 21

Bakmi Bangka 21 (instagram.com/bakmibangka21)

Kangen bakmi Bangka? Yuk, mampir ke Bakmi Bangka 21. Kedai bakmi Bangka satu ini selalu ramai, terutama pagi dan saat jam makan siang. Lokasinya ada di pinggir jalan kecil, di sebuah ruko yang tidak begitu besar. Ruangannya tidak ada AC. Cara penyajiannya mirip seperti di Bangka, yakni menggunakan piring. Tekstur minya kecil, keriting, dan gak lembek.

Topping -nya daging cincang kecap yang memakai kecap Gajah, khas Sungailiat. Rasanya manis gurih. Minya bisa ditambahkan perasan jeruk sonkit, biar rasa asam segarnya keluar. Ditambah irisan cabai rawit biar makin sedap.

Ada fukian yaitu otak-otak berlapis kulit kembang tahu yang disajikan dengan kuah dan sayur. Makanan khas Bangka lainnya ada tahu kok (bakso ikan dengan tahu), songsui (daging, ati, kulit, perut babi), pempek Bangka, kue khas Bangka dan kerupuk Bangka.

Alamat: Jalan Hadiah Ujung Nomor 4 (samping rel kereta api), Jelambar, Jakarta Barat

Jam operasional: setiap hari, pukul 07.00 - 15.00 WIB

Telepon: 0813-8645-1900

Harga: mulai dari Rp 30.000

Verified Writer

Malika Nabilla Larasati

The more you write, the more knowledge you get

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya