TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Nasi Uduk Legendaris di Jakarta, Menu Sederhana Rasa Luar Biasa! 

Jelajah menu kuliner warisan Nusantara yang satu ini, yuk!

potret hidangan Nasi Uduk Sidar (instagram.com/nasduksidar)

Nasi uduk merupakan sebuah kuliner sederhana dimana semua kalangan bisa menikmatinya. Rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau membuat orang selalu lahap menyantap kuliner yang satu ini.

Nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan serta dibumbui rempah ini merupakan sajian kuliner yang paling mudah ditemukan di Jakarta. Buat kamu pecinta nasi uduk, ini dia nasi uduk legendaris di Jakarta yang siap membuat lidah kamu bergoyang.

Yuk, disimak!

1. Nasi Uduk Ibu Sidar 

potret hidangan Nasi Uduk Ibu Sidar (instagram.com/nasduksidar)

Letaknya memang di gang sempit, tapi warung nasi uduk sederhana yang mulai berjualan sejak tahun 2000 ini dalam waktu 3 jam saja sudah ludes, lho! Selain rasa menu masakannya yang juara banget, ragam menunya juga tidak membosankan karena berganti-ganti setiap harinya.

Ada ayam serundeng, tempe orek, perkedel, kentang balado, telor rendang, dan lainnya. Yang paling favorit di sini, kamu wajib pesan bakwan udang dan semur jengkol! Jangan lupa juga pakai ekstra sambal bawang biar makin mantap. Dijamin maknyuss!

Ada lagi nih yang paling spesial, cumi goreng asin sambal gandaria. Tapi khusus menu yang satu ini harus dipesan dulu, ya! Supaya saat kamu datang menunya masih komplit, usahakan datang 30 menit sebelum buka, ya!

Alamat: Jl. Palmerah Utara IV No.15 (sebelah pom bensin palmerah utara)
Jam operasional:

  • Senin-Jumat Pk 15.30-21.00 WIB
  • Sabtu tutup
  • Minggu Pk 05.30-09.00 WIB

Harga: mulai dari Rp10 ribu

Baca Juga: Cerita Nena Penjual Nasi Uduk 'Banting Setir' Jual Donat Bentuk Corona

2. Nasi Uduk Bu Amah 

potret hidangan Nasi Udul Bu Amah (instagram.com/filipusverdi)

Sama seperti nasi uduk Ibu Sidar, warung nasi uduk khas Betawi Bu Amah juga berada di gang sempit di lingkungan yang padat penduduk dan tanpa plang nama. Didirikan oleh Bu Amah sejak 1965, warung nasi uduk ini juga laris manis. Dalam sehari, warung yang satu ini bisa menghabiskan kurang lebih 40 liter beras.

Di sini ayam goreng rempahnya juara banget karena menggunakan ayam kampung asli. Bumbu marinasinya meresap sempurna ke dalam daging ayamnya. Ketumbarnya berasa sekali.

Nasi uduknya enak, super wangi, dan gurih. Sambel kacangnya dahsyat, pedas, juga ada sedikit asam jeruk limau. Supaya saat datang tidak sia-sia, sebaiknya kamu pesan dulu via telepon karena dalam sejam saja dagangannya sudah habis terjual, lho!

Alamat: Jl. Pengukiran 2/6H, RT 006/04, Pekojan, Tambora, Jakarta Barat
Jam operasional: Pk 16.00-18.00 WIB (Minggu tutup)
Harga: mulai dari Rp 10ribu

3. Nasi Uduk Gang Buni 

potret Nasi Uduk Gang Buni (instagram.com/kawankuliner_com)

Dijajakan sejak tahun 1958, nasi uduk yang berlokasi di belakang Lindeteves Trade Center Glodok ini dikenal dengan cita rasanya yang paripurna dan melegenda. Sajian ini kian sempurna dengan tambahan ayam gorengnya yang gurih, tidak terlalu empuk tapi tidak terlalu keras juga.

Nasi uduknya wangi, sambal kacangnya mantap, sayur lodehnya kuahnya gurih banget, dan semur jengkolnya juga enak, lho!

Alamat: Jl. mangga besar 1 No. 42C (dekat bubur mangga besar)
Jam operasional: Pk 06.00-22.00 WIB
Harga: mulai dari Rp10 ribu

4. Nasi Uduk Ibu Yoyo 

potret hidangan Nasi Uduk dan Nasi Ulam Ibu Yoyo (instagram.com/kulinerjabodetabek)

Masih berlokasi di gang sempit dan berada di pojokan, satu lagi warung nasi uduk dengan cita rasa yang melegenda hadir di daerah Kuningan. Warung nasi uduk Ibu Yoyo telah berdiri sejak tahun 1952.

Nasi uduk dengan sentuhan khas Betawi ini terasa istimewa karena proses memasaknya masih mempertahankan cara tradisional, yaitu dengan memakai kayu bakar. Nasi uduknya pera, gurih, dan berlemak. Nasi uduk Ibu Yoyo kian sempurna dengan tambahan semur jengkolnya yang lezat dan tak berbau.

Lauk andalan di sini yang wajib kamu coba juga adalah empal bola. Teksturnya memadukan bagian luar yang agak kering seperti abon dan bagian dalam yang lebih juicy. Selain nasi uduk, nasi ulam di sini juga tak kalah enak, lho!

Alamat: Jalan Karet Pedurenan, Gang Dogol No. 31, Setia Budi, Kuningan, Jakarta Selatan (belakang Mall Ambassador)
Jam operasional: Senin-Sabtu Pk 07.00-22.00 WIB
Harga: mulai dari Rp10 ribu

Baca Juga: Resep Nasi Uduk Rice Cooker, Rasanya Gurih dan Aromanya Harum 

Verified Writer

Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya