TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Khas Lombok yang Enak dan Murah di Kantong

Mau makan enak dan pas dikantong?jangan khawatir !!

Ilustrasi Sate Bulayak (lombokbaratkab.go.id)

Ada banyak makanan khas yang enak dan pas di kantongmu untuk kamu coba, apa lagi di Lombok, NTB. Masih banyak makanan-makanan khas yang enak dan murah meriah. Harganya terjangkau dan gak bikin isi kantongmu habis dalam sekejap.

Ditambah lagi menyantap makanan khas Lombok ditemani dengan destinasi-destinasi alam yang sangat indah. Penasaran bukan? Ini nih makanan khas Lombok murah meriah yang wajib kamu coba!

1. Sate Bulayak

Ilustrasi Sate Bulayak (lombokbaratkab.go.id)

Sate Bulayak adalah makanan ciri khas yang wajib kamu coba! Sate bulayak adalah salah satu ciri khas dari Narmada, Lombok Barat, namun sekarang banyak sekali orang-orang menjualnya karena sate ini enak dan harganya tidak menguras kantong.

Kamu bisa temukan sate ini dengan mudah di beberapa tempat wisata pantai, di pinggir jalan Taliwang, dan restoran-restoran yang menyajikan sate bulayak. Satu porsi sate bulayak terdiri atas 10 tusuk sate dan 5–6 bulayak dengan harga Rp12.000. Harga ini terjangkau dan tergolong murah meriah.

2. Ayam Taliwang

Ilustasi ayam bakar taliwang. Freepik/Timolina

Siapa yang tidak tahu makanan yang gurih di lidah dan membuat para penikmatnya selalu tertarik pada makanan ini? Rasanya kurang lengkap bila melancong ke Lombok tanpa menyantap Ayam Taliwang. CIta rasa ayamnya yang mantap, dilengkapi dengan bumbu cocol gurih membuat hidangan ini menjadi makanan khas favorit di Lombok.

Di Lombok sudah banyak penjual menjual Ayam Taliwang, hanya saja biasanya namanya berbeda beda. Mesk begitu cita rasanya tetap saja sama dengan bumbu khas Taliwang. Soal harga gak perlu khawatir karena harganya bersahabat. Tidak ada patokan harga khusus, namun biasanya kuliner satu ini ada di kisaran Rp10.000–Rp25.000 saja.  

Baca Juga: 5 Wisata Indah di Lombok Timur yang Jarang Orang Tahu, Wajib Mampir!

3. Nasi Campur

Ilustrasi Nasi Campur Lombok (https://id.pinterest.com/windu_e/)

Dari sebuah namanya saja menggambarkan pencampuran antara beberapa jenis lauk pauk di dalamnya. Gak heran kalau kuliner ini punya cita rasanya yang sangat enak, karena diracik dengan bumbu-bumbu khas Lombok. Makanan satu ini digemari oleh berbagai macam kalangan apalagi anak kos dan pegawai kantoran, karena nasi campur ini mudah didapatkan dengan harga yang cukup murah. 

Nasi campur dijual di pinggir jalan dan rumah makan. Soal harga jangan khawatir, karena terjangkau, kok, yaitu mulai dari Rp5000–Rp20.000 aja. Jadi, jangan khawatir dengan isi kantongmu yang pas-pasan untuk mencoba makanan khas Lombok ini. ya!

4. Ketupat Urap Ragi

Yang satu ini adalah makanan wajib bagi umat muslim Sasak ketika memasuki momen Lebaran Ketupat. Kalau tidak ada ketupat tidak lengkap rasanya lebaran, bukan? Ketupat urap ragi adalah salah satu makanan khas Gerung yang paling legendaris bernama Ketupat urap ragi Bu Nur Gerung, makanan ini sering disantap sebagai makanan pagi bagi masyarakat.

Urap yang dicampur sayuran dan bumbu pelalah/santan membuat rasanya sangat lezat sehingga makanan ini cepat habis terjual. Untuk harga cukup murah, hanya Rp10.000 bisa menikmati makanan yang enak dan gurih ini.

5. Pelecing Kangkung

Ilustrasi Plecing Kangkung (https://id.wikipedia.org/wiki/Plecing_kangkung)

Siapa yang gak tahu makanan legendaris satu ini? Makanan ini sudah dikenal menjadi ciri khas Lombok dan yang pastinya punya cita rasa yang enak banget. Bagi orang-orang yang suka makan makanan pedas, cobain deh pelecing kangkung ini.

Di berbagai macam daerah sudah ada pelecing kangkung, akan tetapi cita rasa sambalnya berbeda dengan yang ada di Lombok. Harganya jangan di tanya lagi, sangat terjangkau mulai dari Rp1.000 sampai Rp10.000 saja. Pelecing kangkung bisa kamu temui di berbagai macam tempat di Lombok, di rumah makan hingga restoran ternama, bahkan di pedagang-pedagang kaki lima pun juga ada.

Ada banyak sekali ragam kuliner khas Lombok yang sangat nikmat dan lezat dan wajib banget kamu coba. Dari 5 makanan khas Lombok di atas, harga-harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak akan menguras kantongmu bukan? Mana yang sudah pernah kamu cicipi?

Baca Juga: 5 Makanan Tradisional Khas Lombok yang Wajib Dicoba

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya