TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Ide Menu Tahun Baru Selain Bakaran, Gak Bakal Bikin Bosan!

Daripada menunya itu-itu saja, kan?

Ilustrasi merayakan malam pergantian tahun (pexels.com/@nicole-michalou)

Merayakan malam pergantian tahun kurang lengkap rasanya tanpa ditemani dengan makanan sedap yang istimewa. Di Indonesia sendiri, pesta Tahun Baruan identik dengan bakar-bakaran atau barbeku. Biasanya, jagung, ikan, dan aneka frozen food menjadi pilihan banyak orang. 

Namun, kami yakin pasti ada saja yang bosan dengan variasi yang sama dari tahun ke tahun. Selain menu bakaran, sebenernya masih ada banyak menu istimewa yang bisa dinikmati ramai-ramai saat malam pergantian tahun. Berikut di antaranya. 

1. Shabu-shabu

Ilustrasi shabu-shabu (pixabay.com/lnain336)

Kalau bosan makan menu bakaran, menu berkuah satu ini bisa menjadi penyegar saat malam Tahun Baru. Kamu bisa mengkreasikan kuahnya sesuai selera. Bisa pilih kuah collagen, mala, atau yang lain. 

Isiannya pun bisa sangat beragam. Kamu bisa memasukkan daging sapi, sosis, kulit tahu, telur, mi, jamur, dan sayuran lainnya. Sesuaikan saja dengan selera bujetmu!

2. Kentang goreng

Ilustrasi kentang goreng (pixabay.com/Pexels)

Siapa yang akan menolak kelezatan kentang goreng yang baru saja digoreng? Kentang goreng menjadi salah satu makanan andalan untuk menungu pergantian tahun tiba.

Kami yakin tak akan butuh waktu lama untuk menghabiskan camilan gurih yang satu ini. Pasalnya, banyak orang suka dengan teksturnya yang renyah dan lembut sekaligus. Apalagi kalau disajikan dengan saus cocolan dan bumbu tabur. 

3. Gorengan

Ilustrasi gorengan (pixabay.com/windala)

Bagi orang Indonesia, kurang afdal rasanya berkumpul dengan keluarga saat malam Tahun Baru tanpa menikmati gorengan. Variasi gorengan pun sangat beragam, ada yang gurih dan manis. Ada bakwan, tempe mendoan, tahu isi, lumpia, pisang goreng, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Sebagai pelengkap, jangan lupa beri saus cocolan dan cabai rawit di atas piring. Suasana kebersamaan jadi semakin hangat, erat, dan dekat.

4. Martabak telur

Ilustrasi martabak (vecteezy.com/Roy Anditya Kusworo)

Makan martabak telur sembari melihat pesta kembang api sepertinya bakal seru. Teksturnya yang garing di luar dan lembut di dalam memang "gak ada obat," sih. Apalagi ada hint rasa kari yang menyeruak saat dikunyah. 

Kalau ingin lebih spesial, kamu bisa pilih martabak yang menggunakan telur bebek yang super gurih. Asli kamu gak bakal berhenti ngunyah!

5. Martabak manis

Ilustrasi martabak manis (commons.wikimedia.org)

Mau pilih martabak telur atau martabak manis, itu selera. Namun, apakah kamu yakin mau melewatkan sepotong martabak manis yang lembut dan buttery?

Terlepas dari adonannya yang sedap, isian martabak manis juga memegang peranan penting. Kamu bisa memilih aneka isian sesuai selera. Namun, biasanya yang paling disukai orang adalah perpaduan cokelat, kacang, dan keju. 

6. Roti bakar

ilustrasi roti bakar keju cokelat (instagram.com/brotherhouse.lounge)

Selain martabak manis, roti bakar bisa menjadi opsi lain kamu mau makan sajian yang legit. Roti bakar termasuk salah satu jajanan yang cocok disantap ramai-ramai, karena porsinya yang cukup besar. 

Isiannya pun bisa disesuaikan. Bahkan, beberapa penjual menawarkan perpaduan rasa yang berbeda di tiap sisinya. Misalnya di satu sisi rasa keju dan susu, sedangkan di sisi lain rasa cokelat dan kacang.

Baca Juga: 7 Resep Minuman Sehat dan Segar untuk Pesta Tahun Baru

7. Pizza

Ilustrasi pizza (pixabay.com/igorovsyannykov)

Menghadirkan pizza di malam pergantian tahun termasuk salah satu ide yang brilian. Pasalnya, semua orang pasti menyukainya, karena rasanya yang nikmat dan menggugah selera. 

Supaya variasinya beragam, pesanlah beberapa jenis pizza dengan rasa yang beragam. Dari sekian banyak topping pizza yang sedap, kamu paling suka yang mana, nih?

8. Salad

Ilustrasi salad buah dan sayur (pixabay.com/RitaE)

Biar gak sekadar wacana, kamu bisa menyiapkan salad sebagai awalan untuk hidup sehat saat malam Tahun Baru. Gunakan sayur dan buah-buahan segar untuk membuat salad. Kemudian, pilih dressing salad favoritmu. 

Sajian ini bisa disantap sendiri atau sebagai pelengkap steik dan aneka menu bakaran biar gizinya lebih seimbang. Cobain, deh!

9. Mi rebus

ilustrasi mie rebus (pexels.com/Syed Muhammad Afifi)

Malam pergantian tahun akan semakin syahdu dengan kehadiran semangkuk mi rebus yang hangat. Dalam kepercayaan beberapa etnis, mi menjadi lambang panjang umur, lho. Seperti halnya orang Jepang akan menikmati mi soba dengan orang terdekat saat Tahun Baru.

Tambahkan telur, sayur, dan aneka topping lainnya, supaya rasanya lebih sedap. Kalau untuk orang Indonesia, harus pakai irisan cabai rawit gak, sih?

10. Chicken wings

Ilustrasi chicken wing (unsplash.com/logan jeffrey)

Berikutnya, ada chicken wings yang cocok disantap semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tanpa saus cocolan pun, sajian yang satu ini sudah sangat nikmat.

Namun, banyak juga yang menambahkan tambahan saus, seperti saus tartar, saus keju, dan lainnya. Langsung ludes seketika!

Gimana, sudah tahu mau menyiapkan makanan apa untuk malam pergantian tahun nanti? Atau justru makin bingung mau pilih yang mana?

Baca Juga: 10 Menu Makanan Tahun Baru yang Rendah Kolesterol dan Sehat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya